Jajanan jaman dulu atau jajanan jadul selalu punya tempat spesial di hati sebagian orang, terutama mereka yang menghabiskan masa kecil di era 90-an. Mengingatkan akan kenangan manis di masa kanak-kanak, jajanan dengan berbagai jenis dan rasa itu kini kerap dicari-cari kembali oleh generasi yang sudah beranjak dewasa, bahkan berkeluarga.

Meski sudah terbilang langka, ternyata masih ada saja restoran atau pusat kuliner yang menawarkan beraneka ragam jajanan jaman dulu. Keberadaannya memanjakan siapa saja yang ingin bernostalgia sekaligus menikmati rasa unik dan lezat dari ragam jajanan masa kecil. Tak perlu bingung, lima pilihan destinasi berikut ini bisa dikunjungi saat Anda ingin berburu aneka jajanan jadul.

1.  Warung Exito, Tangerang

Jajanan Jaman Dulu

Warung Exito

Warung makan kekinian berkonsep industrial minimalis ini menyajikan jajanan gurih yang banyak disukai: telur gulung. Jika dulu Anda biasa membeli telur gulung yang dijual di gerobak, kini Anda bisa menikmati rasa gurih nan lezatnya sambil duduk-duduk santai dalam suasana nyaman area pertokoan di kawasan Serpong, Tangerang. Warung Exito sendiri berlokasi di Ruko Crystal Lane no. 21, Jalan Bhayangkara Alam Sutera.

Telur gulung ala Warung Exito berbeda dengan telur gulung biasa yang hanya terbuat dari telur kocok berpenyedap rasa. Di warung ini, telur gulungnya dibuat dari gulungan mie yang dicelupkan ke kocokan telur, lalu digoreng dalam minyak panas. Selain telur gulung, Warung Exito juga menyajikan beberapa jajanan jadul lainnya, seperti kue cubit dan martabak telur.

2.  Omah Mbokjajan, Yogyakarta

Jajanan Jaman Dulu

Omah Mbokjajan

Rasanya tidak berlebihan jika menganggap Omah Mbokjajan sebagai surga jajanan jaman dulu di Indonesia. Warung sederhana dengan nuansa rumahan ini menjual bermacam-macam jenis jajanan yang pasti pernah Anda jumpai saat masih kecil. Beraneka merek kue, permen, cokelat, camilan gurih, hingga mainan dan aksesori jadul bisa Anda temukan di Omah Mbokjajan.

Lokasinya berada di Jalan Karangkajen Timuran no. 961, Brontokusuman, Yogyakarta. Desain serta perabotan jaman dulu yang diusung warung ini akan langsung membuat Anda mengingat suasana warung tradisional di masa kecil dan sejenak melupakan kehidupan modern di era ponsel pintar dan media sosial.

3.  Cemal Cemil, Jakarta

Jajanan Jaman Dulu

Cemal Cemil

Ingatkah Anda dengan jajanan manis masa kecil seperti cokelat payung, permen telur cicak, atau permen karet Yosan? Seluruh jajanan tersebut ternyata bisa Anda temukan dan nikmati kembali dengan berkunjung ke sebuah toko kecil di Jalan Kemang Selatan I, Jakarta.

Cemal Cemil, nama toko itu, menjual beraneka ragam jajanan yang akan membuat generasi 90-an langsung teringat pada masa kecil mereka. Jajanan di Cemal Cemil dipajang dalam deretan kaleng dan wadah jadul yang semakin menambah suasana nostalgia masa kecil. Beragam jenis mainan tradisional seperti congkak, kelereng, dan kincir angin juga dijual di toko ini.

4.  Toko Oen, Semarang

Jajanan Jaman Dulu

Toko Oen

Kalau ingin menikmati jajanan jadul yang benar-benar jadul, Toko Oen di Jalan Pemuda no. 52, Bangunharjo, Semarang, bisa menjadi destinasi utama Anda. Menyajikan aneka kue, roti, dan es krim sebagai menu utama, restoran ini sudah berdiri selama puluhan tahun. Karena itu, selain menjadi tujuan wisata kuliner di ibu kota Jawa Tengah, Toko Oen juga sering dijadikan destinasi wisata sejarah oleh wisatawan yang datang dari luar daerah Semarang.

 

Nuansa tempoe doeloe akan segera menyambut begitu Anda memasuki area restoran. Furnitur kayu, ornamen antik, serta aroma khas roti yang baru matang akan membuat Anda semakin merasa nyaman saat berburu kuliner lezat di restoran ini.

5.  Sagoo Kitchen, Bandung

Jajanan Jaman Dulu

Sagoo Kitchen

Memadukan warung jajanan dan restoran dalam satu lokasi, Sagoo Kitchen menjadi destinasi menarik yang harus Anda kunjungi. Di tempat ini, Anda tidak hanya akan menemukan aneka jajanan terkenal di masa kecil, tetapi juga ragam produk dan perabotan jaman dulu yang sudah jarang ditemukan di pasaran.

Selain jajanan, Anda bisa menikmati berbagai menu hidangan utama yang tak kalah lezat dan unik. Ada pula sajian sirup dan minuman jadul yang akan melengkapi pengalaman kuliner Anda. Sagoo Kicthen sudah membuka beberapa cabang di Bandung dan Jabodetabek. Salah satu lokasi yang paling banyak diminati adalah di Jalan Trunojoyo no. 27, Bandung.

Itulah beberapa pilihan destinasi yang bisa dikunjungi untuk berburu jajanan jaman dulu. Mengunjungi kelima lokasi di atas bisa Anda lakukan sambil berwisata sekaligus bernostalgia akan kenangan indah masa kecil. Untuk mendapatkan inspirasi liburan yang menarik lainnya, Anda juga bisa mengandalkan RCKTrip.com, sumber informasi liburan yang tepercaya!