Nama Vanuatu memang cukup jarang terdengar di telinga turis Indonesia. Meski begitu, negara kecil yang terletak di Kepulauan Pasifik ini punya potensi wisata alam yang luar biasa indah, lho. Kalau berencana pergi liburan dalam waktu dekat, mengunjungi Vanuatu bisa menjadi salah satu alternatif tujuan wisata. Berikut 5 destinasi wisata alam Vanuatu yang tak boleh dilewatkan saat Anda berkunjung ke sini.

 

  • Champagne Beach

Wisata Alam Vanuatu

Champagne Beach

Bukan hanya Indonesia yang punya deretan pantai cantik, di Vanuatu Anda bisa mengunjungi Champagne Beach sebagai pantai terindah di negara tersebut. Punya pemandangan memukau, Champagne Beach pernah berada di sepuluh besar CNN’s 100 Top Beaches in The World pada tahun 2013 serta menyabet peringkat 31 pada The World’s 50 Best Beaches.

Hamparan pasir putih dengan paduan air laut berwarna biru kristal menjadi hal pertama yang Anda temukan saat tiba di Champagne Beach. Di satu sisi, terlihat tebing penuh pepohonan seolah menambah daya tarik Champagne Beach. Dari Luganville, dibutuhkan waktu berkendara sekitar 1 jam untuk tiba di lokasi. Menyewa mobil merupakan opsi terbaik kalau Anda ingin berkunjung ke wisata alam satu ini.

 

  • Air Terjun Mele Cascade

Wisata Alam Vanuatu

Mele Cascade

Wisata alam Vanuatu kedua yang tak boleh dilewatkan adalah Air Terjun Mele Cascade. Lokasinya berada sekitar 10 km dari pusat kota Port Vila. Untuk menuju Air Terjun Mele Cascade, Anda bisa menggunakan transportasi umum berupa bus yang banyak beroperasi di area tersebut. Kalau mau praktis, silakan menyewa kendaraan pribadi.

Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah sesaat setelah musim hujan berlalu atau sekitar akhir April debit airnya cukup deras tetapi tidak keruh. Uniknya, air yang mengalir dari air terjun utama kemudian membentuk beberapa cabang aliran air sebelum jatuh ke kolam penampungan.

Di kolam inilah wisatawan bisa berendam menikmati kesegaran Air Terjun Mele Cascade sambil menikmati suasana sekitar yang masih asri.

 

  • Jackie’s Blue Hole

Wisata Alam Vanuatu

Jackie’s Blue Hole

Jackie’s Blue Hole juga dikenal sebagai Nanda Blue Hole merupakan kolam alami dengan air berwarna biru jernih. Bila diperhatikan, sekilas penampilannya wisata alam satu ini mirip Labuan Cermin.

Begitu jernihnya air kolam, para pengunjung yang datang pun diperkenankan berenang dan merasakan kesegaran air Jackie’s Blue Hole.

Pemandangan sekitarnya juga tak kalah menarik. Rimbunnya pepohonan yang mengelilingi pinggiran Jackie’s Blue Hole mampu menciptakan nuansa segar dan asri. Benar-benar lokasi terbaik untuk relaksasi.

 

  • Blue Cave

Wisata Alam Vanuatu

Blue Cave

Berlokasi di Pulau Tanna, Blue Cave menjadi salah satu destinasi wisata favorit wisatawan saat berkunjung ke Vanuatu. Blue Cave merupakan sebuah gua yang di dalamnya terdapat air berwarna biru dan diperkirakan cukup dalam.

Uniknya, di bagian atas gua terdapat lubang besar tempat cahaya matahari menerobos masuk dan menciptakan seberkas cahaya tegak lurus mirip fenomena yang ada di Goa Jomblang Yogyakarta. Sinar matahari tersebut juga mengubah air dalam gua tampak  biru bercahaya. Inilah yang membuat warna dinding di dalam gua ikut bercahaya dan berwarna biru.

Akses terbaik untuk mencapai lokasi Blue Cave adalah dengan menaiki perahu lewat jalur air. Sampai di titik yang telah ditentukan, Anda harus berenang dan menyelam masuk melewati pintu gua yang berada di dalam laut. Oleh sebab itu, Anda perlu melatih kemampuan berenang terlebih dahulu sebelum mengunjungi tempat ini.

 

  • Gunung Yasur

Wisata Alam Vanuatu

Gunung Yasur

Objek wisata alam satu ini amat cocok bagi Anda yang hobi menantang adrenalin. Gunung Yasur merupakan gunung berapi yang masih aktif mengeluarkan semburan lava. Melesatnya bebatuan cair ke udara atau dikenal dengan sebutan bom lava ini, kabarnya terjadi setiap 1 jam. Adegan inilah yang kemudian dijadikan objek wisata untuk menarik minat pengunjung.

Guna mencapai bibir kawah, Anda harus melakukan pendakian sepanjang 361 meter. Meski berbahaya, di lokasi tersebut sudah ada pakar vulkanologi serta pemandu wisata yang memiliki pengetahuan untuk memperhitungkan setiap kemungkinan bahaya sehingga keselamatan wisatawan tetap terjamin.

 

Demikian 5 destinasi wisata alam di Vanuatu yang punya pemandangan cantik cocok untuk relaksasi. Butuh informasi lengkap seputar traveling ke luar negeri? Silakan akses halaman RCKTrip dan temukan informasi yang Anda butuhkan.