Bali adalah destinasi wisata yang sangat populer di Indonesia. Bukan hanya wisatawan lokal, banyak turis mancanegara yang datang ke pulau ini untuk menikmati keindahan suasananya. Bagian yang menjadi favorit pengunjung adalah pantai-pantainya yang indah.

Namun, bukan hanya itu saja daya tarik Bali. Selain tradisi budayanya yang masih kental, Bali juga memiliki kekayaan wisata kuliner yang menarik untuk dieksplorasi. Jika berlibur ke daerah ini, tak afdal rasanya jika belum mencoba makanan khas Bali. Nah, apa saja jenis makanan yang wajib untuk Anda cicipi? Berikut daftarnya.

  • Sate Lilit

Makanan Khas Bali

Sate Lilit

Siapa yang tidak tahu sate lilit, varian sate yang khas berasal dari Bali. Sate lilit berbahan dasar daging babi, ayam, ikan, atau daging sapi. Daging dicincang dan dicampur dengan bumbu berupa parutan kelapa, santan, bawang merah, merica, dan jeruk nipis.

Bentuk sate lilit tampak unik seperti namanya. Sate ini menggunakan tusuk sate dari batang bambu yang pipih atau batang serai. Bukan hanya aromanya yang menggugah selera, rasa sate lilit dari Bali ini pun lezat dengan kombinasi pedas dan gurih.

  • Nasi Jinggo

Makanan Khas Bali

Nasi Jingo

Nasi jinggo adalah salah satu makanan khas dari Bali yang murah meriah. Rata-rata harga sebungkus nasi jinggo saat ini sekitar Rp5.000. Nasi putih sebesar kepalan tangan ini dibungkus dengan daun pisang sehingga rasanya enak. Di dalamnya, ada lauk-pauk dan sambal. Jenis lauk yang biasanya disertakan antara lain sambal goreng tempe, serundeng, dan ayam suwir.

Nasi jinggo bisa dijumpai di berbagai tempat di Bali. Namun, jika sedang berada di Denpasar, Anda bisa datang ke warung Nasi Jinggo Diponegoro yang berlokasi di Jl. Raya Sesetan, Blok A/7, Sesetan, Denpasar Selatan. Warung yang berada di emperan toko Kertajaya ini buka tiap hari mulai pukul 20 WITA.

  • Tum Ayam

Makanan Khas Bali

Tum Ayam

Menu kuliner khas Bali lainnya adalah tum ayam. Dilihat dari tampilannya, tum ayam sekilas seperti masakan pepes. Bahan utamanya adalah ayam yang dibungkus daun pisang, lalu dikukus dengan bumbu lengkap. Karena menggunakan kunyit, hasil masakan ini terlihat kuning tua dan menggiurkan.

Anda bisa membeli tum ayam di berbagai warung maupun restoran di Bali. Makanan ini sangat enak dinikmati dengan sepiring nasi hangat. Rasanya pun lezat dan tidak biasa.

  • Ayam Betutu

Makanan Khas Bali

Ayam Betutu

Berkunjung ke Bali, tak lengkap rasanya jika belum mencicipi ayam betutu khas Pulau Dewata ini. Ayam yang digunakan sebagai bahan dasar masakan ini adalah ayam utuh. Di bagian dalamnya diisi dengan bumbu. Setelah itu, ayam dipanggang dengan api sekam. Bukan hanya ayam, masakan betutu juga bisa diterapkan pada bebek.

Saat ayam betutu dimasak, aroma khasnya akan langsung muncul. Hal ini disebabkan oleh menguapnya air dan lemak daging saat dibakar. Selain sebagai sajian di restoran, ayam betutu juga menjadi bagian penting dalam upacara adat di Bali, seperti odalan, otonan, dan perkawinan.

  • Lawar

Makanan Khas Bali

Lawar

Jenis makanan khas Bali lainnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah lawar. Masakan ini terdiri dari campuran sayur-sayuran dan daging cincang. Dengan bumbu yang lengkap, rasa masakan lawar akan menambah selera makan Anda. Uniknya, beberapa jenis lawar juga dicampur dengan darah dari daging yang digunakan untuk menambah rasa lezatnya.

Daging yang digunakan untuk campuran lawar bervariasi. Ada lawar babi yang berisi daging babi. Sayuran yang digunakan juga dapat menandai jenis lawar tersebut, misalnya lawar nangka yang berisi nangka. Rasa lawar enak dan gurih.

Nah, inilah sejumlah makanan khas Bali yang bisa Anda coba. Karena itu, segera rancang liburan Anda bersama keluarga ke pulau yang indah ini. Anda juga bisa mendapatkan informasi menarik lain seputar Bali hanya di RCKTrip.