Tahukah Rck Lovers, wisata kuliner di Laos begitu beragam dan kaya rasa. Hal ini karena penduduk Laos awalnya merupakan pendatang dari Tiongkok Selatan yang memiliki kelompok etnis berbeda, demikian juga dengan budayanya. Para pendatang tersebut membawa budaya aslinya dan menghasilkan akulturasi.

Jadi kalo Rck Lovers travelling ke Laos mesti cicipi sensasi kuliner lokal yang nendang abis. Rasa yang unik terlebih berkat ada campuran dari budaya dari Asia hingga Eropa. Beberapa menu identik dengan rempah-rempah, sementara menu yang lain mirip kuliner Perancis. Makin penasaran bukan? Yuk cobain menu wajib kuliner khas Laos berikut ini:

Khao Piak Sen, Sajian Mie Beras Kaldu Daging

Menu wajib coba pertama saat wisata kuliner di Laos adalah Khao Piak Sen. Makanan ini merupakan sajian mie beras yang disiram dengan kaldu daging yang dibuat dari daging sapi atau ayam. Untuk toppingnya ada potongan seafood, hati ayam, dan sayuran segar.

Kuliner khas Laos ini terasa lebih nikmat saat diberi perasan jeruk lemon. Enak disantap hangat saat cuaca dingin. Jika suka rasa pedas bisa juga diberi sambal kecap yang biasanya disajikan bersandingan.

Larb, Salad Daging Cincang

Larb adalah salad daging cincang yang dibumbui rempah-rempah segar, air jeruk nipis, saus ikan, dan ada tambahan jamur. Untuk daging yang digunakan ada pilihan daging ayam, bebek, sapi, ikan, atau lainnya bisa disesuaikan selera.

Namanya juga salad daging, makanan khas Laos ini disajikan lengkap dengan sayuran segar yang cocok untuk sarapan, makan siang, atau bahkan makan malam. Orang Laos sendiri kerap menyantap kuliner khas Laos ini dengan campuran beras ketan yang menambah unik teksturnya di mulut.

Khao Jee, Sandwich Laos

Seperti disebutkan sebelumnya, menu Laos beberapa menyerupai menu Eropa. Salah satunya Khao Jee yang sering disebut sandwich asli Laos. Bedanya menu wajib wisata kuliner di Laos ini menggunakan roti baguette dan bukan roti tawar.

Roti baguette menghimpit isian yang begitu kaya dan beragam. Mulai dari daging ham, selada, wortel, tomat, dan keju yang dibumbui cabai dan saus bawang putih. Kuliner khas Laos Khao Jee banyak dijual di pinggir jalan, jadi Rck Lovers bisa menikmatinya sembari meniti jalanan Laos.

Pad Khee Mao, Mie Mabuk Laos

Untuk Rck Lovers pecinta makanan pedas, maka kuliner khas Laos ini tidak boleh dilewatkan. Sajian mie Pad Khee Mao ini populer karena rasanya yang super pedas dengan bumbu rempah yang kuat.

Pad Khee Mao dibuat dengan cara menumis beberapa sayuran yang dibumbui rempah berlimpah. Masakan ini sering disebut mie mabuk. Saking pedasnya bisa membuat mabuk air.

Khao Niaw, Pencuci Mulut Kaya Rasa

Khao Niaw bisa dibilang menu pencuci mulut yang kaya rasa. Menu terakhir dalam rekomendasi menu wajib wisata kuliner di Laos ini dibuat dari irisan buah mangga yang disajikan bersama dengan beras ketan yang sudah diolah dan dicampur santan.

Saat dikunyah ada kombinasi rasa unik. Mulai dari rasa asam dan segar buah mangga yang berpadu dengan manis dan legitnya ketan. Dessert ini cukup mengenyangkan karena komposisi ketannya yang lumayan banyak. Pas dipilih untuk menu pencuci mulut sekaligus pengganjal rasa lapar ketika masih harus keliling mengeksplor Laos.

Itu beberapa rekomendasi menu wajib saat wisata kuliner di Laos yang tidak boleh terlewatkan. Khusus Rck Lovers beragama muslim tidak perlu khawatir, karena beberapa restoran di Laos sudah ada yang berlabel halal meski belum cukup banyak.

Oh ya, info lain terkait informasi wisata dan kuliner dalam dan luar negeri, jangan lupa untuk mampir atau menghubungi RCKTrip.com, ya!