Jepang tidak hanya menjadi tujuan wisata populer dengan segudang pilihan atraksi unik dan menarik. Negara yang terkenal akan keindahan bunga sakuranya ini juga dianggap sebagai destinasi yang ramah bagi wisatawan, termasuk solo traveler yang melakukan perjalanan seorang diri.

Beragam fasilitas, mulai dari objek wisata hingga hotel termurah, bisa ditemukan dengan mudah oleh solo traveler yang berkunjung ke Jepang. Khusus untuk akomodasi, sejumlah pilihan berikut ini bisa Anda jadikan referensi saat bertualang seorang diri di berbagai kawasan menarik yang ditawarkan sang negeri matahari terbit.

1.  Bunka Hostel, Tokyo

Hotel Termurah

Bunka Hostel

Hotel murah di Tokyo ini berlokasi di kawasan strategis dengan akses yang cepat dan mudah ke Stasiun Asakusa, Tokyo Skytree, dan Kuil Sensoji. Meski konsep utamanya adalah hotel kapsul dengan fasilitas menginap yang minimalis, Bunka Hostel menghadirkan pemandangan menarik yang bisa Anda nikmati di sekitar area penginapan.

Mengusung desain modern yang sesuai dengan gaya para petualang muda, Bunka Hostel bisa menjadi pilihan utama bagi solo traveler yang mencari akomodasi terjangkau. Dengan harga mulai dari Rp515.000 per malam untuk satu unit kapsul tidur, Anda sudah bisa menginap dengan nyaman di lokasi strategis yang akan memudahkan agenda wisata Anda di Kota Tokyo.

2.  Sauna Capsule Spadio, Osaka

Hotel Termurah

Sauna Capsule Spadio

Menggabungkan fasilitas penginapan dan sauna dalam satu lokasi strategis, Sauna Capsule Spadio adalah pilihan akomodasi yang tepat bagi solo traveler yang berkunjung ke Osaka, Jepang. Letaknya tak jauh dari wilayah Namba yang merupakan salah satu kawasan wisata paling populer di Osaka.

Harga sewa untuk satu unit kapsul tidur di Sauna Capsule Spadio tidak lebih dari Rp800.000 per malam. Nominal tersebut relatif terjangkau karena selain fasilitas kapsul tidur yang nyaman, Anda juga mendapatkan akses gratis untuk menikmati sauna dan kolam air panas khas Jepang yang berada di area hotel. Fasilitas ini bisa dimanfaatkan ketika Anda ingin bersantai dan melepas lelah setelah seharian menyambangi berbagai atraksi wisata menarik di sekitar kawasan Osaka.

3.  Oakhostel Sakura, Tokyo

Hotel Termurah

Oakhostel Sakura

Salah satu hotel termurah di kawasan Ryougoku, Tokyo, ini menghadirkan fasilitas penginapan yang cocok bagi solo traveler. Sebagian besar unit yang tersedia adalah kamar untuk satu orang dengan fasilitas tempat tidur nyaman berdesain ergonomis. Anda juga bisa memilih kamar berjendela besar yang menyediakan pemandangan menarik di sekitar Ryougoku.

Oakhostel Sakura bisa dijangkau dalam 7 menit berjalan kaki dari Stasiun Oshiage. Dengan berjalan kaki beberapa belas menit dari lokasi penginapan, Anda juga bisa mengunjungi sejumlah atraksi wisata populer di Tokyo. Beberapa di antaranya adalah Tokyo Solamachi, Tokyo Skytree Town, dan Jembatan Jikken yang sarat nilai historis.

4.  Ryokan Azumaya, Kyoto

Hotel Termurah

Ryokan Azumaya

Ryokan Azumaya adalah hotel bujet berkonsep unik yang berada di kawasan Shimogyo-ku, Kyoto. Lokasinya dapat dijangkau sekitar 10 menit berjalan kaki dari Stasiun Kyoto. Penginapan ini juga menawarkan akses yang mudah untuk berkunjung ke sejumlah destinasi wisata terkenal di Kyoto, seperti Kyoto Tower, Kyoto Aquarium, dan Kyoto Imperial Palace.

Di Ryokan Azumaya, Anda akan merasakan pengalaman menginap yang nyaman dan menyenangkan. Seluruh kamar yang tersedia di akomodasi ini mengusung konsep penginapan tradisional Jepang, lengkap dengan lantai tatami, pintu geser, serta aksen bambu pada bingkai jendela, pintu, dan dinding. Harga sewa per malamnya berkisar antara Rp470.000-Rp550.000, bergantung pada tipe kamar yang Anda pesan.

5.  Almond Hostel & Cafe Shibuya, Tokyo

Hotel Termurah

Almond Hostel & Cafe Shibuya

Bagi solo traveler milenial yang menyukai konsep penginapan kekinian, Almond Hostel & Cafe di kawasan Shibuya, Tokyo, adalah pilihan akomodasi paling tepat. Penginapan ini menghadirkan suasana tenang dan nyaman dengan kehadiran kafe berkonsep industrial.

Kafe yang berada di lantai dasar hostel tidak hanya menjadi daya tarik utama bagi wisatawan, tetapi juga kerap dijadikan sebagai area untuk berinteraksi dengan sesama tamu yang menginap atau sebagai co-working space bagi para business travelers.

Almond Hostel & Cafe Shibuya juga menjadi salah satu rekomendasi terbaik bagi wisatawan perempuan yang berkunjung sendirian ke Jepang. Pasalnya, Almond Hostel menyediakan lantai dan area eksklusif yang hanya dikhususkan bagi tamu perempuan. Penginapan murah di Tokyo ini mematok harga sewa mulai dari Rp770.000 per malam.

Itulah sejumlah rekomendasi hotel termurah di Jepang yang bisa Anda jadikan panduan saat berwisata sendirian ke negeri sakura. Temukan pula berbagai informasi wisata menarik lainnya di RCKTrip, sumber inspirasi wisata yang bisa diandalkan.