Sejatinya, melakukan perjalanan bisa dilakukan kapan saja, tak terkecuali ketika bulan puasa. Meski begitu, Anda perlu menyiapkan diri dengan bekal yang cukup agar momen liburan tetap menyenangkan. Salah satu informasi yang tak boleh dilewatkan adalah memilih tempat yang tepat untuk berbuka.

Nah, kalau Anda berencana pergi ke Inggris, 5 restoran halal ini punya menu makanan berbuka puasa yang enak sekaligus mengenyangkan. Di mana saja lokasinya?

 

  1. Ya Hala

makanan berbuka puasa

Ya Hala

Buka hingga tengah malam, Ya Hala bisa jadi alternatif restoran untuk berbuka puasa. Berlokasi di depan Stasiun Paddington, Ya Hala menawarkan makanan khas Lebanon dan beberapa menu vegetarian. Tersedia menu Mixed Grill, Lamb Shawarma, Hummus Shawarma, Kibeh, Lamb Sambousek bagi Anda penggemar daging domba.

Kalau dalam program diet, beragam pilihan salad bercita rasa enak pun siap menggugah selera. Anda bisa memesan Spicy Potato Salad, Fattoush, Greek Salad, Yoghurt Dip, dan Tabbaouleh. Untuk pencuci mulut, Ya Hala menyediakan dessert berupa Rice Pudding dan Baklava.

 

Alamat: 26 London St, Greater, Paddington, London W2 1HH, United Kingdom

Jam buka: 11.00-00.00

Kisaran harga: Rp53.000-Rp249.000

 

  1. EaTurkish

makanan berbuka puasa

EaTurkish

Ini dia restoran halal nomor satu di London menurut Trip Advisor. Sudah berdiri selama 10 tahun, EaTurkish terkenal akan sajian kebabnya yang lezat. Pilihan menu kebabnya pun beragam dan tersedia dalam dua ukuran, medium serta large.

Penikmat daging domba, Anda bisa mencoba kebab Lamb Doner, Lamb Kofte, atau Lamb Chops. Kalau tak suka, EaTurkish menyediakan kebab isi daging ayam dalam menu Chicken Doner, Chicken Shish, Chicken Kofte, dan BBQ Chicken Wings.

Selain kebab, ada juga menu lainnya seperti burgers dan pide—pizza khas Turki yang punya bentuk menyerupai daun dengan topping paprika, daging cincang, dan keju. Setelah menyantap sajian utama, Anda bisa mengakhiri acara buka puasa dengan dessert berupa es krim atau baklava—roti lapis isi kacang yang disajikan bersama sirop atau madu.

 

Alamat: 172 Woolwich Rd, Greenwich Peninsula, London SE7 7RA, United Kingdom

Jam buka: 14.00-23.00

Kisaran harga: Rp77.000-Rp766.000

 

  1. Rasa Sayang

makanan berbuka puasa

Rasa Sayang

Rasa Sayang merupakan restoran yang menyajikan makanan Malaysia dan Singapura. Kabarnya, tempat makan ini mengklaim dirinya sebagai restoran hidangan melayu terbaik di London. Bahkan cita rasanya tak jauh berbeda dengan kuliner Nusantara.

Beragam pilihan menu seperti nasi lemak dengan ayam kari yang lembut, kepiting Singapura, dan Kueh Pie Tee—kue mangkuk berisi rebung, lobak, dan udang, pun bisa menjadi pilihan makanan berbuka puasa yang memanjakan lidah. Penasaran seperti apa menu dan cita rasanya? Jangan lupa mengunjunginya ketika Anda sedang berada di Inggris, ya!

 

Alamat: 15 Frith St, Soho, London W1D 4RE, United Kingdom

Jam buka: 12.00-23.00

Kisaran harga: Rp77.000-Rp766.000

 

  1. Bosphorus

makanan berbuka puasa

Bosphorus

Selain EaTurkish, satu lagi restoran di Inggris yang punya sajian kebab terbaik, yaitu Bosphorus. Bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk buka puasa, sajian kebab bisa jadi solusinya. Kalau ke sini cobalah memesan Little Kebab Nirvana yang menjadi menu andalan Bosphorus. Di dalamnya terdapat isian daging berlimpah.

Tak hanya kebab, Bosphorus juga menyediakan menu lain berupa makanan khas Turki seperti Dolma—makanan mirip kue lemper yang dibungkus menggunakan terong, paprika, atau daun anggur dan Hummus—salad khas Turki yang disajikan bersama roti pita.

Jadi, menu mana yang akan Anda pilih sebagai makanan berbuka puasa?

 

Alamat: 59 Old Brompton Rd, South Kensington, London SW7 3JS, United Kingdom

Jam buka: 11.00-23.45

Kisaran harga: Rp88.000-Rp163.000

 

  1. Shiraz BBQ

makanan berbuka puasa

Shiraz BBQ

Kalau Anda berada di Liverpool, Shiraz BBQ bisa menjadi tempat berbuka puasa dan melepas dahaga. Shiraz BBQ sendiri merupakan salah satu tempat favorit bagi pengunjung yang mencari makanan halal. Daging menjadi sajian utama di restoran ini. Selain difungsikan sebagai tempat makan, Shiraz BBQ juga kerap menjadi rujukan untuk menyelenggarakan pesta.

Adapun pilihan menu yang tersedia di antaranya adalah kebab, pizza, omelettes, sandwiches, dan beragam pilihan hidangan penutup seperti apple pie, es krim, hot fudge cake, dan baklava.

 

Alamat: 19 N John St, Liverpool L2 5QU, United Kingdom

Jam buka: 08.00-22.00

Kisaran harga: Rp19.000-Rp303.000

 

Itulah 5 restoran halal di Inggris yang menyajikan makanan berbuka puasa lezat juga memuaskan. Bila membutuhkan rekomendasi destinasi wisata apa saja yang ada di Inggris, Anda bisa menyimak informasi lengkapnya di RCKTrip.