Ingin menjajal jiwa petualang ke destinasi anti-mainstream? Rwanda bisa menjadi pilihan. Pencinta alam dan petualang mengenal negeri ini sebagai surga gorila, dengan hutan hujan, sungai, serta danau vulkanik yang indah. Berbagai rute hiking dan trekking menjadi andalan negeri ini dalam menarik para petualang serta pencinta wisata alam.

 

Inilah beberapa rute hiking yang wajib Anda coba jika ingin petualangan seru sebagai backpacker.

 

1.  Gunung Kabuye

backpacker

Gunung Kabuye

Gunung Kabuye menjulang setinggi 2.700 m di atas permukaan laut. Sebagian besar gunung di negeri ini mengharuskan Anda memiliki izin, tetapi tidak dengan Gunung Kabuye. Lupakan birokrasi dan langsung saja mendaki gunung ini setelah Anda turun dari kendaraan!

 

Rute mendaki Gunung Kabuye termasuk mudah. Itu sebabnya, gunung ini menjadi salah satu destinasi wisata alam populer di Afrika. Anda akan melihat bukit-bukit berumput, hutan pohon ekaliptus, serta desa-desa kecil. Penduduk setempat sangat ramah, dan jangan kaget jika anak-anak mengikuti Anda saat mendaki menuju hutan!

 

2.  Gunung Bisoke

backpacker

Gunung Bisoke

Gunung Bisoke menjulang setinggi 3.711 m di atas permukaan laut dan menawarkan jalur hiking lebih menantang. Perjalanan ke puncak dari kaki gunung bisa memakan waktu sekitar lima hingga enam jam, tetapi Anda akan disambut pemandangan spektakuler berupa danau kawah yang dikelilingi hutan lebat.

 

Perjalanan mendaki memang melelahkan, tetapi Anda tidak akan bosan. Jalur pendakian Gunung Bisoke penuh dengan hutan bambu, semak bunga, burung-burung langka, dan bahkan gajah. Tempat ini juga terkenal sebagai salah satu surga gorila di Africa.

 

3.  Gunung Karisimbi

backpacker

Gunung Karisimbi

Backpacking di Afrika tidak lengkap tanpa mendaki Gunung Karisimbi. Menjulang setinggi 4.705 m, Gunung Karisimbi memiliki puncak yang tertutup salju serta jalur pendakian menantang, terutama saat musim hujan. Gunung ini juga merupakan surga gorila. Besar kemungkinan Anda akan beruntung melihat mereka, terutama saat cuaca cerah.

 

Agar kegiatan mengamati gorila tetap aman, pastikan Anda tidak berisik atau mengganggu hewan tersebut. Jika mereka melihat Anda, berjongkok dan buat diri Anda sekecil mungkin agar mereka tidak menganggap Anda sebagai ancaman. Cukup amati gorila dan keluarkan kamera diam-diam. Hindari terlalu banyak gerakan atau suara nyaring dan tunggu sampai gorila pergi sebelum Anda beranjak.

 

4.  Jalur Hutan Buhanga

backpacker

Hutan Buhanga

Ingin tahu di mana para raja Rwanda masa lalu dimahkotai? Susuri Jalur Hutan Buhanga yang dianggap suci oleh masyarakat setempat. Anda bisa menyusuri jalur jalan kaki yang telah dilapisi batu-batu lava hitam dan menembus terowongan pohon yang berujung pada gua tempat acara penobatan raja. Rasakan suasana spiritual dan tradisional yang melekat kuat saat Anda perlahan mendekati gua tersebut.

 

Jalur Hutan Buhanga juga adalah tempat wisata alam yang indah. Area ini terkenal sebagai habitat berbagai spesies kupu-kupu serta anggrek langka. Nikmati suasana sejuk dan alami di bawah sengatan terik matahari Afrika saat Anda menyusuri jalur yang dinaungi hutan ini. Jangan lupa bersikap sopan dan tidak membuang sampah sembarangan di tempat keramat ini.

 

5.  Jalur Nil Kongo

backpacker

Nil Kongo

Tahukah Anda kalau Sungai Nil bukan hanya “milik” Mesir? Kongo juga dilewati oleh Sungai Nil. Pelancong sering menyusuri Jalur Nil Kongo di dekat Danau Kivu, yaitu jalur trekking sepanjang 227 km yang menembus hutan. Anda bisa memilih jarak serta tingkat kesulitan saat menyusuri jalur ini. Ada juga pilihan sepeda alam di Rwanda jika Anda tidak ingin berjalan kaki.

 

Jalur Nil Kongo juga melewati beberapa desa kecil yang penduduknya menggantungkan diri pada air Danau Kivu. Anda bisa melihat aktivitas penduduk, seperti nelayan yang melempar jaring di danau atau wanita-wanita desa berbalut kain warna-warni sambil mengangkut kayu bakar serta hasil bumi. Jalur Nil Kongo juga membawa Anda ke air terjun, pulau-pulau kecil di tengah Danau Kivu, serta lembah.

 

Berwisata alam ke Afrika membutuhkan persiapan matang. Untungnya, RCKTrip menghadirkan informasi dan tips wisata lengkap untuk membantu Anda merencanakan petualangan. Kunjungi RCKTrip sekarang juga, dan nikmati serunya menjelajah Rwanda yang eksotis.