Sumatera Utara tak melulu Medan. Provinsi yang letaknya berbatasan dengan Riau dan Aceh ini memiliki daerah lain yang menawarkan pesona wisata menjanjikan. Berkat komposisi geografisnya yang terdiri dari pesisir dan dataran tinggi, Sumatera Utara layak dijadikan destinasi wisata selanjutnya untuk Anda yang gemar berpetualang.

Tak hanya unggul dari segi panorama dan budaya, tempat wisata di Sumatera Utara juga menyuguhkan kisah legenda yang menarik. Dari setiap tempat wisata bersejarah, terdapat asal-usul atau secuil kisah menarik dari masa lalu yang menambah daya tariknya. Nah, kira-kira, apa saja tempat wisata di Sumatera Utara yang terkenal dengan kisah dongeng yang melegenda? Cari tahu selengkapnya berikut ini:

  1. Danau Toba, Pulau Samosir

Tempat Wisata di Sumatera Utara

Danau Toba

Bicara soal tempat wisata di Sumatera Utara belum lengkap tanpa membahas Danau Toba. Danau dengan panjang 100 km ini berlokasi di Pulau Samosir yang luasnya hampir sama dengan wilayah Singapura. Bagi warga luar daerah, Danau Toba mungkin tak lebih dari tempat wisata biasa. Namun, warga setempat menganggap danau yang berada di tengah Pulau Sumatera ini sebagai tempat persemayaman para dewi Suku Batak atau yang biasa disebut dengan Namboru.

Keunikan tempat wisata legendaris di Sumatera Utara ini pun tak lepas dari legenda yang mengisahkan asal-usul terbentuknya danau. Ada yang menyebut, Danau Toba merupakan akibat dari kemarahan siluman ikan yang marah pada manusia. Alkisah, seorang pemuda menangkap ikan yang merupakan jelmaan wanita cantik. Keduanya menikah dan dikaruniai anak laki-laki bernama Samosir.

Pada suatu hari, Samosir diminta ibunya mengantarkan makanan untuk sang ayah di ladang. Karena kelelahan, Samosir akhirnya memakan bekal milik ayahnya. Menunggu makanan yang tak kunjung datang, sang ayah memutuskan untuk pulang. Dalam perjalanan, ia melihat Samosir tengah memakan bekal miliknya. Ia pun marah dan menyebut Samosir dengan panggilan anak ikan. Tiba-tiba, langit berubah menjadi gelap dan hujan pun turun menutupi seluruh wilayah desa hingga menggenang menjadi danau.

  1. Istana Maimun, Medan

Tempat Wisata di Sumatera Utara

Istana Maimun

Istana Maimun merupakan peninggalan masa kejayaan Kesultanan Deli. Istana berusia ratusan tahun ini konon merupakan tanda cinta Sultan Makmun kepada istrinya yang bernama Maimunah. Kisah cinta sang Sultan dengan permaisurinya bukan satu-satunya hal menarik yang dimiliki Istana Maimun.

Di dalam bangunan istana terdapat sebuah meriam yang menyimpan cerita tak kalah unik. Konon, meriam tersebut merupakan penjelmaan seorang putri cantik dari Kerajaan Deli Tua. Sang putri menjelma menjadi meriam demi melindungi kerajaan dari serbuan tentara Raja Aceh yang pinangannya ditolak oleh sang kakak. Menurut legenda, karena terlalu panas, ujung meriam akhirnya terbelah menjadi dua, yang salah satunya disimpan di Istana Maimun.

Datanglah ke Istana Maimun untuk melihat sendiri bentuk meriam puntung yang legendaris, sekaligus menikmati arsitektur istana khas Melayu nan megah.

  1. Air Terjun Sigura-gura, Toba Samosir

Tempat Wisata di Sumatera Utara

Air Terjun Sigura-gura

Didapuk sebagai air terjun tertinggi di Indonesia, Sigura-gura menawarkan pemandangan perbukitan hijau yang memanjakan mata di tengah sejuknya wilayah Toba Samosir. Danau air terjun yang dimanfaatkan juga sebagai pembangkit listrik ini dulu dikenal sebagai tempat semedi leluhur masyarakat Batak.

Kawasan air terjun yang dulunya dikelilingi hutan dan semak-belukar dianggap sebagai daerah sakral, terlebih aliran airnya berasal dari Danau Toba. Meski dahulu dikenal sebagai tempat bertapa, kini Air Terjun Sigura-gura telah disulap menjadi destinasi wisata yang mampu menyegarkan mata dan pikiran.

  1. Air Terjun Sipiso-piso, Kabupaten Karo

Tempat Wisata di Sumatera Utara

Air Terjun Sipiso-piso

Air Terjun Sipiso-piso merupakan salah satu primadona tempat wisata di Sumatera Utara. Dari ketinggian, air terjun setinggi 120 meter ini tampak tajam dan runcing, mirip mata pisau. Tak hanya wujudnya yang unik, jatuhan air terjun pun terasa tajam seperti pisau yang menghujam kulit. Tak heran kalau akhirnya warga sekitar menyebutnya dengan nama Air Terjun Sipiso-piso.

Air terjun ini dahulu kerap disinggahi para pengembara yang menjelajahi Pulau Sumatera. Mereka menjadikan kawasan hutan sekitar air terjun sebagai tempat bersemedi untuk meminta petunjuk pada Sang Mahakuasa agar dapat memperoleh kekuatan untuk melawan musuh.

  1. Rumah Tjong A Fie, Medan

Tempat Wisata di Sumatera Utara

Rumah Tjong A Fie

Sekilas, tak ada yang istimewa dari bangunan kuno bernuansa khas Tiongkok ini. Namun, rumah yang berada di Jalan Ahmad Yani 105, Medan ini menyimpan peninggalan tokoh penting sekaligus bangsawan Medan.

Tjong A Fie merupakan saudagar keturunan Tionghoa yang sukses di Sumatera. Kekayaannya tak membuat Ia jumawa. Sebaliknya, Tjong A Fie banyak menyumbangkan hartanya untuk pembangunan Kota Medan, seperti mendirikan jembatan, rumah peribadatan, hingga sekolah.

Itulah beberapa tempat wisata di Sumatera Utara yang memiliki kisah menarik. Penasaran ingin melihat langsung tempatnya? Kalau begitu, segera persiapkan rencana liburan Anda sekarang juga. Kunjungi RCKTrip.com untuk mendapatkan informasi menarik seputar wisata di dalam dan luar negeri. Selamat melancong!