Ada beberapa alasan mengapa seseorang yang melakukan perjalanan wisata. Pertama untuk menikmati pemandangan yang memang indah atau objek wisata yang menakjubkan. Selanjutnya, wisatawan juga ingin pelesir karena mereka suka sekali dengan belanja.

Alasan kedua inilah yang membuat toko berjenis duty free muncul di bandara. Toko ini umumnya menjual aneka barang yang cocok untuk oleh-oleh atau barang yang tidak terbeli karena lupa. Kalau Anda suka sekali beli barang di duty free, tetap perhatikan beberapa tips di bawah ini ya.

  1. Memilih Barang yang Tepat

Duty Free

Memilih Barang

Pilih barang yang memang tepat dan tidak bisa ditemukan di Indonesia. Ada banyak sekali barang yang bisa dibeli termasuk parfum, kosmetik, hingga minuman beralkohol. Kalau barang yang dijual ada di Indonesia, lebih baik tidak dibeli karena bisa meningkatkan berat koper.

  1. Hanya Gunakan Kalau Memang Butuh

Duty free dibangun dan ditempatkan di kawasan bandara khususnya kawasan Asia untuk mereka yang suka lupa beli oleh-oleh. Kadang saking serunya pelesir, wisatawan jadi lupa untuk membeli cindera mata. Kalau Anda berada pada posisi ini duty free bisa dimanfaatkan dengan baik.

Beberapa orang sengaja belanja di duty free karena memiliki selisih harga yang cukup tinggi dari toko di luar. Harganya lebih murah sehingga beberapa wisatawan memang sengaja datang ke sini untuk belanja.

  1. Selalu Cek Harga Sebelum Beli

Duty Free

Cek Harga

Duty free memang dikenal sebagai toko yang sangat murah dan berbeda dengan toko yang ada di luar bandara. Meski demikian, ada baiknya untuk tetap melakukan pengecekan harga. Duty free di kawasan bandara Asia biasanya menjual barang yang laris, oleh-oleh, hingga produk unggulan negara itu.

Kalau saat mengecek harga justru lebih mahal ketimbang harga di toko biasa, tentu Anda harus mempertimbangkannya kalau ingin beli. Namun, kalau harganya jauh lebih murah, tidak ada masalah kalau ingin membelinya.

  1. Beli Paketan atau Barang Promosi

Duty Free

Barang Promo

Selain cocok digunakan sebagai tempat beli barang yang lupa dan oleh-oleh, duty free adalah pusatnya barang promosi dan paketan. Beberapa produk kerap menjual barang dalam bentuk bundle yang memiliki harga murah dan cocok dibeli untuk buah tangan.

Saat masuk ke toko duty free, ada baiknya untuk langsung bertanya ke petugas terkait promosi yang sedang berlangsung. Kalau promosi yang ditawarkan sangat menarik, tidak ada salahnya untuk membeli barang itu bukan? Apalagi belum sampai melebihi batas yang ditetapkan oleh bea cukai yang ada di dalam negeri.

  1. Jangan Melebihi Batas

Duty Free

Belanja Boros

Jangan melebihi batas saat berbelanja di toko duty free yang ada di bandara kawasan Asia. Meski harga barang cenderung lebih murah dan pajaknya rendah, kalau Anda beli berlebihan bisa dikenakan cukai nanti saat tiba di Indonesia. Hal ini bisa terjadi karena Anda akan dianggap melakukan impor barang.

Hingga saat ini batasan untuk total harga barang yang dibeli sekitar USD 500. Kurang dari itu Anda tidak perlu membayarkan pajak. Namun, kalau lebih dari itu harus ada pajak yang dibayarkan. Pastikan barang yang dibeli berada di bawah batas atau kalau lebih, tidak terlalu banyak.

Inilah beberapa ulasan tentang tips memanfaatkan duty free di bandara agar lebih hemat dan bebas pajak. Mari lebih bijak dalam belanja khususnya saat melakukan penjelajahan negara-negara kawasan Asia.

Butuh informasi tambahan tentang wisata di Asia atau dalam negeri, jangan lupa untuk selalu buka RCKTrip.com, ya!