Para traveler yang memiliki pengalaman buruk saat liburan karena tidak bisa mengemas atau packing barang dengan baik, sepertinya harus berterima kasih kepada Marie Kondo. Tokoh terkenal dari Jepang ini memberi solusi kepada para wisatawan tentang cara mengemas barang secara rapi ketika liburan.

Marie Kondo memiliki reputasi sebagai pakar merapikan barang. Wanita berkewarganegaraan Jepang ini telah menulis buku yang secara khusus mengulas tentang hal yang berkaitan dengan merapikan barang. Bukunya yang berjudul The Life-Changing Magic of Tidying Up (2011) merupakan buku best seller yang dipasarkan di 30 negara.

Dengan keahliannya tersebut, banyak orang yang tertarik mempelajari teknik merapikan barang ala Marie Kondo. Lalu, bagaimana teknik KonMari yang dikembangkan oleh Marie Kondo bisa membantu para traveler dalam packing barang? Untuk hal yang satu ini, Anda bisa mengikuti 5 tips berwisata yang diungkapkan oleh Helen Youn, salah seorang konsultan KonMari profesional, yaitu:

  1. Bawa barang dengan memperhatikan itinerary

Packing Barang

Tips Packing Barang

Dalam proses packing barang ketika liburan, Anda perlu memperhatikan itinerary yang sudah disusun. Anda bisa membayangkan aktivitas yang bakal dilakukan selama berada di tempat wisata. Dari situ, Anda dapat memikirkan tentang barang-barang yang ingin digunakan biar aktivitas liburan bisa berlangsung menyenangkan.

Sebagai contoh, barang yang perlu Anda bawa ketika liburan ke pantai tentu berbeda dibandingkan ketika berkunjung ke pura atau tempat ibadah. Saat liburan ke pantai, Anda dapat mempersiapkan untuk membawa baju renang atau baju ganti yang mudah kering. Sementara itu, kunjungan ke pura atau tempat ibadah, harus disertai dengan pakaian yang sopan.

  1. Susun daftar barang yang benar-benar dibutuhkan dan wajib dibawa

Packing Barang

Tips Packing Barang

Setelah menyiapkan barang bawaan sesuai dengan itinerary, Anda masih perlu melakukan penyaringan kembali. Langkah ini penting untuk meminimalkan barang yang dibawa saat liburan. Di waktu yang sama, Anda juga tidak perlu membawa barang yang ternyata sama sekali tidak digunakan saat liburan.

Pilih barang yang benar-benar Anda butuhkan. Untuk memudahkan proses penyaringan ini, Anda dapat menyusun daftar prioritas barang. Pilih barang yang memiliki prioritas tinggi. Sementara itu, barang dengan prioritas rendah, dapat dikesampingkan.

  1. Gunakan metode melipat KonMari

Packing Barang

Melipat Barang

Tips berwisata selanjutnya adalah dengan memanfaatkan teknik melipat yang dikembangkan oleh Maria Kondo, yakni KonMari. Melipat baju dengan metode KonMari tidak terlalu sulit. Anda bisa menemukan praktik metode ini melalui video yang tersebar di YouTube. Dengan teknik ini, Anda bisa melipat baju dalam ukuran yang kecil, sehingga bisa memaksimalkan ukuran tas yang terbatas.

Metode KonMari tidak hanya berkaitan dengan cara melipat baju. Anda juga perlu menempatkan barang-barang sesuai dengan kategorinya masing-masing. Tidak hanya itu, metode ini juga mendorong Anda untuk memisahkan barang bawaan sesuai dengan pemiliknya. Hal ini berlaku ketika Anda membawa barang orang lain—misalnya, pasangan atau anak—dalam satu tas.

Penempatan barang sesuai kategori atau pemiliknya ini memiliki manfaat yang besar. Teknik packing barang seperti ini tidak hanya bisa memaksimalkan penggunaan ruang dalam tas. Di waktu yang sama, cara penataan tersebut memberi kemudahan dalam mendata barang bawaan.

  1. Manfaatkan tas kecil

Packing Barang

Gunakan Tas Kecil

Tips packing barang berikutnya adalah memanfaatkan tas kecil. Tujuannya adalah untuk membawa barang-barang khusus yang sebaiknya dipisahkan dari tas utama. Alasannya beragam, sebagai contoh karena barang-barang tersebut bakal sering digunakan, barang yang mudah pecah, dan semacamnya.

  1. Kenakan barang yang paling memakan tempat

Packing Barang

Tips Packing Barang

Terakhir, Anda perlu memisahkan barang yang kalau diletakkan di dalam tas bakal memakan banyak tempat, sebagai contoh sepatu boot atau jaket. Alih-alih melipatnya, Youn menyarankan Anda untuk memakai barang tersebut selama proses perjalanan. Dengan begitu, tas dapat menyimpan barang lebih banyak.

Itulah tips packing barang ala Marie Kondo yang bisa Anda praktikkan untuk pengalaman liburan lebih menyenangkan. Semoga tips berwisata dari RCKTrip kali ini bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa untuk mengunjungi laman RCKTrip untuk berbagai info dan berita wisata terkini lainnya.