Tahukah Anda kalau Marshall Island adalah satu di antara dua negara yang sepenuhnya dikelilingi formasi karang koral? Walau kecil, negara kepulauan ini menawarkan sensasi wisata yang unik, terutama jika Anda bosan dengan tujuan yang itu-itu saja. Jumlah pengunjung tahunan di Marshall Island hanya sekitar 5.000 orang, menjadikannya salah satu negara yang paling jarang dikunjungi di dunia.

 

Walau sepi, Marshall Island menawarkan berbagai kesenangan, mulai dari penduduk yang ramah, laut yang indah, hingga kuliner laut yang lezat. Akan tetapi, karena jarang dikunjungi, mendatangi negara ini bisa cukup menantang. Ikuti lima tips wisata ini agar kunjungan Anda semakin berkesan.

 

1.  Sisihkan Waktu Berkunjung Minimal Seminggu

Marshall Island

Air Marshall Island

Terbang dengan maskapai Air Marshall Island adalah satu-satunya cara untuk masuk dan keluar negeri ini. Pesawat ini biasanya membawa dan menjemput penumpang sekali seminggu. Jadi, Anda sebaiknya merencanakan perjalanan wisata minimal selama itu.

 

Untuk jaga-jaga, tambahkan waktu toleransi tiga atau empat hari. Kedatangan pesawat Air Marshall Island terkadang tertunda karena perbaikan atau tugas penting seperti mengantar persedian obat dan makanan ke pulau-pulau lain.

 

2.  Jelajahi Pulau Saat Pagi dan Siang

Marshall Island

Menjelajah Marshall Island

Salah satu kesenangan dari wisata pulau, terutama pulau kecil, adalah mengamati kegiatan masyarakat lokal. Kebanyakan warga Marshall Island hidup dalam ritme alami yang melambat saat senja tiba. Anda bisa melihat banyak hal jika berjalan-jalan pada pagi dan siang hari.

 

Cobalah berjalan-jalan di area perkampungan setelah fajar. Anda bisa bertemu dengan orang-orang dewasa yang minum kopi di teras, anak-anak berlarian, kaum wanita yang mencuci dengan baskom besi, dan orang-orang yang menyiapkan alat-alat kerja mereka. Turis boleh memotret, tetapi wajib bersikap sopan dan menyapa.

 

Siang hari adalah saat yang tepat untuk menjelajahi pantai. Sinar matahari memantul di permukaan air yang biru jernih, mengundang turis untuk berenang atau menyelam. Suasananya juga lebih santai karena penduduk banyak yang duduk-duduk sambil berteduh.

 

3.  Kunjungi Pasar Ikan di Majuro

Marshall Island

Pasar Ikan Marshall Island

Majuro adalah salah satu area terpadat di Marshall Island, cocok untuk Anda yang ingin melihat pusat keramaian. Tempat ini memiliki pasar ikan segar di dekat dermaga Uliga. Anda bisa melihat-lihat suasana pasar dan mampir di kedai atau restoran untuk menikmati ikan bakar.

 

Jenis ikan yang dijual di Pasar Majuro sangat beragam. Anda bahkan bisa melihat parrotfish, salah satu penghuni koral paling berwarna-warni di perairan sekitar. Jika Anda tinggal di homestay, belilah ikan segar dari pasar, dan minta tolonglah pada induk semang untuk memasaknya dengan gaya lokal.

 

4.  Kunjungi Pulau Kecil

5 Tips Wisata Bermanfaat untuk Menikmati Marshall Island

Eneko Island

Menjauhlah dari keramaian dengan menuju ke pulau-pulau yang lebih kecil. Eneko adalah salah satu tujuan terbaik untuk wisata pulau Marshall Island. Pulau ini tidak jauh dari Majuro, dan bisa Anda capai dengan menyewa perahu penduduk. Terpisah dari pusat pemukiman oleh sebuah laguna, Eneko cukup sepi dari pengunjung, kecuali penduduk lokal yang berperahu dengan santai.

 

Eneko nyaris tidak memiliki apa-apa kecuali pantai berpasir putih bersih dan air biru jernih. Terdapat beberapa gubuk tradisional serta perahu-perahu kecil, tetapi tidak ada keramaian seperti Majuro. Anda bisa berenang, snorkeling, dan memesan ikan bakar dari penduduk lokal.

 

5.     Fokus ke Wisata Snorkeling dan Selam

Marshall Island

Snorkeling di Marshall Island

Snorkeling di Marshall Island wajib jadi kegiatan utama Anda. Negeri ini memiliki terumbu karang indah serta berbagai ikan tropis. Jika Anda menyelam di perairan yang agak dalam, Anda mungkin akan menemukan ikan hiu dan penyu besar. Ingin petualangan laut yang lebih unik? Belajarlah dari penduduk setempat cara menangkap ikan dengan tombak (spear gun), lalu praktikkan dengan tombak sewaan.

 

Berwisata ke Marshall Island memang seru, tetapi membutuhkan persiapan matang. RCKTrip menghadirkan informasi, tips, dan panduan wisata yang Anda butuhkan untuk merencanakan liburan menyenangkan. Kunjungi RCKTrip dan mulailah merencanakan liburan ke Marshall Island yang menyenangkan!