Bujet selalu jadi pertimbangan pertama saat merencanakan liburan ke luar negeri. Maklum, Anda memang perlu membuat perhitungan jelas tentang berapa uang yang mesti dikeluarkan untuk membeli tiket pesawat, booking hotel, biaya makan, oleh-oleh, dan keperluan lainnya.

Nah, bagi Anda yang ingin pelesiran ke Negeri Sakura 3D2N dengan bujet minimal, ikut paket tour Jepang bisa jadi opsi yang tepat. Biar makin hemat, coba tips-tips berikut, ya.

  1. Yakin Memakai Japan Rail Pass (JR Pass)?

Paket tour Jepang

JR Pass

Kereta adalah moda transportasi umum paling terkenal di Jepang. Namun, Anda juga perlu mempertimbangkan apakah akan memakai si kartu sakti JR Pass atau tidak karena harganya cukup mahal, ¥29.110 atau sekitar Rp3,5 juta/7 hari.

Harga semahal itu tentu sayang kalau tak digunakan secara optimal. Kalau Anda hanya akan pergi ke tempat-tempat tertentu tanpa keliling Jepang, beli saja tiket individu, bukan JR Pass.

  1. Pilihan Makanan

Meski terkenal sebagai negara berbiaya hidup tinggi, Anda tetap bisa lho, menemukan makanan murah saat liburan di Jepang. Rekomendasi kuliner yang lezat tapi harganya terjangkau adalah ramen, kari, dan sushi. Pilih toko atau resto yang menyediakan makanan serba 100-yen.

Beruntung kalau hotel tempat Anda menginap menyediakan dapur, sehingga Anda bisa berhemat dengan memasak sendiri. Oh, ya buah-buahan dan sayuran segar di Jepang juga harganya sangat mahal. Jadi, lebih baik hindari belanja sayur/buah selama di sana, ya.

  1. Akomodasi Murah

Paket tour Jepang

Hotel Capsule

Hotel di Jepang umumnya dibanderol dengan harga yang sangat tinggi. Selain itu ruangnya juga sempit. Nah, karena Anda sedang dalam rangka berhemat, coba cari alternatif akomodasi yang lebih murah, misalnya hotel kapsul.

Hotel kapsul memang punya tarif yang jauh lebih rendah dibandingkan hotel privat pada umumnya, tapi tentu saja Anda harus berbagi kamar tidur dan kamar mandi dengan orang asing. Yang penting tetap waspada dan jaga barang-barang Anda, ya!

  1. Tempat Wisata di Jepang yang Akan Dikunjungi

Jika Anda mengikuti paket tour Jepang, pihak travel agent biasanya sudah membuat daftar destinasi yang akan dikunjungi. Namun, bagi yang bepergian sendiri sebaiknya mulai menentukan tempat wisata mana saja yang akan dikunjungi sejak sekarang.

Mayoritas tempat wisata di Jepang bisa diakses dengan harga tiket yang murah, kok. Coba kunjungi destinasi seperti taman, museum, dan candi/bangunan bersejarah. Selain menarik, harga tiketnya juga super murah.

  1. Berlaku Layaknya Warga Lokal

Paket tour Jepang

Warga Lokal

Dengan segala daya tariknya, bukan tidak mungkin Anda akan menghabiskan berjuta-juta rupiah di Jepang hanya dalam satu malam. Namun ingat, karena konsepnya adalah low-budget trip, Anda harus cerdas mengatur pengeluaran agar tak defisit dan melarat tiba-tiba.

Kalau tak mau mengikuti paket tour Jepang, “berlakulah” layaknya Anda seorang warga lokal, bukan turis. Menginap di hostel, cari makanan murah, dan kunjungi tempat-tempat wisata yang gratis/murah adalah beberapa cara berhemat yang patut Anda coba.

 

Yup, Jepang memang bukan tujuan wisata yang murah jika dibandingkan negara-negara lain seperti Thailand, Kamboja, atau India. Namun, asal mau menerapkan tips di atas, Anda bisa kok survive dan liburan keliling Jepang 3D2N sampai puas.

Opsi paling bungsu kalau Anda ogah direpotkan dengan persiapan ini itu tentu saja dengan membeli paket tour Jepang. Seluruh kebutuhan dari mulai pesawat PP, tiket masuk tempat wisata, akomodasi dan transportasi selama di Jepang, sampai biaya makan sudah ter-cover lengkap. Sebagai traveler, Anda cukup bawa keperluan pribadi dan uang saku secukupnya.

Agar momen liburan makin berkesan, jangan lupa bekali diri dengan informasi dan tips wisata dari RCKTrip.com! Selamat menjelajah Jepang dan semoga liburan Anda menyenangkan!