Apa saja destinasi wisata di Ha Long Bay? Sebelumnya, Ha Long Bay atau Teluk Ha Long adalah destinasi wisata populer di provinsi Quang Ninh, Vietnam. Dari ibukota Hanoi, jaraknya kurang lebih 170 km. Cukup jauh memang, tetapi perjalanan jauh yang mesti ditempuh dijamin akan terbayar tuntas.

Ha Long berarti tempat turun naga. Dari legenda yang diyakini, dahulu rakyat Vietnam dalam melawan penjajah dibantu oleh sekelompok naga yang memuntahkan batu permata dan jade yang menjadi tembok penghalang penjajah. Kini jade tersebut menjadi pulau-pulau kecil tempat wisata di Ha Long Bay. 

Ha Long Bay memiliki luas 1.533 km persegi dengan hamparan 2000 islet atau pulau kecil. Langsung saja, berikut tempat-tempat yang kerap dituju ketika wisata di Ha Long Bay, yaitu:

Pulau Cat Ba

Pulau ini merupakan pulau terbesar di Ha Long Bay dengan luas 160 km persegi. Pulau Ca Ba atau yang disebut Quan Dao Cat Ba oleh penduduk sekitar ini berada di sebelah Barat Ha Long Bay.

Separuh area pulau Cat Ba digunakan sebagai taman nasional. Di Cat Ba Nasional Park terdapat ribuan flora, ratusan fauna, termasuk hewan yang terancam punah. Selain berkunjung ke taman nasional, wisatawan juga bisa berkunjung melihat banyak kera di Monkey Island atau bermain di pantai berpasir putih Cat Co Beach.

Teluk Lan Ha

Tempat wisata di Ha Long Bay lainnya adalah Teluk Lan Ha yang berada di sebelah Timur Pulau Cat Ba. Di teluk ini Rck Lovers bisa menjumpai pantai yang indah dan masih asri.

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan wisatawan untuk mengisi waktu liburan. Diantaranya rock climbing, kayaking, berenang, dan lainnya. Wisatawan juga bisa berkunjung ke kampung terapung Cua Van dan kampung nelayan Viet Hai untuk belajar budaya setempat.

The Kissing Rocks

Tempat wisata di Ha Long Bay ini punya pemandangan unik dua batu yang terlihat seperti ayam jantan dan ayam betina yang berdekatan. Kedua batu itu pun menjadi simbol dari eternal love atau kasih sayang abadi.

Akan tetapi, ada juga legenda versi lain yang diyakini. Konon ada yang menyebutkan kedua batu itu sebenarnya simbol dua ayam yang tengah beradu.

Desa Terapung Cua Van

Tempat ini sudah ditinggali oleh penduduk setempat. Kurang lebih ada 200 keluarga. Seperti namanya disebut desa terapung karena penduduk disana tinggal di atas perahu yang sudah dilengkapi dengan bangunan rumah.

Penduduk setempat memiliki pekerjaan sebagai nelayan. Karenanya desa ini disebut pula fishing village. Adapun keindahan alam menjadi dan pulau-pulau karst kecil menjadi suguhan utama bagi wisatawan. Saat mampir ke tempat wisata di Ha Long Bay ini Rck Lovers juga bisa melihat langsung kegiatan harian penduduk seperti menangkap ikan dengan cara tradisional.

Teluk Bai Tu Long

Menurut legenda, teluk ini menjadi tempat bertemunya anak-anak naga dengan sang induk. Teluk yang berlokasi di utara Ha Long Bay ini menawarkan panorama yang siap memanjakan mata.

Teluk dalam kawasan wisata di Ha Long Bay ini relatif sepi. Menawarkan tempat bersantai yang jauh dari keramaian. Karena tempat ini memang tidak berpenghuni.

Pulau Bach Long Vi

Pulau Bach Long Vi lokasinya cukup jauh dari Ha Long Bay. Karena jaraknya yang cukup jauh tempat wisata di Ha Long Bay ini relatif sepi pengunjung. Akan tetapi, sebenarnya tempat ini memiliki pemandangan asri yang begitu bersih dan sayang dilewatkan. Pantai di sana pun masih virgin karena jarang dijamah.

Konon pulau di selatan Ha Long Bay ini menjadi lokasi para anak-anak naga menghentakkan  ekor mereka. Pulau kecil untuk wisata di Ha Long Bay ini memiliki luas 2,5 km persegi tepatnya di Teluk Tonkin.

Oh ya, info lain terkait informasi wisata dan kuliner dalam dan luar negeri, jangan lupa untuk mampir atau menghubungi RCKTrip.com, ya!