Bukan hal yang sulit untuk jatuh cinta pada pesona wisata New Zealand. Negara yang terkenal sebagai lokasi syuting film Lord of the Rings ini merupakan tujuan favorit wisatawan solo maupun kelompok. Dengan hamparan padang rumput, perbukitan yang diselimuti kabut dan domba-domba yang berlarian, banyak orang bermimpi bisa ke sana, setidaknya sekali seumur hidup.

Untuk Anda yang ingin mencoba sendiri pengalaman wisata ke New Zealand, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Jika ini adalah pertama kalinya Anda berkunjung, enam tips berikut akan membuat perjalanan Anda ke New Zealand lebih nyaman!

  1. Perhatikan Keamanan

Wisata ke New Zealand

Tips Keamanan

Dibanding negara-negara lain di dunia, New Zealand terbilang sangat aman. Tapi bukan berarti Anda bisa mengabaikan hal-hal yang bersifat umum seperti mengunci koper dan menghindari keluar saat larut malam. Di antara sekian banyak tempat di New Zealand, ada beberapa lokasi yang sebaiknya tidak Anda kunjungi, terlebih jika baru pertama kali ke sana. Agar lebih aman, pilihlah destinasi wisata yang ramai dan populer di kalangan para wisatawan.

Jika ada hal-hal mendadak yang tak terduga, Anda bisa menghubungi nomor darurat 11 untuk terhubung dengan layanan ambulan, polisi, atau pemadam kebakaran. Dari nomor ini, Anda juga bisa mendapatkan berbagai bantuan lain.

  1. Manfaatkan i-Site

Wisata ke New Zealand

I-Site

Setiap kota yang ada di New Zealand memiliki  pusat kepariwisataan sendiri yang disebut i-Site. Untuk yang baru pertama kali ke New Zealand, tempat  ini adalah sumber yang bagus untuk mendapatkan beragam informasi. Peta, brosur dan detail-detail penting terkait tempat wisata New Zealand bisa Anda temukan di sini.

Untuk kemudahan mobilitas, banyak orang yang memilih untuk menyetir sendiri. Namun bagi Anda yang baru berkunjung pertama kali, sebaiknya manfaatkan transportasi umum yang ada. Bus antarkota biasanya berada tidak jauh dari kantor i-Site lokal. Anda bisa memesan tiket bus atau tur berikutnya dari sini.

  1. Buat Rencana Kunjungan Berdasarkan Musim

New Zealand merupakan negara dengan empat musim. Musim panas adalah waktu yang tepat untuk menjelajahi garis pantai dan landmark hijau yang ada di negara ini. Jika Anda ingin merasakan pengalaman bermain ski di Gunung Ruapehu, Gunung Cook atau Gunung Aoraki, berkunjunglah saat musim dingin tiba. Ada hamparan salju yang siap menyambut Anda di sana. Di sisi lain, musim gugur menawarkan pemandangan daun-daun yang berhamburan dengan cuaca yang sedikit lebih dingin.

Musim semi adalah waktu yang paling dihindari para wisatawan. Pasalnya, di musim ini udara sangat berangin dan cenderung tidak stabil. Jika Anda ingin datang di waktu-waktu saat suhu sedang turun, pastikan membawa perlengkapan pakaian yang mumpuni agar tidak jatuh sakit.

  1. Pesan Akomodasi Jauh-jauh Hari

Wisata ke New Zealand

Pesan Akomodasi

Ingat, wisata New Zealand sangatlah populer. Seperti yang bisa ditebak, pada musim-musim liburan, akomodasi biasanya cenderung penuh. Kalau tempat yang ingin Anda tuju adalah Pulau Waiheke di musim panas atau resort-resort pilihan di musim dingin, pastikan Anda memesan akomodasi jauh-jauh hari kalau tak ingin kecewa.

Kalau Anda ingin wisata hemat, ada banyak backpacking hostel yang memasang tarif lebih murah daripada hotel biasa. Beberapa area yang ramai turis seperti Wellington dan Auckland punya banyak pilihan akomodasi semacam ini.

  1. Ketahui Jam Buka Tempat-tempat Umum

Wisata ke New Zealand

Jam Operasional

Di kota-kota besar, Anda mungkin bisa melihat toko-toko—termasuk bank buka setiap hari dalam seminggu. Jam kerja kantor-kantor publik ini biasanya mulai pukul 9 pagi hingga pukul 5 sore di hari biasa dan pukul 10 pagi hingga pukul 4 sore di akhir pekan. Kebanyakan supermarket buka dari pukul 7 pagi hingga pukul 10 malam. Pastikan Anda mengetahui jam-jam operasional ini untuk memudahkan segala kebutuhan.

  1. Lakukan Perjalanan dari Utara ke Selatan

Kalau Anda adalah penganut ‘saving the best for the last’, maka rute perjalanan yang sebaiknya Anda ambil adalah dari Pulau Utara menuju ke Selatan. Pulau Utara memang tidak diragukan lagi keindahannya. Sementara di Selatan, Anda akan menemukan pemandangan yang lebih dramatis dengan gunung-gunung tinggi dan panorama magis.

Untuk Anda yang baru pertama kali berlibur ke Negeri Kiwi, beberapa tips di atas akan memudahkan perjalanan wisata ke New Zealand. Butuh informasi lain seputar wisata negara-negara di dunia? Dapatkan semuanya melalui RCK Trip.