Islandia itu indah, unik, dan tenang. Meski pada waktu-waktu tertentu cuacanya cukup ekstrem, hal itu tak sedikit pun mengurangi pesonanya sebagai negara tujuan favorit wisatawan untuk berlibur.

Dari air terjun, gunung berapi aktif, gletser, sampai mata air panas di alam terbuka, semua bisa Anda jumpai di negara yang beribu kota di Reykjavik ini. Singkatnya, Islandia adalah kepingan surga bagi siapa pun yang ingin menepi sejenak dari rutinitas.

Tak perlu khawatir soal dana. Berikut ada tips wisata Iceland untuk Anda yang ingin menjelajah Land of Fire and Ice ini dengan bujet minimal.

  1. Rental Mobil 2×2

Tips wisata Iceland

Sewa Mobil

Tips pertama: sebisa mungkin hindari menggunakan transportasi umum seperti bus untuk berkeliling Islandia. Selain boros, cara ini juga kurang efektif karena rute bus sering kali tidak menjangkau sudut-sudut terpencil di negara tersebut.

Solusinya, sewalah mobil 2×2 karena biayanya jauh lebih murah. Menggunakan transportasi pribadi akan menghemat bujet sekaligus membuat Anda lebih leluasa menjelajah setiap inch Islandia—apa pun musimnya.

 

  1. Kurangi Makan di Luar

Tips wisata Iceland

grocery stores

Untuk menekan bujet selama liburan di Islandia, kurangi kebiasaan makan di luar. Biaya makan di sana terbilang sangat tinggi, terutama bagi on-budget traveler. Alternatifnya, pergilah ke grocery stores atau supermarket untuk belanja bahan makanan seperti sandwich, selai kacang, sosis, atau sup kalengan.

Jika Anda bosan dengan makanan yang itu-itu saja dan ingin sesekali makan di luar, kedai mi di Reykjavik bisa jadi penyelamat. Selain mengenyangkan, harganya juga terbilang murah, hanya sekitar $10 per porsi.

Jangan lupa bawa botol minum kosong agar Anda tak usah membelinya saat habis. Hampir di setiap sudut Islandia tersedia keran air minum yang boleh digunakan secara gratis. Jadi, tidak usah khawatir akan kehausan di tengah jalan, ya!

 

  1. Berkunjung saat Winter

Tips wisata Iceland

Winter Season

Tips wisata Iceland hemat bujet yang selanjutnya adalah traveling saat musim dingin atau off season. Bepergian saat low season akan memberi Anda banyak keuntungan dan pengalaman seru. Selain hemat biaya, Anda juga tidak perlu berdesak-desakan dengan wisatawan lainnya.

Pada waktu-waktu tersebut, harga penginapan juga cenderung murah. Jika beruntung, Anda bahkan bisa menyaksikan keindahan gua es dan northern lights dengan jelas pada malam hari. Musim dingin di Islandia biasanya berlangsung antara November-Maret.

 

  1. Gunakan Airbnb

Tips wisata Iceland

AirBnB

Berhemat saat liburan di Islandia juga bisa dilakukan dengan cara menggunakan Airbnb—bukan hotel—saat berburu akomodasi. Tidak hanya murah, menginap di Airbnb juga memungkinkan Anda untuk bisa berinteraksi dengan warga lokal.

Menginap di hotel bisa memakan biaya sampai $100 per malamnya. Sedangkan Anda hanya perlu mengeluarkan maksimal $25 saat bermalam di Airbnb. Sstt… Kalau mau merasakan pengalaman baru, cobalah camping barang semalam.

 

  1. Hindari Ring Road

Tips wisata Iceland

Ring Road

Jika ingin berhemat saat road trip ke Islandia, hindari menyusuri ring road. Ya, melewati ring road akan menghabiskan lebih banyak bahan bakar. Alternatifnya, jelajahi sisi timur dan selatan Islandia. Di sini ada banyak panorama alam yang tak kalah menakjubkan, seperti air terjun, gletser, laguna, pantai pasir hitam, dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

  1. Traveling Bersama Grup

Tips wisata Iceland

Liburan Bersama Teman

Traveling bersama grup bisa jadi pilihan cerdas buat Anda yang ingin liburan ke Islandia dengan biaya minimal. Bepergian dalam kelompok artinya Anda bisa menekan pengeluaran untuk makan, menginap, transportasi, dan kebutuhan lain selama berada di sana.

 

Islandia adalah negara yang disebut-sebut mempunyai pemandangan matahari terbit dan tenggelam terindah di bumi. Tak percaya? Datanglah ke sana dan Anda pun akan langsung jatuh cinta dibuatnya.

Nah, itulah beberapa tips wisata Iceland dengan bujet minimal yang bisa Anda jadikan referensi. Cek juga RCKTrip untuk dapatkan informasi terbaru seputar pariwisata di dalam dan luar negeri, ya.