Jalan-jalan ke Sabang tanpa mencoba kuliner setempat rasanya bakalan hambar. Sama seperti destinasi alamnya yang memukau, wisata kuliner di Sabang bakal memanjakan lidah Rck Lovers. Apalagi, makanan khas ini bisa ditemukan dengan harga yang murah.

Penasaran kan sama makanan khas Sabang yang jadi favorit para pelancong? Langsung simak daftar lengkapnya berikut ini, yuk!

Berikut ini beberapa rekomendasi makanan khas Sabang yang wajib dicoba saat berkunjung ke kota yang berada di titik terluar Indonesia ini.

Mie Jalak

Rekomendasi wisata kuliner Sabang yang pertama adalah mie jalak. Tak hanya namanya yang unik, rasa kuliner ini ternyata juga cukup unik, lho. Mie berwarna kekuningan ini dilengkapi dengan kuah bening. Biasanya, mie jalak diberi campuran tauge, daging ikan yang dipotong dadu, dan daun bawang.

Meskipun isiannya terkesan sederhana, tapi rasanya nggak perlu diragukan lagi. Sekali nyoba bikin ketagihan. Salah satu warung yang menjual mie jalak ada di Jl. Perdagangan, Kec. Sukakarya, Kota Sabang.

Mie Sedap

Mie sedap khas Sabang ini berbeda dengan merk mie instan, ya. Mie sedap khas Sabang diolah dengan resep turun-temurun. Nggak heran kalau rasanya bisa nikmat dan unik banget. Menariknya, bahan baku untuk pembuatan mie terbuat dari telur dan tepung terigu tanpa tambahan pengawet.

Mie sedap biasanya disajikan dengan taburan daging ikan yang sudah diolah dan taburan seledri. Sedangkan kuahnya, terbuat dari kaldu ayam yang membuat rasanya makin umami. Meskipun terkesan sederhana, tapi mie sedap punya rasa lezat yang tiada duanya.

Rujak 0 Kilometer

Jangan salah sangka dulu, rujak khas Sabang ini berbeda dengan rujak pada umumnya. Rujak 0 kilometer khas Sabang biasanya ditambahi buah rumbia, yakni buah khas Sabang. Buah rumbia digerus sampai halus sebelum dicampur dengan cabai dan gula aren. Tempat wisata kuliner di Sabang yang menjual rujak ini adalah di tugu titik 0 kilometer. Jadi, jangan lupa mampir ke warung rujak 0 kilometer biar nggak nyesel, ya.

Mie Pingsun

Satu lagi olahan mie yang wajib dicoba kalau berkunjung ke Sabang. Sekilas, mie pingsun mirip dengan mie pada umumnya. Hanya saja, topping yang dipakai lebih lengkap. Rck Lovers bisa menemukan berbagai seafood dalam mie pingsun, seperti udang, ikan, hingga cumi-cumi.

Olahan yang satu ini bisa dibilang sebagai primadonanya Kota Sabang. Karena rasanya yang lezat bikin semua orang ketagihan. Saking banyaknya peminat mie pingsun, warung yang menjajakan kuliner khas ini tak pernah sepi pengunjung, lho.

Sate Gurita

Siapa yang suka makan seafood? Kalau ke Sabang, jangan lupa mencoba sate gurita, ya. Wisata kuliner khas Sabang ini nggak jauh berbeda dari sate pada umumnya. Sate gurita khas Sabang juga disajikan bersama lontong dan bumbu kacang. Berkat rasanya yang khas, warung yang menyajikan sate gurita juga selalu dipadati pengunjung.

Kedai Kopi Pantai Jaya

Menikmati indahnya pantai dengan secangkir kopi adalah pilihan pas untuk mengurai kepenatan. Jika ingin merasakan kopi khas Sabang, datanglah ke kedai kopi Pantai Jaya yang terletak di Muelee, Sabang.

Kedai kopi yang sudah berdiri sejak 1980 ini menghadirkan beberapa varian, seperti kopi hitam, kopi sanget, dan kopi susu. Bahkan, Rck Lovers bisa membeli kopi hasil panggangan pemilik kedai untuk dijadikan oleh-oleh.

Gimana, tertarik untuk mencoba makanan khas Sabang?

Oh ya, info lain terkait informasi wisata dan kuliner dalam dan luar negeri, jangan lupa untuk mampir atau menghubungi RCKTrip.com, ya!