Liburan ke tempat yang benar-benar asing memberi pengalaman unik dan berbeda. Apalagi, kalau Anda memutuskan untuk berlibur ke Tuvalu. Sebagian besar orang mungkin tidak tahu dan bahkan tidak pernah mendengar negara bernama Tuvalu. Hal ini memang cukup lumrah, karena Tuvalu merupakan salah satu negara yang paling jarang dikunjungi oleh wisatawan dunia.

Sekilas Tentang Tuvalu

Tuvalu

Tuvalu

Tuvalu merupakan Negara Persemakmuran Inggris dan dikenal sebagai negara terkecil keempat dunia, dengan luas teritori hanya 26 km persegi. Wilayah Tuvalu berupa kepulauan yang berlokasi di Samudera Pasifik, di antara Australia dan Hawaii. Ibu kota negara ini berlokasi di Funafuti.

Sebagai negara yang kurang populer, tingkat kunjungan wisatawan ke Tuvalu sangat rendah. Setiap tahun, hanya ada sekitar 2.000 turis. Mayoritas kedatangan pengunjung ke Tuvalu adalah untuk keperluan bisnis. Oleh karena itu, tidak heran kalau infrastruktur pariwisata di negara kepulauan tersebut sangat minim.

Namun, minimnya fasilitas tersebut menjadi peluang bagi para backpacker untuk bisa merasakan keseruan berpetualang ke Tuvalu. Anda dapat menikmati suasana liburan yang autentik selama berada di negara ini. Nah, sebelum mewujudkan rencana perjalanan ke Tuvalu, ada 7 hal penting yang wajib Anda ketahui, yaitu:

  1. Uang tunai adalah raja dan wajib Anda sediakan

Tuvalu

Mata Uang Tuvalu

Hal pertama yang wajib diketahui adalah selalu menyediakan uang tunai. Mata uang yang berlaku di wilayah Tuvalu adalah Dolar Australia. Selain itu, ada pula uang koin Tuvalu yang bergambar Ratu Elizabeth II serta hewan laut di masing-masing sisi.

Persiapan ini sangat penting, karena hampir segala jenis transaksi di Tuvalu menggunakan uang tunai. Tidak hanya ketika berbelanja di toko suvenir atau pasar tradisional, tetapi juga di hotel ataupun guest house. ATM tidak akan bisa dijumpai, demikian pula transaksi memakai kartu kredit.

  1. Bahasa Inggris cukup banyak digunakan masyarakat Tuvalu

Tuvalu

Bahasa yang digunakan

Untuk sarana komunikasi, para backpacker yang ingin menjelajahi Tuvalu tidak perlu khawatir. Masyarakat setempat memang memiliki bahasa lokal yang dikenal dengan nama bahasa Tuvalu. Namun, sebagai bagian dari negara persemakmuran Inggris, mayoritas warga dapat berkomunikasi memakai bahasa Inggris.

Sebagai sarana untuk mengakrabkan diri dengan warga lokal, tidak ada salahnya jika Anda mengetahui pelafalan beberapa kata dalam bahasa Tuvalu. Sebagai contoh, tafola (halo), fetaui (sampai jumpa kembali), ataupun fafetai (terima kasih).

  1. Tuvalu jarang dikunjungi wisatawan

Tuvalu

Tuvalu Island

Seperti yang telah disebutkan, tingkat kunjungan wisatawan ke Tuvalu sangat minim. Mayoritas wisatawan berasal dari negara-negara sekitar, seperti Selandia Baru, Fiji, dan Australia. Oleh karena itu, jika ingin liburan ke sini, Anda perlu perencanaan matang.

Tidak akan ada layanan tour guide yang bisa membantu Anda, jangan pula mengharapkan keberadaan pusat informasi wisatawan. Namun demikian, Anda tetap bisa menjumpai keberadaan hotel serta guest house di Funafuti. Ada pula alternatif homestay di wilayah pulau lain.

  1. Bisa berkeliling pulau secara luas selama di Tuvalu

Tuvalu

Berkeliling Pulau

Jalan raya di Tuvalu hanya bisa ditemukan di Funafuti. Jalan raya ini juga berfungsi sebagai landasan untuk pesawat. Kalau mendengar adanya suara sirine, itu merupakan tanda bahwa akan ada pesawat yang bakal mendarat.

Wisatawan dapat berkeliling Funafuti dengan menyewa sepeda motor, biayanya sekitar $10 per hari. Tidak perlu khawatir dengan keamanan berkendara selama di Funafuti. Apalagi, jalanan di Funafuti sangat lengang dan warga setempat biasanya berkendara dengan kecepatan rendah.

  1. Benar-benar bisa terbebas dari kerjaan

Tuvalu

Bertualang ke Tuvalu

Saat melakukan perjalanan liburan ala backpacker ke Tuvalu, Anda bisa membebaskan diri secara penuh dari kerjaan. Apalagi, wilayah kepulauan ini memiliki akses internet yang sangat terbatas.

Beberapa penginapan memang menyediakan kartu internet pre-paid. Hanya saja, tidak ada jaminan kalau kartu tersebut dapat digunakan. Akses internet WiFi juga sangat terbatas. Kalaupun bekerja, kecepatannya sangat rendah.

  1. Banyak pantai cantik dan memesona

Tuvalu

Pulau Nanumea

Tuvalu merupakan negara kepulauan dengan deretan pantai yang cantik. Secara total, terdapat 9 pulau yang ada di negara ini, yaitu Nanumea, Nanumaga, Niutao, Nui, Nukufetau, Vaitupu, Funafuti, Niulakita, serta Nukulaelae.

  1. Tuvalu surganya pencita kuliner seafood

Tuvalu

Kuliner Seafood

Terakhir, Tuvalu menjadi surga bagi para pencinta kuliner olahan laut. Apalagi, perairan di sekitar Tuvalu merupakan area yang kaya biota laut. Selain seafood, Anda juga dapat menjumpai olahan ayam, daging babi, dan sebagainya.

Itulah tips serta fakta penting yang dapat Anda perhatikan ketika ingin berencana liburan ke Tuvalu. Untuk informasi penting dan tips bermanfaat lain, stay tune di RCK Trip, ya!