Salah satu pertimbangan penting sebelum berangkat umrah adalah memilih akomodasi untuk menginap. Jika Anda punya bujet yang cukup besar, lebih baik carilah hotel yang lokasinya dekat dengan Masjidil Haram.

Tidak hanya menawarkan fasilitas yang lengkap, bermalam di hotel yang dekat Masjidil Haram juga akan membuat Anda lebih total dalam beribadah. Pemandangan Ka’bah yang bisa dilihat langsung dari jendela kamar pun akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

Berikut beberapa rekomendasi terbaik yang bisa Anda pilih.

  1. Raffles Makkah Palace

Penginapan

Raffles Makkah Palace

Raffles Makkah Palace merupakan salah satu hotel favorit jemaah umrah. Akomodasi ini terletak di Kompleks Abraj Al-Bait, sekitar 0,3 km dari Masjidil Haram dan 50 meter dari Makkah Clock Tower.

Hotel ini menawarkan kamar-kamar tipe suite dengan fasilitas yang super lengkap. Tamu bisa memilih kamar dengan view sesuai keinginan; city view, Ka’bah, atau Masjidil Haram. Oh ya, restoran Levantine Al Majlis di Raffles Makkah Palace juga terkenal menyajikan kuliner khas Mediterania yang menggugah selera.

 

  1. Conrad Makkah

Penginapan

Conrad Makkah

Terletak hanya 0,5 km dari Masjidil Haram, hotel Conrad Makkah ini sangat cocok untuk para jemaah yang mendambakan kenyamanan selama umrah. Anda bisa melihat Ka’bah dan Masjidil Haram dari kamar hotel berkonsep modern dan luas.

Conrad Makkah bisa diakses lewat Umm El Qurra Road yang menghubungkan Mekah dan Jeddah. Bandara Internasional King Abdulaziz juga hanya berjarak sekitar 75 km dari hotel. Jika menginap di sini, jangan lupa sempatkan diri untuk mampir di resto bintang limanya ya, yaitu Al Mearaj, Al Helal, dan Al Kawthar.

 

  1. Hilton Suites Makkah

Penginapan

Hilton Suites Makkah

Jika Anda ingin menginap di hotel yang menyajikan pemandangan Masjidil Haram, Hilton Suites Makkah bisa jadi opsi terbaik. Akomodasi ini hanya berjarak beberapa menit dari Masjidil Haram dan area perluasannya, King Abdullah.

Dengan konsep yang mewah dibalut nuansa modern, Hilton Suites Makkah memiliki akses privat ke Ummul Qura. Hotel ini juga sangat dekat dengan beberapa pusat perbelanjaan dan outlet barang branded lainnya. Jaraknya dari Bandara King Abdul Aziz adalah sekitar 100 km.

 

  1. Dar Al Tawhid Intercontinental Makkah

Penginapan

Dar Al Tawhid Intercontinental Makkah

Ingin merasakan sensasi menginap di hotel dengan pelayanan kelas dunia? Dar Al Tawhid Intercontinental Makkah jawabannya! Berlokasi tepat di depan Masjidil Haram, penginapan bintang lima ini menawarkan banyak kamar mewah dengan fasilitas yang sangat lengkap.

Dar Al Tawhid juga mempunyai tiga restoran yang menyajikan menu-menu khas Timur Tengah dan internasional—tentu dengan view cantik menghadap Masjidil Haram. Madhbah Ismail serta Al Jamrah al Wusta juga bisa ditempuh hanya dalam lima menit berkendara dari hotel.

 

  1. Al Ghufran Safwah Hotel Makkah

Penginapan

Al Ghufran Safwah Hotel Makkah

Hotel ini merupakan salah satu penginapan favorit jemaah umrah karena letaknya yang strategis—dekat King Abdul Aziz Gate atau sekitar 0,3 km dari Masjidil Haram. Dar Al Ghufran Safwah merupakan hotel mewah yang menawarkan skyline view Mekah di tiap kamarnya.

Dekorasi kontemporer menjadi ciri khas penginapan ini. Tamu juga mendapat fasilitas buffet breakfast dengan menu beragam tiap harinya. Jarak menuju King Abdul Aziz International Airport adalah sekitar 74 km.

 

  1. Makkah Hotel

Penginapan

Makkah Hotel

Makkah Hotel terletak di tengah Kota Mekah, dengan pemandangan langsung menghadap Ka’bah dan Masjidil Haram. Selain kamar executive dengan fasilitas yang mewah dan lengkap, akomodasi ini juga terletak hanya beberapa menit berjalan kaki dari Sumur Zam-Zam.

EL Etlalah Restaurant menawarkan beragam menu khas Asia dengan cita rasa yang lezat. Jika Anda ingin mencicipi kuliner khas Timur Tengah, resto Al Fayhaa bisa menjadi pilihan. Ada juga Lagenda yang menyajikan aneka menu internasional dengan rasa yang tak kalah nikmat.

 

  1. Jabal Omar Hyatt Regency Makkah

Penginapan

Jabal Omar Hyatt Regency Makkah

Terakhir ada Jabal Omar Hyatt Regency Makkah yang terletak di Ibrahim Al Khalil Road, Mekah, atau sekitar 0,4 km dari Masjidil Haram. Dengan desain mewah kontemporer, hotel 19 lantai ini menawarkan pengalaman menginap yang mengesankan, khususnya untuk para jemaah umrah.

Di Jabal Omar terdapat restoran The Oasis dan Al Forno dengan pilihan kulinernya masing-masing. Makkah Clock Royal Tower juga hanya berjarak sekitar 400 meter, lho. Tertarik menginap di sini?

 

Bermalam di hotel yang dekat Masjidil Haram tentu akan membuat Anda lebih nyaman dan khusu’ dalam beribadah. Anda pun tidak perlu khawatir ditinggal shuttle bus saat ingin berlama-lama di masjid. Cek RCKTrip.com, yuk, dapatkan informasi bermanfaat seputar liburan lainnya di situs ini!