Jepang adalah salah satu negara yang sangat diminati oleh wisatawan dari seluruh dunia termasuk kawasan Asia Tenggara seperti Indonesia. Banyaknya tempat yang menarik, bersejarah, budaya, makanan, hingga produk oleh-oleh yang unik, Jepang tidak pernah sepi setiap tahunnya. Jutaan orang datang dan pergi untuk menikmati pesonanya.

Nah, kalau Anda berencana akan melakukan perjalanan ke Jepang dalam waktu dekat, ada baiknya untuk mempersiapkan semua dengan matang. Berikut beberapa info dan tips yang harus diperhatikan agar perjalanan ke Jepang bisa berjalan dengan sempurna.

  1. Mengurus E-Passport

Info Penting

E Passport

Kalau saat ini Anda masih memiliki paspor biasa ada baiknya untuk segera mengubahnya ke jenis e-passport. Hal ini wajib dilakukan sesegera mungkin agar Anda tidak mengalami masalah saat melakukan pengurusan free visa dan bisa segera melakukan perjalanan.

Datanglah ke kantor imigrasi terdekat atau tempat mengurus paspor. Selanjutnya ikuti semua alur pengurusan termasuk menyediakan dokumen yang dibutuhkan. Paspor baru biasanya akan jadi kurang dari seminggu setelah diurus atau dibayar biayanya.

  1. Mengurus Free Visa

Info Penting

Visa

Setelah mendapatkan e-passport, tahap selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengurus free visa. Datang ke Kedutaan Besar Jepang atau Konsulat terdekat untuk mengurus visa. Umumnya proses pengurusan akan berjalan cepat dan Anda akan mendapatkan stiker bebas visa yang ditempel di e-passport.

Dengan stiker ini Anda bisa tinggal di Jepang sampai 15 hari. Selanjutnya kalau ingin pelesir lagi ke Jepang, tidak perlu mengurus bebas visa kalau tanggal berlakunya stiker masih berlaku. Jadi, tidak perlu bolak-balik Kedutaan Besar Jepang kalau ingin ke Jepang kembali.

  1. Memesan Kartu untuk Transportasi

Info Penting

SUICA

Biaya transportasi di Jepang cukup mahal dan apa saja sudah menggunakan e-money. Kalau Anda ingin jalan-jalan ke mana saja dengan naik kereta, bus, atau kapal laut ada baiknya untuk menggunakan kartu e-money seperti SUICA atau menggunakan kartu transportasi seperti JR Pass.

  1. Memilih Akomodasi yang Sesuai

Info Penting

Hotel Kapsul

Jepang adalah negara dengan harga barang dan jasa yang mahal di kawasan Asia. Meski demikian Anda bisa menyiasatinya dengan memilih akomodasi yang sesuai. Kalau Anda ke Jepang dengan bujet kecil coba pilih hotel bujet sejenis kapsul yang banyak diminati oleh wisatawan. Menginaplah di kawasan backpacker agar apa saja bisa didapatkan dengan murah.

  1. Pilih Musim yang Tepat

Info Penting

Musim Gugur

Pilih musim pelesir yang tepat kalau ingin mengunjungi negara kawasan Asia seperti Jepang. Pemilihan musim ini menentukan banyak hal termasuk harga untuk akomodasi dan transportasi.

Saat musim panas dan akhir tahun biasanya Jepang sedang peak season. Apa saja akan terasa mahal. Usahakan memilih bulan yang aman seperti musim semi atau saat musim gugur.

  1. Rencanakan Perjalanan dengan Matang

Info Penting

Kereta di Jepang

Transportasi di Jepang sangat kompleks apalagi jalur keretanya. Sebelum melakukan perjalanan ke mana pun rencanakan dengan matang. Anda harus tahu jenis keretanya apa saja dan harus naik di mana. Kalau Anda sampai kebingungan, peluang kesasar akan besar.

  1. Selalu Bertanya Sebelum Makan

Info Penting

Bertanya dahulu

Selalu bertanya sebelum makan. Hal ini perlu dilakukan agar tahu bahan apa yang dipakai untuk membuat makanan. Biasa saja bahannya membuat Anda alergi atau tidak sesuai dengan keyakinan yang dimiliki.

Demikianlah info tentang beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum Anda melakukan perjalanan ke Jepang, negara paling laris di Asia Timur bersama dengan Korea Selatan. Semoga apa yang tertulis di atas bisa bermanfaat untuk Anda semuanya.

Ingin tambahan informasi wisata dalam dan luar negeri, jangan lupa untuk selalu mampir ke RCKTrip.com, ya!