Apa yang terlintas di pikiran Anda saat mendengar makanan khas Tiongkok? Mungkin banyak yang sudah familier dengan beberapa hidangan dan kudapannya, seperti dimsum, bebek peking, dan moon cake. Hidangan khas Tiongkok terkenal akan bumbu rempahnya yang menggugah selera. Cita rasanya pun tak perlu diragukan lagi. Anda akan menemukan banyak perpaduan sayur, jamur, tofu, hingga aneka daging dalam satu mangkuk.

Pencinta makanan pedas pun tak akan kecewa dengan ragam cita rasa yang ditawarkan kuliner khas Tiongkok. Tak tanggung-tanggung, banyak hidangan yang memiliki tingkat kepedasan serupa mi goreng ala Korea Selatan. Karenanya, saat berkunjung ke restoran Tiongkok, Anda wajib mencoba beberapa makanan bercita rasa pedas berikut ini:

  1. Gong Bao Ji Ding, Kung Pao Chicken Ala Sichuan

Makanan Khas Tiongkok

Gong Bao Chicken

Kung Pao Chicken bisa dibilang merupakan hidangan khas Tiongkok yang sudah mendunia. Namun, Gong Bao Ji Ding atau Kung Pao Chicken ala Sichuan menawarkan level pedas yang lebih tinggi.

Cara pengolahannya sebenarnya tidak terlalu berbeda dari Kung Pao Chicken pada umumnya. Hanya saja, Kung Pao Chicken ala Sichuan menggunakan bubuk cabai dan lada hitam khasnya yang terkenal “membakar lidah”.

Biar begitu, ayam pedas ini masih bisa dinikmati, terlebih saat disajikan dengan kacang mete, daun bawang, dan kentang. Wajib coba!

  1. Mapo Doufu

Makanan Khas Tiongkok

Mapo Doufu

Masih dari Sichuan, ada satu lagi hidangan khas bercita rasa pedas yang akan memanjakan lidah Anda. Mapo doufu merupakan olahan tahu lembut dan potongan daging yang dimasak dengan cabai bubuk serta douchi atau fermentasi kacang hitam. Cabai bubuk yang dipakai bukan sembarang cabai. Warga setempat menjulukinya dengan sebutan merica surga.

Untuk menambah kekayaan rasa, mapo doufu juga dimasak dengan anggur beras, kaldu, serta sari pati untuk menciptakan tekstur kuah yang kental. Biasanya, banyak pula yang memodifikasi rasanya menjadi asam manis atau pedas manis. Namun, mapo doufu pedas tetap menjadi primadona berkat cita rasanya yang nendang.

  1. Kou Shui Ji

Makanan Khas Tiongkok

Kou Shui Ji

Jika diartikan secara literal, kou shui ji memiliki arti ayam liur. Nama tersebut bukan tanpa alasan. Kombinasi kuah, bumbu rempah, dan ayam juicy dari kou shui ji dijamin bakal bikin mulut berair saking pedasnya.

Kou shui ji biasanya menggunakan seluruh bagian tubuh ayam yang direndam secara utuh bersama sayuran dan bumbu aromatik untuk menciptakan cita rasa kaldu ayam yang khas.

Kuah ayam disiapkan secara terpisah. Bubuk cabai, lada hitam Sichuan, lima bubuk rempah, dan biji wijen dicampur hingga merata lalu dicampur dengan minyak cabai panas untuk kemudian disiram di atas ayam. Hmm, memikirkannya saja sudah bikin mulut berair, ya?

  1. Liang Pi

Makanan Khas Tiongkok

Liang Pi

Liang pi merupakan mi dingin yang dihidangkan dengan kuah bumbu pedas. Mi liang pi terbuat dari adonan tepung beras campur sejumput garam. Setelah diuleni, adonan tepung biasanya didiamkan semalaman agar teksturnya lembut dan kenyal.

Setelah semalaman, adonan kemudian dibersihkan dari sisa-sisa air dan dibentangkan di atas nampan untuk dipotong menjadi bagian-bagian kecil seperti mi pada umumnya. Mi yang sudah jadi kemudian diolah dengan bumbu cabai dan dihidangkan bersama potongan timun serta bakpao berisi daging babi.

  1. Gan Guo

Makanan Khas Tiongkok

dry pot chicken

Makanan khas Tiongkok yang berasal dari Provinsi Hunan ini lebih dikenal dengan nama dry pot chicken. Gan guo biasanya disajikan dalam panci kecil panas, mirip hot pot pada umumnya, tetapi tidak dihidangkan dengan sup.

Gan guo terdiri dari ayam, bawang putih, lada, tofu, dan sayur yang dimasak dengan sedikit minyak panas. Dibandingkan dengan makanan khas Sichuan, gan guo tidak terlalu berminyak sehingga cita rasa alami dari lada dan bumbu rempahnya masih terasa segar.

  1. Hunan Spicy Beef

Makanan Khas Tiongkok

Hunan Spicy Beef

Hunan memiliki aneka hidangan berbahan dasar daging sapi yang layak dicoba, salah satunya adalah Hunan spicy beef. Daging sapi tenderloin dipotong tipis dan dicampur dengan arak untuk memasak, kecap asin, tapioka, garam, lada, dan minyak wijen diamkan hingga 15 menit.

Kemudian, tumis daging menggunakan minyak panas. Campurkan paprika, bawang goreng, cabai, dan sejumput garam lalu masak hingga matang. Rasa pedasnya memang hanya berasal dari lada, tapi tetap bisa bikin lidah menjerit.

  1. Yu Xiang Tofu

Makanan Khas Tiongkok

Yu Xiang Tofu

Penyuka tahu dijamin bakal ketagihan saat mencicipi hidangan satu ini. Yu xiang tofu terdiri dari tahu putih yang dipotong dadu, bubuk cabai, kecap asin, dan bumbu rempah yang dimasak bersamaan. Kuah pedasnya makin mantap berkat tambahan lada khas Sichuan yang menggugah selera. Terung dan irisan daging kerap dijadikan alternatif pengganti tahu.

Bagaimana, penasaran ingin mencoba tujuh makanan khas Tiongkok bercita rasa pedas di atas? Sebelum melancong, cari tahu informasi wisata kuliner di Tiongkok dan seluruh dunia dengan mengunjungi RCKTrip.com. Selamat berwisata!