Tak hanya identik dengan keunikan budaya latin, Spanyol pun memiliki beragam makanan murah. Dibalut cita rasa asam gurih, makanan tersebut kerap diburu wisatawan. Anda juga ingin mencicipinya? Datanglah ke Madrid, ibu kota Spanyol.

Sebagai referensi, berikut ini ada tujuh kuliner khas Madrid yang bisa Anda nikmati ketika liburan ke Spanyol.

  1. Tapas

Makanan Murah

Tapas

Bagi wisatawan yang sering mengunjungi Spanyol, tapas mungkin tidak asing lagi. Pasalnya, tapas merupakan makanan ringan legendaris paling populer di Spanyol. Kerap disajikan sebagai appetizer, kuliner ini pertama kali muncul pada abad ke-17.

Sejak awal kemunculannya, tapas terdiri dari dua jenis, yakni tapas panas dan dingin. Tapas dingin biasanya berupa campuran keju dan zaitun, umumnya dihidangkan di kawasan selatan Spanyol, seperti Valencia dan Barcelona. Sementara tapas panas yang merupakan campuran cumi goreng dan chapitos cincang kerap disajikan di daerah yang relatif dingin. Namun di Madrid, Anda bisa menemukan keduanya.

  1. Paella

Makanan Murah

Paella

Dengan taburan udang di atasnya, paella menjadi makanan murah di Madrid yang paling digemari wisatawan. Bentuk makanan ini mirip nasi goreng seafood khas Indonesia, tetapi paella lebih kaya rempah dan lauk pauk. Ciri lainnya, paella dimasak bersama minyak zaitun sehingga memiliki cita rasa khas.

  1. Empanadas

Makanan Murah

Empanadas

Anda pernah menyantap risoles? Makanan empanadas merupakan perpaduan bentuk risoles dan kroket. Di Spanyol, empanadas menjadi kuliner favorit untuk camilan maupun lauk.

Bahan empanadas terdiri dari daging sapi yang ditumbuk, potongan kentang, serta bumbu. Untuk membuat empanadas, semua bahan tersebut harus dicampur, kemudian digoreng sampai matang. Biasanya, empanadas matang berwarna kecokelatan dengan bentuk setengah lingkaran.

  1. Tortilla de Patatas

Makanan Murah

Tortilla de Patatas

Tortilla de patatas; makanan khas Madrid yang cocok dengan lidah orang Indonesia. Pasalnya, kuliner ini memiliki cita rasa mirip perkedel kentang. Namun, bentuk tortilla de patatas menyerupai omelet atau telur dadar.

Perbedaan tortilla de patatas dan omelet terletak pada bahan dasarnya. Kalau omelet terbuat dari telur saja, tortilla de patatas justru menggunakan kombinasi telur dan kentang. Selain itu, tekstur tortilla de patatas lebih tebal daripada omelet—sekilas ketebalannya menyamai pizza.

  1. Albondigas

Makanan Murah

Albondigas

Siapa bilang, bakso hanya ada di Indonesia? Kota Madrid juga punya makanan khas mirip bakso yang disebut albondigas. Bahan dasar kuliner ini dari daging dengan potongan telur rebus di dalamnya. Sebagai pelengkap, minyak zaitun, roti, serta susu turut diolah bersama adonan daging dan telur.

  1. Pan Con Tomate

Makanan Murah

Pan Con Tomate

Pan con tomate awalnya dipopulerkan di Kota Valencia, Andalusia, Balearic, dan Catalunya. Namun, sebenarnya, pan con tomate berasal dari Catalunya. Karena itulah, makanan ini dijadikan sebagai hidangan nasional—identitas Catalunya.

Hidangan pan con tomate terbuat dari roti; sebagian dimasak dengan cara dipanggang. Permukaan makanan tersebut digosok menggunakan tomat dan diberi minyak zaitun. Selain itu, ada tambahan garam untuk memberikan cita rasa (sedikit) asin.

Setelah matang, pan con tomate dihidangkan untuk makan malam. Kalau ingin diet dengan menu ini, Anda bisa menyantapnya saat sarapan. Sebaliknya, bagi yang suka camilan, pan con tomate cocok untuk konsumsi sehari-hari.

  1. Patatas Bravas

Makanan Murah

Patatas Bravas

Masakan khas Madrid yang didominasi oleh kentang, salah satunya adalah patatas bravas. Sekilas, patatas bravas mirip sambal goreng kentang. Namun, potongan bentuk patatas bravas lebih besar dan padat. Bumbunya pun hanya menggunakan mayones atau saus pedas berbahan tomat.

Patatas bravas biasanya disajikan sebagai hidangan pembuka di restoran ternama di Kota Madrid. Meski begitu, Anda bisa membuat patatas bravas di rumah karena bahan-bahannya mudah didapat. Selain itu, cara memasaknya pun mudah; cukup digoreng dan ditumis bersama bumbu yang sudah dihaluskan.

 

Demikian ulasan seputar makanan murah khas Madrid, Spanyol, yang bisa Anda jadikan referensi bersantap. Pastikan Anda mengunjungi tempat wisata kuliner terbaik di Kota Madrid untuk mendapatkan hidangan lezat dan murah. Butuh info lokasinya? RCKTrip siap membantu Anda.

RCKTrip menghadirkan artikel liputan seputar info penginapan, kuliner, dan destinasi wisata. Jadi, ke mana pun destinasi Anda, infonya tetap dari RCKTrip. Yuk, klik website RCKTrip dan mulailah jelajahi Madrid!