Berburu makanan halal saat jalan-jalan di China tidak lagi menjadi halangan. Anda bisa pergi ke area yang memiliki populasi muslim cukup besar. Xinjiang adalah wilayah otonomi yang banyak dihuni suku muslim, terutama Uyghur. Berbagai makanan di daerah ini tidak hanya lezat, tetapi juga aman dikonsumsi oleh umat Islam.

Pusing karena terlalu banyak pilihan makanan? Siapkan perut Anda untuk menjajal tujuh makanan halal khas Xinjiang ini.

1.  Kawap

Xinjiang

Kawap

Kawap adalah nama lokal untuk kebab, hidangan mirip sate tetapi dengan ukuran daging agak besar. Makanan ini biasanya terbuat dari daging domba, tetapi Anda bisa menemukan versi yang terbuat dari daging ayam, daging sapi, dan hidangan laut. Uniknya, pusat-pusat turisme bahkan menjual kawap yang terbuat dari serangga seperti jangkrik dan belalang.

2.  Sanzi

Xinjiang

Sanzi

Sanzi adalah makanan khas Xinjiang berupa kue renyah berbentuk panjang mirip mi. Jajanan yang biasa disajikan di rumah-rumah ini digoreng dalam minyak panas dan dibentuk menjadi piramida menggunakan sepasang sumpit. Walau bahannya sederhana, bentuk sanzi yang unik membuatnya mudah menarik perhatian.

Rasa sanzi mirip dengan berbagai kue renyah berbahan adonan lainnya. Masyarakat Xinjiang sering menyajikannya dalam tumpukan tinggi selama hari-hari istimewa, misalnya dalam perayaan setelah Ramadhan. Saat hari biasa, Anda bisa menemukan sanzi di kios pinggir jalan, pasar, toko kue, atau gerobak keliling.

 

3.  Ququ

Xinjiang

Ququ

Pangsit adalah salah satu kuliner populer Tiongkok yang memiliki berbagai variasi. Ququ merupakan versi Xinjiang dan biasanya disajikan sebagai pangsit rebus. Kulitnya sangat lembut seolah larut di mulut, sedangkan isiannya kaya rasa. Ququ dihidangkan dalam kuah kental berwarna agak gelap.

Ququ biasanya berisi cacahan daging domba atau sapi yang dibumbui lada, bawang, garam, dan bumbu kari. Seporsi ququ cukup mengenyangkan dan terkadang masih ditambah potongan kentang, cocok untuk pengisi perut saat Anda berkeliling Xinjiang.

 

4.  Nang/Naan

Xinjiang

Nang

Pernahkah Anda mendengar tentang roti tanpa ragi (naan) dari India? Nang adalah versi China dari roti tersebut. Berbahan baku terigu dan sedikit tepung jagung, Nang adalah kuliner sarapan Xinjiang yang halal dan mengenyangkan. Roti ini berbentuk bulat dan berwarna keemasan, lengkap dengan taburan wijen. Teksturnya renyah dan cukup mengenyangkan.

 

5.  Lamian/Laghman

Xinjiang

Lamian

Lamian/laghman adalah “mi tarik” buatan tangan ala Tiongkok, yang dibuat dengan mengulur dan merentangkan adonan hingga membentuk helai-helai tipis. Teksturnya sedikit tebal sehingga satu porsinya cukup mengenyangkan. Lamian versi Xinjiang biasanya dimasak dengan kuah kecap kental, dan ditaburi sayuran, daging sapi atau ayam.

 

6.  Samsa

Xinjiang

Samsa

Kuliner halal Xinjiang banyak yang terpengaruh negara lain seperti India dan Turki. Samsa, misalnya, merupakan versi Asia Tengah dari samosa, yaitu semacam adonan berbentuk segitiga dari India dengan beragam isian. Samsa biasanya berisi cacahan daging domba dan bawang, tetapi ada variasi lainnya seperti daging sapi, ayam, bahkan keju.

Tidak seperti versi Indianya, samsa dimasak dengan cara dipanggang, bukan digoreng. Makanan ini biasanya dimasak dengan oven tanah liat tradisional bernama tandoor, yang bentuknya mirip guci tinggi. Samsa biasanya dijual di kios kecil atau pasar, tetapi Anda juga bisa menemukannnya sebagai bagian dari hidangan sampingan di kedai atau restoran.

 

7.  Polu

Xinjiang

Polu

Polu adalah hidangan nasi berbumbu mirip pilaf ala Timur Tengah. Sepintas, hidangan ini mirip nasi goreng karena nasinya berwarna gelap. Akan tetapi, warna gelap ini berasal dari beragam bumbu seperti cabai, lada, ketumbar, dan sebagainya. Tidak seperti pilaf yang dikukus, polu dimasak perlahan dalam kaldu sayuran sampai matang. Polu biasanya dimakan bersama daging domba, sapi, atau ayam.

 

Jangan lupa mencicipi semua makanan ini saat berkunjung ke Xinjiang. Agar perjalanan lebih lancar, pastikan Anda membaca panduan perjalanan di RCKTrip, sumber informasi dan tips wisata lengkap untuk semua jenis pelancong. Buat wisata kuliner Anda lebih menyenangkan dan kunjungi RCKTrip sekarang juga.