Bukan rahasia lagi kalau Australia punya beragam pesona alam yang menakjubkan. Tidak hanya menjadi satu-satunya benua yang berbentuk negara, Australia punya bumerang, suku asli Aborigin hingga berbagai spot wisata yang menakjubkan.

Lanskap Australia sangat luas dan beragam. Mulai dari kawasan hutan hujan dengan hewan-hewan liarnya, gurun, sungai gunung-gunung yang berbaris, hingga panorama bahari yang menakjubkan. Bagi pencinta alam, apa saja yang bisa disaksikan saat berkunjung ke sini?

  1. Great Barrier Reef

Pesona Alam

Great Barrier Reef

Destinasi wisata satu ini sempat masuk ke dalam kandidat 7 Keajaiban Dunia yang baru. Meski gagal masuk, tapi Great Barrier Reef tetaplah sebuah panorama alam menakjubkan yang dimiliki Australia. Tempat ini merupakan satu-satunya titik di bumi yang bisa dilihat dari luar angkasa.

Terbentuk 25 juta tahun lalu, sistem karang terbesar di dunia ini membentang sejauh 3.000 kilometer di Queensland. Ada setidaknya 400 jenis karang dengan 1.500 lebih spesies ikan yang hidup di Great Barrier Reef.

  1. Uluru

Pesona Alam

Uluru

Uluru merupakan situs suci bagi penduduk asli Anangu. Mereka bahkan melarang orang-orang untuk tidak mendaki monolit batu pasir yang berada 450 kilometer arah barat daya Alice Springs, Taman Nasional Uluru-Kata Tjuta ini. Memiliki tinggi 348 meter dan keliling 9,4 kilometer, pesona alam ini terkenal karena warnanya yang unik. Terutama saat menjelang matahari terbenam.

  1. Shark Bay

Pesona Alam

Shark Bay

Sekitar 800 kilometer ke arah utara Perth, Anda akan menemukan pantai dengan tebing sepanjang 1.500 kilometer dan batu kapur yang membentuk huruf W. Teluk dengan semenanjung dangkal ini merupakan rumah bagi 10.000 duyung serta beragam spesies yang terancam punah. Ada beragam spesies rumput laut dan lumba-lumba yang juga hidup di sini.

Tempat ini konon menjadi lokasi pendaratan orang Eropa untuk pertama kalinya di Australia. Dulu mereka sama sekali tidak terkesan dengan tempat ini.

  1. The Pinnacles

Pesona Alam

The Pinnacles

Perjalanan 3 jam dari Perth akan membawa Anda ke The Pinnacles. Panorama alam satu ini terbuat dari batu kapur yang formasinya sudah terbentuk sejak 30.000 tahun yang lalu. yaitu saat lautan surut dan meninggalkan endapan kerang di pinggir pantai. The Pinnacles muncul menyerupai tonjolan pasir yang unik di Taman Nasional Nambung. Di sini Anda juga bisa menemukan kanguru kelabu, emu hingga berbagai jenis reptil.

  1. The Twelve Apostle

Pesona Alam

The Twelve Apostle

Salah satu panorama Alam Australia lain yang juga tak kalah memukau adalah The Twelve Apostle. Sebagai sebuah struktur alami ikonik di Great Ocean Road, Victoria, tempat ini juga merupakan salah satu atraksi yang tidak pernah gagal menarik perhatian turis. Berada di lepas pantai, formasi unik ini juga akan terus terkikis karena air laut.

Meskipun diberi nama The Twelve Apostle, di sini hanya ada 9 buah formasi batuan (salah satunya sudah ambruk dan sekarang hanya tersisa 8). Karena erosi air laut yang terus menerus menerpa, formasi batuan ini akan terkikis dengan kecepatan 2 sentimeter per tahun.

  1. Air Terjun MacKenzie

Pesona Alam

Air Terjun MacKenzie

Air terjun terbesar di Taman Nasional Grampians ini dipenuhi dengan kanguru. Pegunungan batu pasir yang berada 235 kilometer di sebelah barat Melbourne ini memang memiliki panorama alam yang ciamik dan sayang jika dilewatkan. Di Air Terjun MacKenzie ini, air jatuh dari ketinggian 30 meter ke ngarai sepanjang tahun. Efeknya akan muncul kabut pelangi yang menakjubkan di bawah sinar matahari.

  1. Fraser Island

Pesona Alam

Fraser Island

Fraser Island atau Pulau Fraser merupakan pulau pasir terbesar di dunia. Dengan panjang 123 kilometer dan lebar 22 kilometer, pulau ini membentang di ujung Great Sandy Straight. Dilengkapi dengan hutan hujan, bukit pasir setinggi 240 meter ini juga punya 100 danau air tawar dan beragam satwa liar termasuk dingo.

Dengan segala kelebihan yang ditawarkan, 7 pesona alam milik Australia ini memang wajib masuk dalam daftar kunjungan Anda. Ingin tahu apalagi yang menarik di negeri kanguru ini? Simak informasi lengkapnya di RCK Trip.