Uni Emirat Arab merupakan salah satu negara di Timur Tengah yang dikenal dengan gedung-gedung pencakar langitnya. Tapi selain itu, negara yang berdiri pada tahun 1971 ini juga menyimpan pesona situs bersejarah yang tak kalah menarik.

Bagi Anda yang menyukai wisata sejarah, mengunjungi tempat-tempat historis ini akan memperdalam pengetahuan Anda tentang budaya Emirat Arab. Termasuk bagaimana kehidupan di negara tersebut sebelum bangunan-bangunan tinggi nan mewah berdiri gagah di sana.

  1. Al Fahidi Fort

Situs Bersejarah

Al Fahidi Fort

Al Fahidi Fort atau Benteng Al Fahidi dibangun pada tahun 1787 di dekat Sungai Dubai. Awalnya tempat ini merupakan kediaman raja sekaligus benteng pertahanan. Dengan struktur khusus, bangunan ini memiliki banyak kegunaan lain selama bertahun-tahun. Selain pernah dijadikan gudang senjata, tempat ini juga pernah menjadi penjara. Hari ini, Benteng Al Fahidi adalah salah satu museum kota yang paling populer.

  1. Jazirat Al Hamra

Situs Bersejarah

Jazirat Al Hamra

Bagi Anda yang suka sejarah dan ingin menguji adrenalin, situs bersejarah Jazirat Al Hamra merupakan destinasi yang wajib dikunjungi. Menurut cerita rakyat, tempat ini konon dihantui oleh jin. Meskipun tidak menjamin Anda akan melihat penampakan, ada rumah-rumah tua dan masjid dari abad ke-14 yang menarik untuk dilihat.

  1. Qasr Al Muwaiji

Situs Bersejarah

Qasr Al Muwaiji

Salah satu tempat paling bersejarah di Uni Emirat Arab adalah tempat kelahiran Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan yakni Qasr Al Muwaiji. Tempat ini sekarang dikelola oleh Lembaga Pariwsata Abu Dhabi. Di dalamnya Anda bisa memperoleh gambaran kondisi Uni Emirat Arab sebelum negara tersebut jadi seperti saat ini.

  1. Hatta Heritage Village

Situs Bersejarah

Hatta Heritage Village

Desa kecil yang diperkirakan berusia 2.000-000 tahun ini merupakan lokasi yang ideal bagi Anda yang ingin menjelajahi kehidupan masyarakat di pinggiran Dubai. Hatta Heritage Village sudah direnovasi dan dibuka untuk umum pada tahun 2001. Di sana, pengunjung dapat melihat bangunan asli serta dua kastil dan benteng.

Bagi yang penasaran dengan kehidupan masyarakat setempat ribuan tahun yang lalu, Anda  bisa melihatnya melalui berbagai senjata asli yang pernah dipakai. Tidak hanya itu, berbagai prototipe kehidupan kuno juga bisa Anda saksikan di sana.

  1. Masjid Al Badiyah

Situs Bersejarah

Masjid Al Badiyah

Al Badiyah merupakan masjid tertua yang masih berdiri di Uni Emirat Arab. Terletak di kawasan Emirat Fujairah, masjid ini diyakini berasal dari abad ke-15. Tampilannya sangat berbeda dengan masjid-masjid modern yang ada di negara tersebut.

Tidak seperti Masjid Agung Sheikh Zayed di Abu Dhabi yang megah dan dihiasi permata, Masjid Al Badiyah tampil dengan kesederhanaannya. Dengan ukuran yang kecil, masjid ini memberikan gambaran suasana pedesaan sekaligus kehidupan di kawasan tersebut sebelum Uni Emirat Arab berkembang pesat seperti sekarang.

  1. Al Bastakiya

Situs Bersejarah

Al Bastakiya

Bangunan yang kini difungsikan sebagai museum dan galeri ini adalah situs bersejarah penting bagi Uni Emirat Arab. Situs ini merupakan kawasan perumahan tertua yang ada di Dubai, tepatnya berasal dari abad ke-19. Bangunan-bangunan di Al Bastakiya dibuat dari batu koral, lumpur, gypsum dan kayu pohon palem. Struktur tersebut membantu penduduk mengatasi suhu tinggi di kawasan tersebut.

  1. Meseum Peradaban Islam Sharjah

Situs Bersejarah

Meseum Sharjah

Museum Peradaban Islam Sharjah merupakan tempat menyimpan ribuan artefak bukti kejayaan Islam pada masa lampau. Museum ini juga menjadi rumah bagi beragam koleksi sejarah yang menggambarkan berbagai aspek kehidupan di sana. Mulai dari agama, ilmu pengetahuan umum, seni, hingga budaya Islam.

Itulah 7 situs bersejarah di Uni Emirat Arab yang layak dikunjungi dan bermanfaat menambah khazanah pengetahuan Anda seputar Uni Emirat Arab. Untuk informasi lebih lengkap seputar negara-negara Timur Tengah lainnya, temukan artikel menariknya hanya di RCK Trip.