Melakukan perjalanan secara backpacker ke luar negeri adalah hal yang sangat menyenangkan bagi beberapa orang. Alasannya sederhana saja, mereka bisa melakukan perjalanan dengan modal pas-pasan dan tetap bisa menikmati liburan. Apalagi di negeri orang yang apa saja mungkin lebih mahal.

Meski menyenangkan, melakukan perjalanan ke luar negeri seperti Singapura secara solo dan backpacker tidak mudah. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar esensi dari backpacker bisa berjalan dengan baik. Berikut tips backpacker solo ke Singapura untuk pemula.

  1. Pesan Tiket yang Murah

Backpacker ke Singapura

Tiket Pesawat

Hal pertama yang harus dilakukan kalau ingin melakukan perjalanan ke Singapura adalah beli tiket pesawat. Karena Anda akan ke sana secara backpacker, ada baiknya untuk membeli tiket yang sedang promosi agar mendapatkan harga yang terjangkau untuk datang dan pulang.

Setiap tahun selalu ada promosi tiket pesawat yang memiliki harga murah dan bisa dipesan jauh-jauh hari. Pesan tiket itu lalu rencanakan perjalanan ke Singapura dengan baik untuk meminimalkan gangguan.

  1. Memilih Lokasi Akomodasi yang Tepat

Backpacker ke Singapura

Clarke Quay

Singapura dikenal sebagai negara dengan biaya kehidupan paling mahal di kawasan Asia Tenggara. Tidak mengherankan kalau apa saja di negara itu jadi mahal termasuk akomodasi atau penginapannya.

Pilih lokasi menginap yang tepat seperti Little India, Clarke Quay. Kawasan ini memiliki banyak penginapan murah yang harga nyaris sama dengan penginapan bujet yang ada di Indonesia.

  1. Selalu Gunakan MRT

Backpacker ke Singapura

MRT Singapore

Kalau lokasi wisata cukup dekat ada baiknya Anda jalan kaki saja. Namun, kalau tempat wisatanya agak jauh, ada baiknya untuk menggunakan MRT. Penggunaan MRT dilakukan karena transportasi ini cenderung lebih murah dan menjangkau banyak tempat di Singapura. Belilah kartu EZ Link di stasiun untuk melakukan perjalanan MRT dengan mudah.

  1. Pilih Lokasi Makan yang Tepat

Backpacker ke Singapura

Hawker Center

Harga makanan di kawasan Singapura memang dikenal sangat tinggi. Meski demikian ada beberapa tempat yang menawarkan harga lebih murah. Anda bisa datang ke beberapa kawasan kuliner setempat seperti Hawker Center. Di sana ada banyak makanan murah yang bisa dipilih sesuai selera.

  1. Bawa Bekal Saat Bepergian

Backpacker ke Singapura

Membawa Bekal

Bawa bekal ke mana saja kalau Anda ingin hemat. Kalau tidak membawa bekal makanan Anda bisa membawa air. Harga air mineral di Singapura cukup mahal, kalau Anda hobi minum bisa saja boros. Oh ya, bawa juga wadah bekal, wadah ini bisa dipakai untuk membawa makanan pulang ke hotel kalau tidak habis saat makan di kedai.

  1. Jangan Mudah Tergiur dengan Tawaran

Backpacker ke Singapura

Jangan Mudah Tergiur

Aturan pertama saat melakukan perjalanan ke luar negeri secara solo adalah selalu berhati-hati dengan banyak hal. Apalagi kalau Anda seorang wanita. Meski Singapura aman, tindak kejahatan masih saja ada termasuk penipuan.

Kalau Anda mendapatkan tawaran yang aneh seperti akomodasi hingga mungkin benda tertentu, lebih baik menolak. Kalau dipaksa, segera ke keramaian atau menghubungi pihak keamanan terdekat.

  1. Buat Rencana Perjalanan yang Baik

Backpacker ke Singapura

Rencana Perjalanan

Transportasi di Singapura cukup menguras bujet apalagi Anda melakukan perjalanan secara backpacker. Oleh karena itu buat rencana perjalanan yang benar-benar detail lengkap dengan transportasinya. Kalau Anda tidak memiliki rencana yang jelas, kemungkinan kesasar akan besar dan boros di transportasi.

Dengan mengikuti beberapa tips di atas, perjalanan solo backpacker Anda ke Singapura bisa berjalan dengan lancar. Persiapkan semua hal dengan baik dan jangan mendadak. Kalau persiapan sudah matang barulah berangkat untuk meminimalkan masalah yang muncul.

Informasi tambahan terkait wisata di Asia dan dalam negeri negeri, jangan lupa untuk selalu buka RCKTrip.com, ya!