Bagi traveler, Eropa kerap menduduki peringkat teratas destinasi impian. Benua Eropa memang mempunyai banyak hal menarik yang bisa Anda eksplorasi lebih jauh, termasuk jika Anda memilih untuk solo traveling.

Sebelum menyimak tips berwisata seorang diri, ada banyak alasan mengapa Eropa menjadi destinasi tepat untuk solo traveler. Eropa punya berbagai atraksi menarik yang sarat nilai sejarah dan keragaman budaya. Gaya hidup modern bisa bersanding selaras dengan bangunan kuno yang masih terawat apik.

Lautan biru dan udara hangat di Eropa bagian selatan cocok untuk pecinta laut. Kalau Anda penasaran bagaimana tinggal di negara sedingin es, bisa meluncur ke negara-negara Skandinavia. Plus, traveling lintas negara di Eropa begitu mudah dengan infrastruktur transportasi yang memadai.

Sekarang Anda tinggal menyimak 7 tips berwisata seorang diri keliling Eropa supaya bisa menikmati proses perjalanan ini.

1.      Pesan akomodasi di hostel atau hotel kecil

Tips Berwisata Seorang Diri

Hostel

Benar bahwa menginap di Eropa menguras kantong. Namun, Anda bisa mengandalkan penginapan di hostel atau hotel kecil. Kalau Anda jeli, banyak hotel kecil di Eropa yang menawarkan harga khusus bagi solo traveler.

Alternatif lain, Anda bisa menginap di hostel dengan fasilitas kamar mandi bersama. Selain lebih hemat, sekamar dengan traveler dari negara lain mendorong Anda terbuka pada pertemanan baru.

2.      Coba berbaur dan berinteraksi dengan sesama traveler

Akomodasi seperti hostel atau hotel kecil sengaja dirancang untuk membuka ruang berinteraksi bagi para tamu. Keberadaan ruang duduk, dapur, ruang makan, dan kamar mandi bersama memungkinkan Anda bertemu dengan sesama traveler.

Cobalah berbaur dan mulai percakapan ringan, seperti tempat wisata atau tempat makan enak di sekitar penginapan. Siapa tahu Anda akan memperoleh informasi wisata unik yang tidak akan Anda baca di panduan turis.

3.      Angkat kepala dan lihat sekeliling Anda

Tips Berwisata Seorang Diri

Tips Berwisata

Ponsel pintar sering jadi “penyelamat” instan saat Anda berjalan seorang diri. Kadang Anda sibuk merekam semua momen. Namun, hal ini justru membuat Anda kehilangan makna solo traveling.

Maka, hentikan kebiasaan mengecek ponsel setiap menit. Angkat kepala dan lihat sekeliling Anda. Coba sapa beberapa orang yang Anda temui, seperti pemilik hotel, traveler lain, penjaga museum, atau pemandu wisata.

4.      Jadikan makan siang sebagai makan besar

Tips berwisata berikutnya, manfaatkan fasilitas sarapan di penginapan untuk berhemat. Sisanya, Anda bisa fleksibel mengatur waktu makan. Apalagi, pasar lokal di berbagai kota Eropa kerap menawarkan jajanan kaki lima yang unik.

Lalu, Anda bisa memilih makan siang sebagai waktu makan besar. Umumnya, berbagai restoran di Eropa menawarkan harga lebih terjangkau pada jam makan siang. Plus, karena suasana restoran lebih santai, Anda bisa duduk agak lama dan menikmati waktu makan siang.

5.      Jelajahi sendiri atau ikuti tur singkat

Pemilik atau pegawai penginapan bisa jadi rujukan Anda dalam mencari tur keliling kota dengan harga murah. Mereka juga senang berbagi info mana saja tempat nongkrong menarik yang populer di kalangan warga lokal.

Mengikuti tur singkat ke beberapa tempat populer, seperti museum, bagus untuk membuka cakrawala Anda tentang kota tersebut. Namun, menjelajahi sendiri dengan berjalan kaki atau mengikuti tur bus tak kalah seru untuk dicoba.

6.      Pakai transportasi publik untuk menikmati kota

Tips Berwisata Seorang Diri

Transportasi Publik

Berencana mampir ke beberapa negara Eropa sekaligus? Mayoritas solo traveler memilih kereta sebagai transportasi andalan. Kemungkinan besar Anda akan duduk berdampingan dengan satu orang asing. Jadi, ada peluang Anda punya teman baru atau mengetahui informasi menarik dari orang lokal.

Begitu juga saat berada di kota tujuan. Daripada naik taksi yang ongkosnya tidak murah, berjalan kaki, naik bus, atau memakai jaringan kereta komuter tetap jadi pilihan utama. Sebagai contoh, Anda bisa naik double-decker bus atau mencoba London Underground untuk menjelajahi London.

7.      Dorong diri keluar dari zona nyaman

Tips Berwisata Seorang Diri

Zona Nyaman

Terakhir, dorong diri Anda untuk keluar dari zona nyaman. Solo traveling jadi momen tepat menguji diri dengan berbagai pengalaman yang belum pernah Anda lakukan. Lakukan hal berbeda di luar kebiasaan dan bangun pengalaman baru yang akan membuat perjalanan Anda lebih berkesan.

Demikian 7 tips berwisata seorang diri keliling Eropa yang bisa Anda praktikkan. Anda bebas melakukan apa pun saat jalan-jalan sendirian. Sesekali mencoba hal di luar kebiasaan pun tidak dilarang. Jadikan proses perjalanan ini sebagai ajang mengenali diri sendiri lebih dalam.

Jangan lupa cek RCKTrip.com untuk rekomendasi destinasi wisata Eropa maupun berita dan informasi seputar wisata lainnya. Selamat berpetualang di Benua Biru!