Swiss memiliki sejumlah destinasi wisata menarik untuk RCK Lovers kunjungi. Salah satunya, Aare river.

 

Wisata Sungai Aare, Bern, Swiss

Aare river, Swiss merupakan sungai terindah di dunia. Selain lanskapnya cantik, Aare juga mendapat gelar sungai terpanjang, yaitu 295 km.

Anak sungai Rhine yang mempunyai penampakan air hijau kebiruan ini mengalir mengitari tiga sisi kota seluas 17.779 km².

Pada musim panas, banyak warga sekitar maupun turis berenang di sini. Arusnya tergolong kuat, namun warga tetap bisa menikmati area sekitar sungai Aare dengan mengapung mengikuti arus sungai.

Selain itu, Aare juga tercatat sebagai warisan tradisi budaya tak benda di UNESCO.

 

Fakta Menakjubkan Sungai Aare

Selain sebagai sungai terpanjang nan indah, ternyata Aare river Bern memiliki beberapa fakta menakjubkan.

Berikut ulasannya.

 

1.      Banyak Tempat Wisata di Sekitar Sungai

Di sini, kamu bisa berjalan santai menikmati keindahan di sekitar sungai atau beraktivitas air. Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi ragam wisata di sekitar sungai.

Bukan hanya objek wisata sungai Aare, fasilitas sekitar juga lengkap. Mulai hotel, tempat makan, sampai layanan publik lain.

Contoh wisata sungai Aare Rose Garden dan taman terindah di Bern. Bila kamu sudah selesai berenang, kamu juga bisa mengunjungi taman satwa Bern Animal Park.

Selain itu, ada juga wahana arung jeram di sungai Aare. Namun, kamu harus piawai berenang untuk melakukannya karena arusnya yang relatif kuat.

Di sisi lain, sebelum menceburkan diri, kamu harus mencari tahu kondisi sungainya. Seperti suhu dan debit air. Pastinya, pakai alat keselamatan lengkap untuk antisipasi hal tak terduga.

Fakta lainnya, aktivitas arung jeram ini pernah meraih rekor dunia pada tahun 2012 karena ada 1.268 orang melayari sungai dari Kiesen ke Eichholz memakai perahu karet.

 

2.      17 Jembatan Membentang

Fakta kedua, yaitu ada 17 jembatan melintasi Aare. Jumlah ini belum termasuk jembatan untuk kereta api dan jalan raya.

Salah satunya, yaitu jembatan tertua Swiss Untertor atau Untertorbrücke. Pembangunan jembatan yang selesai pada tahun 1487 ini menghubungkan distrik Matte dan Altenberg.

Pada abad 19, jembatan ini menjadi jalur utama pejalan kaki maupun kendaraan untuk ke Kota Bern.

 

3.      Jalur Kereta Gantung Marzilibhan

Selanjutnya, sungai Aare juga digunakan sebagai pembangkit listrik untuk operasional kereta gantung Marzilibhan.

Jalur Marzilibhan terbilang pendek, yaitu 105 meter. Jalur ini menghubungkan tiga titik, dari distrik Marzili, gedung parlemen, juga sentral Kota Bern.

Selain ketiga fakta di atas, ternyata banyak sekali hal menarik dari Aare river ini. Seperti kualitas airnya yang bagus dan suhu sungai Aare yang berubah-ubah juga pernah memecahkan rekor.

Oh ya, info lain terkait informasi wisata dan kuliner dalam dan luar negeri, jangan lupa untuk mampir atau menghubungi RCKTrip.com, ya!