Alcatraz merupakan pulau di San Fransisco Amerika Serikat. Sejak tahun 1850 pulau ini menjadi pusat pertahanan militer Amerika yang selanjutnya fungsinya berubah menjadi penjara yang terkenal angker.

Siapa yang sudah masuk ke penjara ini konon tak akan bisa lolos. Kalau kamu pernah menonton tayangan film The Birdman of Alcatraz, di sana menceritakan fakta mengerikan seorang yang ada di penjara pulau ini tak akan bisa lolos.

Seperti apa sebenarnya sejarah dan pesona wisata di tempat ini?

Sejarah Alcatraz Sebagai Penjara Menyeramkan

Alcatraz, Dikenal Sebagai Penjara yang Menyeramkan

Alcatraz history dahulunya merupakan penjara bagi penjahat-penjahat kelas kakap di Amerika Serikat. Oleh karena itu, di penjara ini pengamanannya sangat ketat yang tidak memungkinkan tahanan bisa lolos. Penjara ini aktif pada tahun 1943 hingga 1963.

Pulau ini menjadi pengasingan penjara yang ekstrim karena tidak terhubung dengan daratan. Kawasan perairan yang mengelilinginya merupakan lautan dengan suhu air yang sangat dingin.

Sebanyak 36 orang tahanan pernah mencoba kabur. 23 orang di antaranya berhasil tertangkap kembali, 2 orang tewas tenggelam, 6 orang tertembak, dan 5 orang lagi menghilang. Prediksinya para tahanan tersebut tenggelam dalam suhu air yang ekstrim.

Tempat ini menjadi tempat tinggal para narapidana buronan FBI. Alcatraz movie cukup populer mendeskripsikan cerita-cerita kehidupan di pulau menyeramkan tersebut. RCK Lovers tentunya menyimak film Escape from Alcatraz (1979), Alcatraz (2019), Alcatraz Prison Escape (2015), dan lainnya.

Kini Menjadi Wisata yang Indah

Salah Satu Destinasi Wisata Terbaik Ada di Alcatraz

Pihak Amerika Serikat menutup secara resmi penjara ini sejak tahun 1963. Sejak itu, tempat ini menjadi pusat wisata sejarah yang menarik bagi wisatawan.

Di pulau ini kamu bisa menyaksikan sebuah mercusuar tua yang bersejarah. Koloni burung-burung laut seperti camar, egret, dan gannet cukup banyak di pulau ini. Kamu juga bisa menyaksikan keindahan pemandangan di sepanjang pantai San Francisco.

Kalau kamu ingin berkunjung ke pulau tersebut, Alcatraz tickets mulai dari harga Rp1 jutaan saja. Melihat langsung lokasi bersejarah di Amerika yang selama ini kamu saksikan melalui tayangan film-film box office.

Gimana RCK Lovers? Kamu tertarik berkunjung ke tempat wisata yang penuh cerita dan inspirasi ini? Booking tiket sekarang untuk liburan ke Alcatraz, Amerika Serikat. Sebelum berangkat, pastikan kamu sudah membaca tips-tips travelling dari RCKTrip.