Piazza Venezia atau disebut dengan The Palazzo Venezia, atau Altare Della Patria, merupakan istana yang terletak di tengah kota Roma, Italia. Yakni tepat berada di sisi utara Bukit Capitoline. 

Sekilas tentang Altare Della Patria

Altare Della Patria

Bangunan ini memiliki struktur asli berupa kompleks arsitektur berukuran besar, yang berasal dari abad pertengahan. Istana ini berfungsi sebagai tempat hunian para kardinal dari gereja San Marco, Venezia. Mereka adalah perwakilan yang bermukim di ibukota Italia tersebut. 

Istana memiliki banyak nama dan membuat banyak orang sering terkecoh. Saat kamu menyebutkan Piazza Venezia, orang setempat akan menyebutnya sebagai rumah dari para kardinal Venezia. Namun, saat kamu menyebutkan The Altare Della Patria, maka kamu akan menemukan lokasi yang kamu maksud.

RCK Lovers, bangunan ini merupakan bentuk penghormatan terhadap Victor Emmanuel II, atau sosok yang menjabat sebagai raja pertama dari negara Italia yang sudah bersatu.

Keunikan Bangunan Istana Altare Della Patria

Colosseum

Istana ini juga memiliki nama lain Monumento Nazionale Vittorio Emanuelle II. Desain bangunan ini dikerjakan oleh Giuseppe Sacconi, tepatnya pada 1885. 

Pada bagian tiang bergaya menggunakan Corinthian, kemudian patung dan relief yang cantik. Patung tersebut merupakan hasil pahatan pematung Leonardo Bistolfi dan Angelo Zanelli.

Tingginya sekitar 70 meter dan lebar 135 meter. Patung-patung yang berada di bangunan tersebut menggunakan bahan berupa batu marmer. Yakni white carrara. Batu ini berwarna putih dan cemerlang. Ketika terkena sinar matahari, warnanya semakin terang memancar. 

Saat sang arsitek merancangnya, ia berusaha keras untuk menjadikan bangunan ini sebagai simbol geografis sekaligus alegoris Italia. Untuk itu, ia membuat beberapa simbol dan patung yang berada di bagian alter. Kemudian, air mancur di ujung tugu sebagai simbol laut semenanjung negara tersebut.

Lalu, lingkaran friezes di sisi atas monumen sebagai gambaran wilayah negara tersebut. Ada pula museum sebagai simbol penyatuan negara.

Lokasi dan Harga Tiket

Harga Tiket Altare Della Patria

Bangunan ini berada tak jauh dari Colosseum, kurang lebih satu kilometer dari lokasi bersejarah tersebut. Kamu bisa melihat pemandangan kota Roma yang begitu indah jika menaiki bangunan ini. 

Untuk kamu yang ingin berkunjung dan memasuki kawasan Altare Della Patria, bisa membeli tiket melalui situs Headout dengan harga 25 Euro.