Bukan hanya kaya sejarah, Ayutthaya ternyata menyimpan banyak hal menarik lain, yakni

  • istana raja-raja Thailand,
  • tur perahu, dan
  • makanan lezat.

Berikut beberapa informasinya.

Ibu Kota Provinsi Ayutthaya, Thailand

Ayutthaya adalah ibu kota Provinsi Ayutthaya, Thailand yang memiliki penduduk kurang lebih 52.952 jiwa. Kota ini didirikan oleh Raja U-Thong pada tahun 1350 untuk menjadi ibu kota Kerajaan Siam.

Ayutthaya juga bisa dieja dengan Ayudhya, Ayuthia, atau Ayuthaya. Letaknya ada di Thailand tengah, berjarak 89 km arah utara Bangkok.

Aktivitas Terbaik di Ayutthaya, Thailand

Di sini, terdapat situs candi besar, kuil, patung kuno, dan masih banyak hal menarik yang bisa kamu lakukan. Di antaranya adalah:

1. Kunjungi Wat Phra si Sanphet

Ini adalah salah satu kuil terbaik di Ayutthaya juga landmark-nya. Bentuknya berupa reruntuhan kuil kerajaan agung dengan tiga menara yang sudah mengalami restorasi. Jika ingin tahu seperti apa bentuk aslinya, kamu bisa memperhatikan maket di dekat pintu masuk.

2. Ayutthaya Night Market

Pasar Malam di Ayutthaya Sangat Menarik

Seperti namanya, pasar ini buka pada malam hari. Pasar malam ini juga menjadi tujuan para backpacker untuk wisata kuliner Thailand. Hal ini karena banyak produk makanan khas Thailand yang murah.

Apalagi lokasinya tidak sulit dijangkau, dekat dengan kota tua menjadikannya tujuan paling pas untuk makan malam. Selain makanan, ada zona belanja untuk yang gemar shopping, yakni di belakang zona makanan.

3. Berkeliling di Istana Musim Panas Raja-Raja Thailand Bang Pa-In

Melihat Istana  Musim Panas di Ayutthaya

Bang Pa-In Palace adalah istana mewah abad ke-19 yang terbuka untuk umum. Istana ini dulunya dipakai oleh raja-raja Thailand sebagai tempat tinggal ketika musim panas. Selama di sini, kamu akan merasakan suasana eksotis era 70-an.

4. Kenakan Pakaian Tradisional di Wat Chaiwatthanaram

Wat Chaiwatthanaram merupakan bekas biara kerajaan yang terletak di Sungai Chao Phraya. Candi ini menampilkan reruntuhan dengan beberapa patung masih utuh. Candi utamanya bertinggi 35 meter dengan 4 candi kecil yang mengelilinginya.

Di depan candi, tersedia tempat persewaan kostum tradisional Thailand. Kamu bisa menyewanya jika ingin berjalan-jalan dan berfoto ala Thailand.

5. Tur Perahu dari Ayutthaya ke Bangkok

Keseruan Tur Perahu Ayutthaya

Thailand dikelilingi oleh sungai-sungai besar dan salah satu moda transportasi populer di Thailand adalah perahu. Kamu pun bisa memanfaatkannya untuk berlayar dari Ayutthaya ke Bangkok atau pulang pergi melalui sungai Chao Phraya. 

Selama perjalanan, kamu bisa menikmati pemandangan kota dari atas air. Jika ingin lebih estetik, lakukan perjalanan malam.

Selain kelima hal di atas, masih ada banyak kegiatan menarik yang bisa kamu lakukan di Ayutthaya, Thailand. Tempat paling pas bagi penyuka sejarah karena statusnya sebagai kota penuh historis. Untuk pengalaman liburan yang lebih menyenangkan, silakan baca tips liburan terbaru dari RCKTrip.