Harus diapresiasi bahwa sejumlah kuliner nusantara yang digemari sekarang masih eksis dan banyak diburu oleh pecinta kuliner.

Apalagi di era modern sekarang, banyak makanan dari luar negeri yang masuk ke Indonesia. Namun, menu tradisional juga harus tetap dipertahankan.

Alasan dibalik masih cukup banyak digemari oleh baik penduduk lokal maupun turis asing, adalah karena kuliner nusantara terkenal akan rempah-rempahnya.

Hal ini membuat makanan tersebut bisa mendapat kelezatan dan keunikan tersendiri saat memakannya.

Dibalik itu semua, penyedia makanan tradisional ini sebaiknya mengikuti perkembangan jaman untuk mempromosikannya, namun tetap mempertahankan cita rasa dari makanan itu.

Agar, ketika yang pertama kali merasakannya, dapat mendapat kekhasan dari hidangan tersebut.

Apa saja Kuliner Nusantara yang Digemari di Era Sekarang?

Beberapa Kuliner Nusantara Yang Digemari Hingga Sekarang 1

Source : Kompas.com

Setiap daerah memiliki kuliner khasnya masing-masing. Terlepas dari perbedaan yang ada tersebut, makanan Indonesia selalu dipuji akan kelejatannya.

Apalagi , masakan Indonesia tidak pernah lepas dari rempah yang menambah kenikmatannya, apa saja makanan tersebut?

  1. Gudeg

Gudeg merupakan makanan yang terkenal akan rasa manisnya sehingga akan membuat kenyang.

Menggunakan rempah alami sehingga membuat makanan ini dapat dibilang sehat. Bahkan, makanan ini telah ada sejak tahun 1500an dan masih bertahan sekarang.

Alasan kuliner ini masih bertahan adalah karena cita rasa aslinya dapat dipertahankan. Menggunakan nangka muda yang dimasak dengan santan sehingga ada rasa gurihnya.

Kini, gudeg menjadi salah satu makanan yang paling dicari oleh para pengunjung Jogjakarta

  1. Pecel

Siapa yang tidak pernah menikmati pecel? Seharusnya sangat sedikit orang yang tidak pernah mencicipi pecel karena makanan ini merupakan salah satu kuliner yang digemari di era milenial ini.

Pecel bahkan tidak kalah dengan lezatnya masakan modern lain.

Banyak yang menyebutkan bahwa pecel merupakan saladnya Indonesia. Hampir mirip memang, pecel biasanya menggunakan berbagai jenis sayuran yang disiram dengan bumbu kacang yang memiliki rasa yang khas.

Terlebih lagi, bisa ditambah gorengan agar menambah rasa enaknya.

  1. Kerak Telur

Ini merupakan makanan asli betawi. Terbuat dari beras dan telur yang dimasak diatas kuali kecil yang dengan api arang.

Setelah selesai dimasak hingga bertekstur kasar seperti kerak, makanan ini akan diangkat dan ditambah parutan kelapa guna membuat makanan lebih segar.

  1. Otak-otak

Dinamakan dengan otak-otak bukan karena ini merupakan otak ya. Melainkan karena pada awalnya, makanan ini dibuat mirip dengan otak.

Alhasil, hingga sekarang nama ini masih dipertahankan menyusul dengan masih banyak diburu juga makanan ini.

Otak-otak biasanya menggunakan daging ikan yang dicincang dan dibalut bersama tepung sagu atau tapioka.

Selanjutnya, dibungkus dengan daun pisang dan melanjutkan pembakaran. Setelah matang, aroma yang segar dan bikin lapar ini akan membuat kamu ketagihan.

  1. Rendang

Kuliner Nusantara yang digemari ini bahkan telah diakui kelezatannya di dunia sebagai salah satu makanan terbaik. Rendang yang merupakan makanan khas Minangkabau ini menggunakan daging ayam maupun sapi untuk memasaknya.

Dalam proses memasaknya, biasanya akan menggunakan santan, bumbu daun kunyit, daun salam dan masih banyak bumbunya.

Prosesnya pun tidak mudah karena membutuhkan ketelitian yang baik agar daging tidak alot. Setelah selesai, aromanya akan membuat lapar.

Beberapa kuliner di Indonesia telah digantikan dengan makanan luar. Sungguh disayangkan karena Nusantara memiliki banyak makanan lokal yang harus di lestarikan.

Disamping itu, masih ada banyak kuliner nusantara yang digemari hingga saat ini oleh banyak orang.

 

Oh ya, info lain terkait informasi wisata dan kuliner dalam dan luar negeri, jangan lupa untuk mampir atau menghubungi RCKTrip.com, ya!