Benteng Agra yang terletak di Kota Agra India, merupakan salah satu daya tarik kuat ke negeri ini, selain Taj Mahal. Bagi kamu yang memiliki rencana untuk berwisata ke India, khususnya untuk menelusuri jejak Islam di India, maka ini adalah destinasi wisata yang tepat.

Seperti apa benteng ini dan bagaimana caranya ke sana?

Sejarah Benteng Agra

sejarah Benteng Agra

Benteng Agra berlokasi di Agra, negara bagian Uttar Pradesh, sekitar 200 kilometer dari New Delhi, ibu kota India. Bangunan ini dibangun pertama kali di 1573 saat masih dipimpin oleh Kaisar Akbar, salah satu Kaisar paling dikenal dari Dinasti Islam Mughal.

Luas keseluruhan wilayah benteng ini tidak main-main, mencapai 380.000 meter persegi! Terbuat dari batuan pasir merah, fungsi benteng dulunya adalah sebagai tempat tinggal para Kaisar dari Dinasti Mughal. Bangunannya didesain lengkap beserta fasilitas ala kerajaan, seperti aula, ruang wanita, ruang khusus kaisar, masjid, bahkan kolam untuk ikan mas kesayangan Sang Kaisar.

Lokasinya yang terletak di tepi Sungai Yamuna dan berada di kota bersejarah Agra menjadikan benteng ini sebagai salah satu warisan budaya Unesco, bersama dengan ikon India lainnya, Taj Mahal.

Cara Mencapai Benteng Agra

Agra Fort

Bagi wisatawan, akses untuk mengunjungi benteng relatif mudah. Ini informasi mengenai transportasi dan rute yang bisa kamu tempuh.

Transportasi menuju Benteng Agra

Perjalanan menuju lokasi bisa kamu tempuh dengan akses jalan darat dan kereta api dari pusat kota Delhi.

1. Via Kereta Api

Terdapat beberapa pilihan kereta yang bisa kamu pilih untuk perjalanan Delhi-Agra. Kereta tercepatnya dapat menempuh perjalanan sekitar dua jam untuk bisa sampai di kota Agra.

Yamuna Expressway adalah kereta yang bisa kamu pilih untuk bisa cepat sampai ke kota Agra. Kamu perlu membayar transportasi umum tersebut senilai 665 Rupee INR.

2. Jasa Travel

Selain menggunakan kereta, kamu juga bisa menggunakan jasa tour and travel. Jasa tersebut biasanya menawarkan perjalanan Delhi-Agra, termasuk wisata di Taj Mahal.

Akses Masuk Benteng Agra

Pada awalnya memang Agra Fort memiliki empat pintu untuk akses masuknya, tetapi dua di antaranya tertutup oleh tembok.

RCK Lovers bisa memasuki area wisata melalui pintu resminya yang terletak di sisi barat. Pintu tersebut juga merupakan gerbang Delhi yang mewah.

Selain itu, kamu juga bisa memilih pintu yang berada di sisi Selatan. Nama pintu tersebut adalah Amar Singh Gate.

Pada mulanya, Amar Singh Gate hanya diperuntukan bagi Kaisar Akbar beserta rombongannya. Hanya saja saat ini pintu gerbang tersebut sudah terbuka untuk umum.

Harga Tiket Masuk Benteng Agra

Harga Tiket Masuk Benteng Agra

Sebelum masuk, kamu juga perlu membeli tiket terlebih dahulu. Pembelian tiket bisa kamu lakukan secara online, ataupun langsung di loket yang tersedia di area pintu masuk.

Untuk wisatawan asing harus membayar tiket masuk sebesar 650 rupee untuk uang tunai, dan 550 rupee apabila kamu membelinya secara cashless.

Waktu yang Tepat untuk Mengunjungi Agra

benteng Agra

Waktu terbaik untuk mengunjungi Agra adalah pada bulan Maret dan Oktober, yaitu pada saat musim gugur dan musim dingin.

Mengapa demikian?

Pasalnya, pada bulan-bulan tersebut, cuacanya relatif cerah sehingga sangat cocok untuk melakukan kunjungan outdoor. Dengan mengunjungi Benteng Agra ini, kamu dapat melihat megahnya struktur bangunan benteng merah dan masa-masa kejayaan Islam di tanah India.