Wisata kuliner di Makassar menjadi salah satu daya tarik yang diberikan kepada wisatawan. Keunikan rasa dari kuliner Makassar yang didominasi masakan Bugis dan percampuran budaya kuliner lain sekiranya tidak akan didapatkan di tempat lain. Menawarkan cita rasa yang wajib dieksplor saat Rck Lovers main ke kota yang sebelumnya bernama Ujung Pandang ini.

Adapun kali ini disuguhkan 5 tempat wisata kuliner di Makassar yang paling banyak diburu. Kelimanya pun menjadi top five tentu karena memang recommended. Berikut diantaranya:

Pallubasa di Pallubasa Onta

Meski dinamai Pallubasa Onta tetapi menu Makassar ini menggunakan bahan dasar daging sapi khususnya bagian jeroan sapi dan bukan daging onta. Selain sapi, menu ini juga bisa dibuat dari daging kerbau. Untuk nama Pallubasa Onta diambil dari nama warung makan yang beralamat di Jalan Onta Lama nomor 103, Mandala, Mamajang, Makassar.

Pallubasa memiliki cita rasa gurih. Daging sapi diolah bersama aneka ragam rempah-rempah hingga terasa empuk saat digigit. Menu recommended wisata kuliner di Makassar ini disajikan dalam mangkok lalu disiram dengan kuah kental berwarna cokelat lalu diberi ayam kampung mentah sebagai pelengkap.

Nasu Palekko di RM Palekko Racing

Menu berikutnya Nasu Palekko diolah dengan resep khas Bugis. Menggunakan bahan dasar daging bebek cincang yang disajikan dengan bumbu kental yang sangat pedas. Dijamin membuat ketagihan sejak suapan pertama.

Salah satu tempat wisata kuliner di Makassar yang dituju untuk mencicipi menu ini adalah RM Palekko Racing. Tempat makan yang beralamat di Jalan Prof, Abdurrahman Badalaman nomor 19E, Karampuang, Panakkukang, Makassar ini masih mempertahankan resep asli yang membuat Nasu Palekko di sana begitu diburu.

Konro di Warung Konro Karebosi

Konro merupakan olahan iga sapi khas Bugis. Konro diolah menjadi kaldu sup yang disajikan berdampingan dengan tulang iga yang direbus atau dibakar lalu ditaburi biji wijen.

Masyarakat setempat biasanya menyantap menu wisata kuliner di Makassar Konro dengan ketupat atau buras. Satu warung Konro yang ramai dikunjungi yaitu Konro Karebosi. Alamat tempat wisata kuliner di Makassar ini lengkapnya di Jalan Gunung Lompobattang nomor 41-43, Pisang Utara, Makassar.

Sop Saudara di Warung Pangkep

Sop Saudara masih menggunakan daging sapi sebagai bahan dasarnya. Daging sapi dikombinasikan dengan paru, lidah, bikun, dan perkedel, yang semuanya disiram kuah rempah yang bercita rasa khas.

Sop ini sering disajikan dengan ikan bolu bakar atau bisa juga dengan nasi hangat. Salah satu destinasi tempat wisata kuliner di Makassar yang menyajikan menu ini dengan antrian mengular adalah Warung Pangkep. Alamatnya ada di Jalan Dokter Wahidin Sudiro Husodo nomor 40, Pattunuang, Wako, Makassar.

Coto Makassar di Coto Nusantara

The last but not the least dalam daftar wisata kuliner di Makassar kali ini, belum afdol ke Makassar kalo belum nyobain Coto Makassar. Coto ini terdiri dari isi perut sapi yang direbus cukup lama. Dalam penyajiannya rebusan tersebut dicampur irisan daging sapi lalu dibumbui dengan bumbu kacang.

Coto Makassar kerap disajikan bersama ketupat. Coto Makassar mudah ditemui di sepanjang sudut kota. Namun, salah satu tempat wisata kuliner di Makassar yang populer dengan Coto Makassarnya adalah Coto Nusantara yang beralamat di Jalan Merpati nomor 2, Kunjung Mae, Mariso, Makassar, Sulawesi Selatan.

Berencana liburan ke Makassar dalam waktu dekat? Pastikan tidak ketinggalan mencicipi menu khas wisata kuliner di Makassar di atas ya.

Oh ya, info lain terkait informasi wisata dan kuliner dalam dan luar negeri, jangan lupa untuk mampir atau menghubungi RCKTrip.com, ya!