Siapa, sih, yang tidak mengenal candi Borobudur? Pesona tempat wisata budaya ini bahkan sudah terkenal di mancanegara. Terutama sejak UNESCO mengakuinya sebagai salah satu warisan Dunia.

Sempat menjadi buah bibir karena ada rencana kenaikan tarif masuk dalam angka fantastis, yaitu Rp 750 ribu. Namun, akhirnya rencana tersebut mengalami penundaan. Jadi, RCK Lovers yang ingin ke sana tidak perlu khawatir soal biaya tiket masuknya.

Tiga Keunikan Candi Buddha Ini

Borobudur

Alamat candi Borobudur Indonesia adalah di Jalan Badrawati, kawasan Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Keberadaannya memiliki banyak keunikan. Di antaranya yaitu:

  • Memiliki Tiga Tingkatan yang Menggambarkan Kehidupan

Bangunan candi ini ternyata memiliki tiga tingkatan, terkait dengan filosofi kehidupan. Tingkatan tersebut adalah:

  • Kamadhatu: alam dunia manusia
  • Rupadhatu: alam transformasi menuju kehidupan yang lebih tinggi.
  • Arupadhatu: alam tertinggi, yaitu rumah buddha.
  • Sempat Terlupakan Dan Ditemukan Kembali

Borobudur

Terdapat beberapa naskah kuno yang menyebutkan bahwa lokasi candi tersebut membawa kesialan, hingga kematian. Akhirnya situs itu pun menjadi terbengkalai dan terlupakan.

Kemudian, pada tahun 1814, Seorang gubernur Belanda, yaitu Sir Thomas Stamford Raffles, menemukan kembali situs tersebut. Selanjutnya, beliau memerintahkan untuk melakukan pembersihan kawasan yang tertutup pohon dan semak itu.

  • Terbuat Dari Batuan Sungai Sekitar

Candi megah yang cukup besar ini menggunakan bebatuan yang berasal dari sungai di sekitar lokasi. Konon, bebatuan yang menyusun candi ini jumlahnya mencapai dua juta. Jumlah yang cukup banyak, ya, RCK Lovers.

Pemerintah Menerapkan Aturan Baru

Borobudur

Candi Borobudur dibangun oleh penganut Mahayana pada 800an SM. Saat ini, demi melindungi kelestarian candi tersebut, pemerintah menetapkan beberapa aturan baru. Di antaranya adalah:

  • Larangan untuk naik ke candi, sehinga pengunjung hanya boleh sampai ke pelatarannya saja.
  • Petugas akan mengosongkan halaman candi pada pukul 12.00 hingga 13.00.
  • Pada hari Senin, pengunjung hanya boleh sampai di pagar saja.
  • Terdapat larangan masuk untuk anak usia di bawah 12 tahun, serta tidak boleh membawa makanan dan minuman.

Nyatanya, larangan tersebut bertujuan baik, yaitu demi menjaga candi kebanggan Indonesia ini. Jadi, ada baiknya setiap pengunjung menepatinya.

Jika ingin berkunjung ke Candi Borobudur, pastikan untuk datang di hari selain Senin, supaya bisa masuk ke pelatarannya. Jangan lupa, cari juga informasi tempat wisata dan kuliner lainnya di website RCK Trip, ya.