Berbicara tentang Turki, pasti tidak terpisahkan dengan Bosphorus Bridge. Di sini kami akan mengajak RCK Lovers buat mengenal lebih dekat tentang jembatan paling ikonik di Turki ini. Yuk kita mulai. 

Tentang Bosphorus Bridge 

Bosphorus Bridge merupakan salah satu jembatan yang membentang di Selat Bosphorus, yang menghubungkan bagian Asia dan Eropa dari Istanbul. Di bagian Eropa, jembatan membentang dari Ortakoy ke Beylerbeyi di bagian Asia yang seringkali dikenal sebagai Jembatan Bosphorus Pertama.

Pada saat dibuka tahun 1973, panjang Jembatan Bosphorus adalah 1560 meter, yang menjadikannya jembatan gantung terpanjang ke-4 dunia. Jembatan ini juga merupakan jembatan penghubung Asia dan Eropa. Saat ini, Bosphorus memegang ranking ke-21 untuk jembatan gantung terpanjang dunia. 

Sejak tahun 2007, untuk menerangi jembatan pada malam hari, pihak berwenang memasang sistem pencahayaan LED. Sedangkan untuk membuat pertunjukan cahaya warna-warni, saat ini telah dilakukan dengan sistem komputerisasi. 

Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan di jembatan Bosphorus 

Naik Kapal Ferry

Di Bosphorus Bridge, Wisatawan Dapat Naik Kapal Fery

Kamu bisa berlayar di kapal pesiar Bosphorus dan menjelajahi landmark kota yang megah dari air. Banyak paket tur yang berbeda tersedia siang dan malam, termasuk makan di atas kapal dan pertunjukan budaya seperti darwis berputar, pawai Mehter, tarian rakyat, dan pertunjukan tari perut. 

Sebagian besar tur ini mencakup layanan penjemputan dan pengantaran dari hotel/akomodasi. Kamu bisa memilih paket wisata sehari penuh yang terdiri dari Bosphorus Cruise dan Black Sea Tour. Kamu juga dapat memilih tur Golden Horn atau tur kereta gantung di Pierre Loti. 

Kunjungi Pelabuhan Kota Istanbul

Pelabuhan Kota Istanbul di Bosphorus Bridge

Terletak di jantung kota, Pelabuhan Istanbul adalah pusat perbelanjaan, tempat makan, dan hiburan. Tempat ini penuh dengan toko-toko, kafe, dan restoran dan selalu ramai dengan berbagai aktivitas. Kamu dapat bersantai di restoran, mencicipi makanan lezat, dan menyaksikan kapal lewat.

Kunjungi Benteng Rumeli

Melihat Benteng Rumeli yang ada di Bosphorus Bridge

Benteng Rumeli adalah benteng Utsmaniyah tertua kedua, yang terletak di titik tersempit Selat Bosphorus di pantai Eropa. Struktur megah yang berasal dari tahun 1452 ini dibangun dalam beberapa bulan untuk mempersiapkan pengepungan Konstantinopel. 

Di masa lalu, tempat ini adalah tempat yang bagus untuk mengawasi Bosphorus dan berfungsi sebagai titik pertahanan. Terdiri dari tiga menara utama dan 13 menara pengawas yang dikelilingi tembok setebal 23 kaki.

Telusuri Pasar Ortakoy

Ortakoy adalah lingkungan yang ramai dengan kehidupan malam yang menarik. Di sini ada beberapa restoran, kafe, pub, dan klub malam. 

Selain itu, ada Masjid Ortakoy yang menjadi salah satu landmark terkenal di sini. Masjid ini adalah bangunan dengan gaya barok dan neo-klasik yang berpadu dengan arsitektur tradisional Ottoman. 

Ada juga Bazaar yang penuh dengan barang antik buatan sendiri, perhiasan, dan kerajinan tangan untuk oleh-oleh. Jangan lewatkan untuk mencicipi Kumpir; kentang panggang isi yang lezat yang merupakan spesialisasi distrik ini.

Nah, itu tadi sekilas tentang Bosphorus Bridge dan berbagai aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan di sana. Semoga informasi ini bermanfaat buat RCK Lovers. Terus ikuti informasi update wisata dari RCKTrip