Bali merupakan primadona di antara banyaknya destinasi wisata dalam negeri. Namun, sebagian orang beranggapan kalau liburan ke Bali membutuhkan biaya yang banyak. Padahal budget liburan ke Bali tidak selalu mahal, lho.

Kuncinya, Rck Lovers harus mencari tahu terlebih dahulu perkiraan biaya yang harus dikeluarkan. Simak artikel berikut ini untuk merencanakan liburan ke Bali low budget.

1.      Budget Perjalanan Pulang-Pergi

Jika ingin liburan lebih irit, kamu bisa menggunakan jalur darat seperti kereta atau bus. Kemudian melanjutkannya dengan menaiki kapal feri untuk menyeberang ke Pulau Bali.

Kalau kamu naik kereta dari Jawa bagian Barat, maka kamu harus mengeluarkan biaya Rp 250.000. Sedangkan, kalau kamu melakukan perjalanan dari Jawa bagian Tengah atau Timur, cukup mengeluarkan Rp 100.000.

Setelah sampai di Banyuwangi, kamu perlu mengeluarkan uang untuk menyeberang dengan kapal feri. Biaya menyeberang dari Pulau Jawa ke Pulau Bali untuk satu orang berkisar Rp 6.500.

2.      Budget Penginapan

Kalau kamu ingin cari penginapan murah yang tidak menguras isi dompetmu, kamu bisa menginap di guest house atau homestay.

Guest house biasanya menawarkan tarif per malam sekitar Rp 100.000 hingga Rp 200.000. Biaya tersebut sudah termasuk fasilitas kamar yang cukup lengkap seperti TV dan Wi-Fi gratis.

Ingin merasakan fasilitas lebih lengkap tapi tetap irit? Kamu bisa menginap di hotel kelas menengah seperti hotel bintang tiga. Hotel kelas menengah menawarkan tarif terjangkau sekitar Rp 300.000 per malam, sudah termasuk sarapan gratis.

3.      Budget Makan di Bali

Ada banyak makanan khas Bali yang sangat cocok bagi kamu yang ingin liburan irit. Contohnya, Nasi Jinggo khas Bali yang dibanderol dengan harga Rp 5.000 per bungkus. Kalau ingin lebih kenyang, kamu bisa membeli 2 bungkus dengan mengeluarkan uang Rp 10.000.

Selain itu, kamu juga bisa menjajal berbagai kuliner kaki lima atau tempat makan pinggir jalan. Cukup mengeluarkan Rp 10.000 hingga Rp 30.000 untuk sekali makan.

4.      Budget Transportasi

Kekurangan liburan di Bali adalah minimnya pilihan transportasi umum. Alternatifnya, kamu bisa menyewa kendaraan seperti motor atau mobil. Menyewa kendaraan akan jauh lebih irit daripada menggunakan taksi atau ojek online.

Menyewa motor cocok untuk kamu yang bepergian seorang diri. Adapun tarif sewa motor di Bali berkisar Rp 40.000 hingga Rp 100.000 per hari.

Sedangkan kalau bersama rombongan, ada baiknya kamu menyewa mobil secara patungan. Tarif menyewa mobil sekitar Rp 400.000 hingga Rp 500.00.

5.      Budget Objek Wisata di Bali

Kamu perlu mengeluarkan uang mulai dari Rp 10.000 untuk bisa mengunjungi objek wisata seperti pantai. Sementara itu, kalau kamu ingin mengunjungi tempat wisata yang kental akan kebudayaan, tarifnya sekitar Rp 50.000 atau lebih.

Butuh Budget Berapa Liburan ke Bali?

Biaya yang harus kamu keluarkan untuk budget minim liburan ke Bali adalah sekitar Rp 300.000 per hari. Jumlah tersebut belum termasuk dengan biaya perjalanan pulang-pergi dari kota tujuan ke Bali.

Pilihan penginapan, tempat makan, transportasi,  dan objek wisata sangat memengaruhi budget liburan ke Bali. Sesuaikan pilihanmu sesuai dengan budget ya, Rck Lovers!

Oh ya, info lain terkait informasi wisata dan kuliner dalam dan luar negeri, jangan lupa untuk mampir atau menghubungi RCKTrip.com, ya!