Di tengah ramainya kota Seoul ternyata ada hidden gems yang menenangkan. Cheonggyecheon River menjadi andalan warga setempat kalau sedang bosan ataupun ingin nongkrong santai.

Area ini merupakan kanal air jernih beraliran tenang yang melintasi Seoul. Bentangan sungainya sangat panjang dan berakhir di Laut Kuning. Terdapat ratusan jembatan yang melewatinya seperti Narae Bridge dan Gwanggyo Bridge.

Sejarah Cheonggyecheon River, Sudah Ada Ratusan Tahun Sejak Era Joseon

sungai Cheonggyecheon

Sejarah sungai Cheonggyecheon sangat panjang karena pembangunannya sejak ratusan tahun silam. Sebetulnya kanal ini merupakan proyek pembangunan di era Joseon (1392-1910).

Jika RCK Lovers berkunjung kemari, maka bisa menikmati damainya seluruh sisi sungai. Ada tumbuhan dan pepohonan hijau selama musim semi. Aliran air jernih yang tenang membuat suasananya menyenangkan untuk bersantai.

Namun zaman dahulu kondisinya sangat kumuh. Hal ini karena sepanjang masa perang Korea Selatan dan Korea Utara, rakyat berimigrasi ke sana. Mereka menetap lalu membuat permukiman sehingga banyak menimbulkan sampah.

Setelah melalui berbagai era, barulah di tahun 2005 pemerintah kota membangunnya kembali. Kondisi sungai Cheonggyecheon menjadi bersih dan cantik.

Hal-Hal Menarik di Cheonggyecheon Bagi Wisatawan

sejarah sungai Cheonggyecheon

Cheonggyecheon stream menjadi tempat berwisata murah dan terdekat bagi warga setempat. Namun turis mancanegara, seperti RCK Lovers juga mendapatkan pengalaman terbaik saat mengunjunginya.

  1. Kamu bisa duduk bersantai di pinggiran sungai. Terdapat bangku-bangku taman di bawah pohon supaya pengunjung merasa nyaman.
  2. Bermain air di tengah sungai karena alirannya tenang. Merendam kaki sambil menikmati suasana sekitar juga terasa menyenangkan.
  3. Banyak objek wisata di sepanjang sungai karena lokasinya berada di pusat perkotaan Seoul. Kamu dapat mengunjungi Cheonggye Plaza, Palseokdam atau Candle Fountain.
  4. Mengedukasi diri dengan berkunjung ke Cheonggyecheon Museum. Di sini para pengunjung belajar sejarah lengkap sungai tersebut. Banyak ruang pameran dilengkapi miniatur serta informasi lengkap.

Cheonggyecheon River mengalir di sepanjang kota Seoul. Jadi kamu tidak akan kehabisan rekomendasi spot wisata terbaik di sana. Apalagi letaknya benar-benar berada di tengah peradaban modern Korea Selatan.