Halo, RCK Lovers! Pernahkah kamu mendengar tentang benteng bersejarah yang menjulang di tepi pantai Alexandria, Mesir? Ya, itulah Citadel of Qaitbay, karya arsitektur yang mempesona dan penuh dengan cerita-cerita menarik. Yuk, kita jelajahi lebih dalam keindahan dan misteri di balik benteng ini!

Sejarah Citadel of Qaitbay

sejarah citadel of qaitbay

Citadel of Qaitbay, atau sering disebut Fort Qaitbay, dibangun pada tahun 1477 oleh Sultan Al-Ashraf Sayf al-Din Qa’it Bay. Dulu, benteng ini bertujuan untuk melindungi kota Alexandria dari serangan maritim.

Namun, yang membuatnya istimewa adalah lokasi pembangunannya. Benteng ini berdiri di tempat yang sama dengan Mercusuar Alexandria kuno, salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia Kuno.

Apa yang Menarik dari Citadel of Qaitbay?

apa yang menarik dari citadel of qaitbay

Citadel of Qaitbay adalah objek wisata populer yang terletak di Alexandria, Mesir. Berikut beberapa alasan mengapa ini dianggap menarik:

1. Arsitektur Menawan

Ketika kamu memasuki benteng, arsitektur khas Mesir kuno yang megah akan menyambutmu. Setiap sudut benteng ini merefleksikan kecanggihan teknik bangunan zaman dulu.

2. Pemandangan Laut Mediterania

Benteng terletak di bagian timur laut Pulau Pharos. Dari atas benteng, kamu bisa menikmati pemandangan Laut Mediterania yang memukau. Saat matahari terbenam, panorama langit oranye dengan latar belakang laut biru akan menyihir setiap mata yang memandang.

3. Museum Kecil

Di dalam benteng, terdapat sebuah museum kecil yang menampilkan artefak-artefak kuno. Dari sini, kamu bisa mendalami lebih jauh sejarah Mesir dan benteng ini.

Selain itu, pengunjung berkesempatan untuk mengikuti tur yang dipandu di Benteng. Tur ini umumnya mencakup informasi sejarah tentang benteng dan mercusuar dalam foto, kesempatan untuk mengunjungi pilar, serta penjelajahan melalui ruangan-ruangan dalam benteng.

Tips Mengunjungi Citadel of Qaitbay

tips mengunjungi citadel of qaitbay

Berikut tips-tips sederhana saat berkunjung ke Citadel of Qaitbay Alexandria, Mesir:

  • Datang selama puncak musim, antara April dan September, supaya bisa menyaksikan Pertunjukan Suara dan Cahaya serta kegiatan lainnya.
  • Gunakan sepatu yang nyaman dan bawa jaket, karena lokasi benteng di tepi laut bisa membuat cuaca menjadi berangin.
  • Jangan lupa bawa kamera untuk menangkap keindahan Laut Mediterania dari benteng.
  • Sempatkan diri untuk mengunjungi atraksi terdekat seperti Istana Montazah, Kom Al Dikka, Pilar Pompey, dan Perpustakaan Alexandria.
  • Ingat, tidak ada toko cinderamata di dalam Benteng, jadi lebih baik belanja di toko di luar benteng.

Harga Tiket dan Jam Operasional

harga tiket dan jam operasional

Berikut informasi mengenai harga tiket dan waktu kunjungan untuk Benteng Qaitbay di Alexandria, Mesir:

Biaya masuk citadel of qaitbay:

  • Harga tiket untuk dewasa dan anak-anak sebesar 15 EGP (sekitar USD 1.
  • Bagi wisatawan asing yang berusia di atas 65 tahun dan memiliki sertifikat izin tinggal orang asing (ARC), tersedia tiket diskon.

Waktu Kunjungan:

  • Kamu bisa mengunjungi benteng setiap hari dari pukul 09.00 hingga 16.00.
  • Lokasinya ada di ujung utara Pulau Pharos, bagian timur dari mulut Pelabuhan Timur. Sangat mudah dijangkau dengan mobil atau transportasi publik.

Sekian, RCK Lovers! Mudah-mudahan informasi ini membantu kamu dalam merencanakan kunjungan ke Citadel of Qaitbay. Selamat berpetualang dan mengeksplorasi kekayaan sejarah Mesir!