Ada banyak curug terindah di Jawa Barat yang sayang jika harus dilewatkan. Curug sendiri adalah sebutan untuk air terjun.

Ketika berkunjung ke lokasi ini, seseorang akan disuguhkan pemandangan yang memanjakan mata. Sangat wajar jika di Jawa Barat banyak terdapat air terjun.

Itu karena, disana terdapat banyak gunung. Curug sendiri memang salah satu fenomena yang terjadi di daerah pegunungan.

Karena lokasinya berada di dataran tinggi, suhu di tempat tersebut juga pasti dingin. Kamu yang lelah dengan panasnya perkotaan sangat cocok untuk liburan ke air terjun.

Berikut Curug Terindah di Jawa Barat

4. Daftar Curug Terindah di Jawa Barat untuk Memanjakan Mata

Daftar Curug Terindah di Jawa Barat untuk Memanjakan Mata

Jumlah curug di Jawa Barat sangat banyak. Namun untuk sekarang, tidak semua berada pada kondisi terawat.

Banyak juga yang kondisinya memprihatinkan. Agar tidak kecewa ketika datang, berikut beberapa pilihan terbaik dengan kondisi mengagumkan.

  1. Citambur

Pilihan pertama adalah Citambur. Sangat tepat memasukkan ke dalam curug terindah di Jawa Barat.

Lokasinya berada di daerah Cianjur. Tinggi air terjunnya terbilang luar biasa. Jika dihitung dari dasar, tinggi tersebut mencapai 100 meter.

Dengan tinggi tersebut, semburan air akan terasa walaupun jarak ke air terjun cukup jauh. Namun, hal inilah sensasi yang justru menjadi daya tarik utama.

  1. Sanghyang Taraje

Selanjutnya adalah snghyang taraje. Tempat ini berasal dari garut. Lokasinya berada di dataran tinggi.

Sanghyang Taraje berada di ketinggian 660 meter di atas permukaan laut. Hal tersebut semakin terlihat luar biasa karena ketinggian air terjunnya saja lebih dari 80 meter.

Bentuknya sendiri cukup unik. Sanghyang taraje memiliki dua air terjun yang bersebelahan. Ketinggiannya juga sama.

  1. Ngebul

Selanjutnya adalah curug ngebul. Dalam bahasa Indonesia, ngebul berarti berasap. Ini merujuk kepada semburan airnya yang luar biasa besar seperti asap.

Lokasinya berada di cianjur. Apabila ingin datang kesini, diperlukan perjuangan lebih. Itu karena jalan ke sana masih sangat alami sehingga cocok untuk kamu yang menyukai petualangan.

  1. Luhur

Luhur juga bisa dimasukkan ke dalam daftar ini. Lokasinya juga masih sama dari daerah cianjur.

Ketika berada disana, kesan mewah akan langsung terlihat. Itu karena, lokasinya tidak hanya menjadikan satu titik sebagai pusat wisata.

Terdapat beberapa titik yang memang bisa dinikmati. Sungai di sekitarnya juga sangat menarik untuk dilihat.

  1. Cikanteh

Curug terindah di Jawa Barat selanjutnya memiliki nama cikanteh. Lokasinya sendiri adalah di sukabumi.

Sama seperti curug luhur, cikanteh juga memiliki beberapa tempat yang nampak sangat menarik. Keunggulan utama dari cikanteh terletak pada beberapa undakan yang tersebar di sekitarnya.

  1. Orok

Selanjutnya adalah curug orok. Dalam bahasa Indonesia, orok memiliki arti bayi. Hal ini merujuk pada mitos masyarakat sekitar yang membicarakan soal suara bayi.

Lokasinya sendiri berada di garut tepatnya pada kaki gunung Papandayan. Secara tampilan sendiri, orok memiliki view sangat menarik.

Selain memiliki air terjun indah, di sekitarnya adalah lahan berbukit dengan tanaman hijau. Ini jelas membuat suasana asri terlihat kental ketika disana.

  1. Malela

Terakhir adalah curug malela. Nama Malela sendiri sudah sangat terkenal di kalangan pencinta curug di Jawa Barat.

Lokasinya sendiri berada di Bandung. Tinggi air terjun malela memang hanya 60 meter. Namun lebarnya mencapai 70 meter.

Disini, ada 5 jalur air yang bisa diperhatikan. Ini jelas menjadi keunikan tersendiri yang tidak bisa didapat pada tempat lain.

Ketika berkunjung ke curug, selalu pastikan untuk tidak buang sampah sembarangan. Lagi pula, sudah banyak tempat sampah yang disediakan penyedia.

Selalu ingat bahwa kelestarian alam perlu dijaga. Kebiasaan tersebut akan membuat curug terindah di Jawa Barat ini terus terjaga.

 

Oh ya, info lain terkait informasi wisata dan kuliner dalam dan luar negeri, jangan lupa untuk mampir atau menghubungi RCKTrip.com, ya!