Ternyata, Gunung Kelimutu menyimpan keindahan unik. Ini adalah Danau Kelimutu yang memiliki keunikan berupa tiga warna berlainan. Lokasinya berada di Desa Pemo, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur.

Kawasan ini memiliki tiga danau dengan warna berlainan. Hal ini terjadi akibat aktivitas vulkanik. Di samping itu juga karena perubahan suhu, gas, serta adanya mikroba tertentu.

Danau Kelimutu Telaga Tiga Warna

Tepatnya pada tanggal 26 Februari 1992, gunung beserta danaunya, didaulat sebagai  Konservasi Nasional Alam Kelimutu. Hal ini merupakan suatu upaya untuk pelestarian. Agar lebih jelas, mari mengenal kawasan wieata ini.

  • Asal Nama

Danau Kelimutu

Menurut bahasa setempat nama danau tersebut berasal dari dua kata. Pertama adalah keli yang berarti gunung. Selanjutnya kata mutu, berarti mendidih. Bisa jadi merupakan maksud dari danau yang memiliki aktivitas vulkanik, sehingga suhunya tinggi.

  • Terdapat Gerombolan Monyet

Danau Kelimutu

Apabila mendatangi kawasan ini dan mendekat ke tebingnya, bisa jadi RCK Lovers akan menemukan segerombolan monyet berbulu cokelat.

Dulunya, penduduk menganggap danau ini merupakan area yang angker, sehingga tidak banyak yang berani berkunjung ke sana. Bahkan, masyarakat lokal menganggap salah satu dari danau itu merupakan tempat berkumpulnya arwah.

  • Penemunya adalah Warga Belanda

Danau Kelimutu

Selanjutnya, sejarah mencatatkan bahwa seorang warga berkebangsaan Belanda menemukan danau tersebut. Tepatnya ialah pada tahun 1915. Orang tersebut bernama Leo Van Such Telen.

Pada akhirnya berita tentang keindahan danau tiga warna tersebut mengundang minat wisatawan mancanegara. Kini, kawasan tersebut hanya terkenal dengan keindahannya. Sementara, rasa angker dan seram sudah tidak tampak di sana.

  • Sunrise Terbaik Ada di Sini

Danau Kelimutu

Nyatanya Danau Kelimutu adalah salah satu lokasi untuk menikmati sunrise terbaik di dunia. Jadi, jika ingin berkunjung dan menikmati sang surya terbit, sebaiknya memulai perjalanan sebelum fajar.

Meskipun di sekitar danau tidak ada penginapan, kamu masih bisa menginap di desa Moni, yaitu kawasan terdekat dari sana. Adapun untuk tiket masuk ke objek wisata ini, kamu harus membayar tiket seharga Rp20.000.

Bagaimana, RCK Lovers tertarik mengunjungi Danau Kelimutu? Jika iya, segera rencanakan perjalananmu. Atau, jika ingin mengunjungi objek wisata daerah lain, tidak ada salahnya mengunjungi website RCK Trip dan dapatkan informasi lengkapnya.