Selain danau Toba, ada danau cantik lainnya bernama danau Ranau di Sumatera Selatan. Danau ini terletak di perbatasan kabupaten Lampung Barat dan kabupaten OKU selatan.

Kedalamannya rata-rata sekitar 174 meter dan maksimal 229 meter. Wisata danau Ranau terkenal dengan airnya yang jernih dan tenang. Banyak wisatawan datang kesini hanya untuk menyusuri perairannya.

Terbentuk dari Ledakan Vulkanik

Wisata danau Ranau

Danau ini terbentuk dari letusan gunung berapi. Fenomena gunung meletus tersebut membentuk sebuah cekungan besar yang kini menjadi danau. Aliran air utamanya berasal dari sungai Warkuk.

Volume airnya sendiri mencapai 21.95 km dan berada di ketinggian 540 di atas permukaan laut. Sekeliling danau terdapat banyak sekali semak belukar. Lokasinya juga dekat dengan pulau Mariza yang tepat di tengah danau.

Ada pemandian air panas di dekat danau ini yang mengandung belerang. Airnya konon bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

Dikelilingi Gunung Seminung

Danau Ranau terletak di

Uniknya lagi danau ini menghadap langsung ke gunung Seminung. Keberadaan gunung yang menjulang tinggi menjadi pembatas perairan. Pengunjung sering menghabiskan waktunya kesini menjelang matahari terbenam.

Tak jauh dari danau tersebut ada penginapan tipe cottage yang disewakan dengan tarif Rp440.000 per malam. Sementara untuk kamar biasa berkapasitas dua orang hanya Rp250.000.

Wisma ini merupakan milik PT.Pusri yang bangunannya berada tepat di pinggir danau. Dari jendela kamar pengunjung bisa langsung melihat pemandangan danau yang menakjubkan.

Danau Terbesar Kedua di Sumsel

danau terbesar sumatra selatan

Danau ini adalah danau terbesar kedua setelah danau Toba. Luasnya bahkan mencapai 229 meter. Untuk menjelajahi danau tersedia penyewaan perahu dengan harga sewa mulai dari Rp100.000-Rp300.000 tergantung kesepakatan dengan pemiliknya.

Harga tiket bagi pengunjung hanya sekitar Rp10.000 per orangnya. Terdapat spot gardu pandang untuk melihat keseluruhan danau. Fasilitas yang tersedia lainnya adalah jetski, MTV hingga area pemancingan.

Danau Ranau menyajikan pemandangan gunung Semuning yang menjulang tinggi. Danau ini adalah yang terbesar kedua setelah danau Toba. Jika kamu ingin menyimak wisata lainnya di Sumsel cek saja rcktrip.com.