Siapa yang bisa menolak diajak liburan ke Jogja?

Terkenal sebagai pusat kebudayaan Jawa, kota Jogja menyimpan seribu satu pesona destinasi wisata untuk berbagai kalangan. Anak-anak, remaja, dewasa, hingga lanjut usia bisa menikmati serunya liburan di Jogja. Begitu juga untuk Anda yang hobi berpetualang menjelajahi kemolekan alam dengan cara berbeda.

Bagi pecandu adrenalin seperti Anda, melakukan aktivitas outdoor memberi sebuah tantangan tersendiri. Apalagi, kalau aktivitas itu terbilang ekstrem, puas rasanya jika berhasil menaklukkan tantangan tersebut. Jogja punya banyak tempat yang bisa memuaskan rasa penasaran Anda untuk menjelajahi alam secara unik.

Dari menyusuri perut bumi, menaklukkan jeram curam, memanjat tebing tinggi di atas laut lepas, hingga mengarungi jalan berbatu di lereng Gunung Merapi, semua bisa Anda lakukan! Khusus untuk Anda, inilah 4 destinasi wisata ekstrem di Jogja yang layak dicoba.

Caving Ekstrem di Luweng Cokro

Destinasi Wisata

Gua Cokro

Jika menuruni Gua Jomblang sudah biasa, Anda harus coba caving di Luweng Cokro. Mulut gua ini terbilang sempit, lebarnya hanya cukup dilewati satu orang dewasa. Sama seperti di Gua Jomblang, di sini Anda dapat menikmati cahaya indah pada waktu tertentu. Gua ini punya kedalaman sekitar 18 meter dengan dua akses masuk dalam mulut gua.

Untuk menjelajahi isi perut bumi di Luweng Cokro, Anda bisa menghubungi warga lokal yang sudah menyiapkan fasilitas lengkap. Mulai dari peralatan hingga pemandu, Anda tinggal membawa diri untuk belajar menuruni gua dengan memakai teknik tali tunggal atau single rope technique. Menarik dan mendebarkan!

Rafting Seru di Sungai Progo Bawah

Destinasi Wisata

Rafting Seru

Ya, Jogja juga punya aktivitas arung jeram untuk kamu yang ingin basah-basahan di sungai, tepatnya di Sungai Progo Bawah. Sungai ini bersumber dari lereng Gunung Sindoro. Ketika musim hujan, grade jeram Sungai Progo Bawah berkisar antara grade 4 hingga 5+, pasti menantang untuk para adrenaline junkie.

Tidak hanya jeram yang liar dan arus deras, Anda juga bisa menikmati pemandangan indah di sepanjang sungai. Supaya perjalanan mengarungi sungai lebih aman, pilih operator rafting berpengalaman dan profesional. Pastikan juga Anda mendengarkan mengikuti semua instruksi yang disampaikan riverguard demi keselamatan.

Rock Climbing dengan Pemandangan Pantai Siung

Destinasi Wisata

Rock Climbing

Anda suka panjat tebing? Datang saja ke Pantai Siung yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Di tepi pantai ini berdiri kokoh gugusan tebing karst yang menjulang tinggi. Para penggiat panjat tebing menciptakan ratusan jalur pemanjatan dengan berbagai tingkatan, mulai dari pemula hingga tingkat lanjut.

Salah satu jalur favorit adalah jalur Kuda Laut. Berhadapan tepat dengan laut lepas, Anda bisa mendengar deburan ombak bersahut-sahutan saat berupaya melewati tebing hingga ke puncak. Setibanya di puncak tebing, Anda akan menjumpai batu karang menyerupai kuda laut yang menjadi alasan penamaan jalur ini.

Lava Tour Merapi

Destinasi Wisata

Lava Tour Merapi

Letusan dahsyat Gunung Merapi tahun 2010 membuat kawasan Kaliadem berubah total. Berlokasi di lereng selatan Merapi, kamu bisa mengikuti Lava Tour Merapi dengan napak tilas ke kawasan yang berselimutkan material vulkanik. Titik keberangkatannya dimulai dari Telaga Putri, melewati bekas rumah sang juru kunci Mbah Maridjan, sampai Bunker Kaliadem.

Terlihat mudah, sampai kamu dibawa mengarungi jalanan terjal penuh bebatuan dengan Jeep Willys buatan Amerika. Ya, petualangan ini mirip aktivitas off road. Lebih seru lagi ketika hujan turun, membuat jalanan berlumpur dan semakin menantang untuk dilalui. Sampai di tujuan, kamu bisa melihat sisa-sisa letusan Merapi yang bakal membuat bulu kudukmu berdiri karena penuh misteri sekaligus menyayat hati.

 

Itulah 4 destinasi wisata ekstrem di Jogja yang patut masuk dalam bucket list liburan Anda. Temukan beragam berita dan informasi menarik lain seputar wisata di Indonesia dan Asia hanya di rcktrip.com. Ayo, jelajahi Indonesia sekarang juga!