Festung Hohensalzburg merupakan sebuah benteng atau kastil yang berada di puncak bukti Festungsberg, Salzburg, Austria. Tepatnya, berada pada ketinggian kurang lebih 506 meter. Kastil ini berdiri atas perintah dari Pangeran-Uskup Agung Salzburg. 

Panjang kastil ini yakni 250 meter. Kemudian, lebarnya adalah 150 meter. Bangunan ini menjadi salah satu kastil peninggalan abad pertengahan paling besar di Eropa. 

Arsitektur Bangunan Festung Hohensalzburg

RCK Lovers, proyek pembangunan bangunan di Salzburg ini dimulai pada 1077, berdasarkan perintah uskup agung Gebhard von Helfenstein. 

Desain aslinya merupakan bailey dasar dengan dinding dari kayu. Pada kekaisaran Romawi, sosok uskup tersebut adalah tokoh politik penting. Kemudian, berusaha memperluas benteng demi melindungi kepentingan politik.

Kemudian, mendapatkan perluasan hingga beberapa kali. Bangunan ini sempat dikepung satu kali, pada masa Perang Petani Jerman tahun 1525.

Saat itu, beberapa penambang, petani, hingga warga kota berusaha untuk menjatuhkan Pangeran Uskup Agung bernama Matthäus Lang. Hanya saja, upaya mereka untuk merebut benteng ini gagal. 

Sejarah Festung Hohensalzburg

 

Sejarah kastil Festung Hohensalzburg

Pada 1617, Uskup Agung Wolf Dietrich von Raitenau yang dipaksa mundur akhirnya meninggal dunia di penjara bangunan tersebut. Selama perang yang berlangsung 30 tahun, Uskup Agung Count Paris berupaya untuk memperkuat pertahanan kota, termasuk Hohensalzburg. 

Dirinya kemudian menambahkan beberapa bagian untuk benteng tersebut. Antara lain gerbang hingga toko mesiu. Benteng tersebut akhirnya diserahkan tanpa perlawanan terhadap pasukan Prancis di bawah pimpinan Jenderal Jean Victor Marie Moreau selama Perang Napoleon pada 1800.

Selanjutnya, Pangeran-Uskup Agung terakhir Count Hieronymus von Colloredo melarikan diri ibukota Austria di Wina. Pada abad ke-19, bangunan ini berfungsi sebagai barak, gudang penyimpanan termasuk penjara bawah tanah hingga ditinggalkan sebagai pos militer tahun 1861.

Benteng ini kemudian diperbaharui pada akhir abad ke-19 dan beralih fungsi sebagai tujuan wisata kota Salzburg. 

Tepatnya setelah pengoperasian kereta funikular Festungsbahn pada 1892 yang menjadi penghubung antara benteng ini dengan kota tersebut di kaki bukit. Akhirnya, mulai berdiri hingga hari ini, dijadikan sebagai kastil yang paling terpelihara di Eropa.

Harga Tiket Masuk Festung Hohensalzburg

Tiket masuk ke kastil Festung Hohensalzburg untuk kategori standar, mulai dari 10,30 euro untuk satu orang, 5,90 euro untuk anak-anak dan 26,00 euro untuk keluarga. Untuk paket eksklusif, yakni 16,60 euro untuk satu orang, 9,50 euro untuk anak-anak dan 42,00 euro untuk keluarga.