RCK Lovers, ada lagi satu jembatan yang tidak kalah terkenal dan ikonik dari jembatan Bosphorus, yaitu Jembatan Galata atau Galata Bridge. Seperti apakah jembatan ini. Yuk, kita cari tahu informasinya berikut ini. 

Sekilas Tentang Jembatan Galata 

Mengenal Obyek Wisata Galata Bridge

Galata Köprüsü (nama Turkinya) adalah jembatan yang melintasi Golden Horn Bay di Istanbul, terletak di pusat kota dan menghubungkan bagian lama dan baru sisi Eropa Istanbul. Jembatan Galata ini menjadi salah satu simbol Istanbul. 

Jembatan Galata modern pertama dibangun pada tahun 1845, pada masa pemerintahan Sultan Abdul-Majid I. Kemudian jembatan tersebut dipugar dan dibangun kembali. Jembatan yang ada pada hari ini selesai pada Desember 1994. 

Panjang Jembatan Galata menyisakan 484 meter, dan lebarnya 42 meter. Jembatan angkat pusat memiliki panjang 80 meter. Jembatan yang memiliki struktur dua tingkat ini terlihat sangat mengesankan.  

Di tingkat pertama terdapat area pejalan kaki dengan restoran dan dek observasi, dan di tingkat kedua terdapat area untuk pergerakan transportasi.

Di tengah jembatan terdapat lorong untuk perahu, speedboat, dan kapal kecil. Jembatan ini adalah jembatan angkat – bagian tengahnya sedang dalam pengembangan.

Apa Saja yang Ada di Galata Bridge?

Keindahan yang Ditawarkan Galata Bridge

Tingkat pertama (bawah) jembatan adalah zona pejalan kaki, di mana restoran dan kafe, termasuk bar ikan dan hookah, terbentang dalam barisan yang tidak terputus. 

Kamu dapat mencapai tingkat bawah Jembatan Galata dari kedua ujungnya, sedangkan untuk melewati jembatan angkat tengah, kamu harus menaiki tangga dari tingkat pertama ke tingkat kedua. 

Di tingkat bawah, dekat jembatan angkat, terdapat tepian kecil yang digunakan oleh para tamu kota sebagai anjungan pengamatan. Bagian atas jembatan dirancang untuk lalu lintas. Mobil, bus, dan trem beroperasi di sini. Ada trotoar pejalan kaki di kedua sisi jembatan, di mana juga terdapat banyak nelayan lokal. 

Dari Jembatan Galata terdapat pemandangan indah di kedua sisi Tanduk Emas, termasuk Jembatan Tanduk Emas tetangga atau Jembatan Halic (Haliç Metro Köprüsü), Menara Galata (sekarang menjadi museum dengan platform tampilan 360 derajat), Masjid Baru, Masjid Suleymaniye dan Selat Bosphorus.

Tempat berlabuh feri terletak di kedua ujung Jembatan Galata, tempat feri beroperasi, yang merupakan angkutan umum (berlaku kartu transportasi Istanbul). Dengan menumpang feri, kamu dapat menikmati pemandangan Tanduk Emas dan Jembatan Galata dari air.

Demikianlah informasi tentang Galata Bridge. Jika butuh informasi tambahan tentang berbagai lokasi wisata di sekitar Jembatan Galata, dan lokasi lainnya di Turki, RCK Lovers bisa terus mengikuti postingan dari kami di RCKTrip