Giant panda, si lucu panda bear berwarna hitam putih itu meski besar tetapi selalu mengundang gemas. RCK Lovers, apakah kamu juga merasakan hal yang sama ketika melihat si imut itu?

Fakta Menarik Tentang Giant Panda

Fakta Menarik Mengenai Giant panda

Fakta giant panda banyak yang menarik dan mungkin akan membuat kamu tercengang nih. Rasanya, apakah benar makhluk lucu dan menggemaskan itu demikian?

  • 99% makanan panda memang bambu, tetapi ia juga bisa memakan hewan yang lebih kecil seperti ikan
  • Panda menghabiskan 12 jam hidupnya untuk makan dan mampu menghabiskan 12 Kg bambu
  • Umur panda di penangkaran cukup pendek, hanya 30 tahun saja
  • Panda termasuk solitary animal, jadi lebih sering bersama saat masa kawin saja
  • Bayi panda akan bersama induknya selama 18 bulan sebelum hidup mandiri

Fakta-fakta yang menarik, ya? Ternyata meski hampir 100% makan bambu, panda masih bisa memakan binatang kecil. 

Habitat dan Kebiasaan Panda

Ketahui Kebiasaan Giant panda

Habitat panda memang berasal dari gunung di Cina antara Sichuan, Gangsu, dan Shaanxi. Rata-rata daerah habitat panda memiliki ketinggian 5.000-10.000 kaki. Karakteristik hutannya lembap, sering hujan dan juga berkabut.

Kebiasaan panda saat makan adalah sambil tidur siang, mereka bisa tidur sampai 2 jam di sela-sela makan. Kebiasaan lainnya adalah scent marking, ini adalah cara panda untuk berkomunikasi satu sama lain.

Di Mana Bisa Melihat Panda?

Cara Melihat Giant panda

Di mana bisa melihat giant panda size besar? Pada berbagai negara kamu bisa melihat panda dan bukan hanya di negara Cina saja. Hal ini karena Cina mempunyai program breeding loan.

Program ini bertujuan untuk meminjamkan panda selama 10 tahun ke negara lain. Alhasil, kamu bisa melihat panda di berbagai belahan dunia yang bukan habitat aslina. Misalnya saja di beberapa kebun binatang Amerika, Indonesia, Korea Selatan, sampai India. 

Jadi, jika ingin melihat si lucu dan menggemaskan itu tidak perlu jauh-jauh ke Cina. Meskipun, jika ingin kesana memang bisa melihat panda secara eksklusif dengan jumlah banyak bermain bersama. 

Giant panda, mamalia besar yang lucu dan menggemaskan ternyata  punya banyak sisi menarik. Melihat panda juga tidak harus ke Cina karena Negara Tirai Bambu tersebut lumayan banyak meminjamkannya ke negara lain. Sebelum berkunjung ke sana, jangan lupa untuk meng-update tips travelling terbaru dari RCKTrip agar pengalaman liburanmu semakin menyenangkan.