Beberapa kali menjadi latar belakang film-film kelas dunia, seperti Rise of the Planet of the Apes, X-men, hingga Monster vs Alien, ini fakta menarik seputar Golden Gate. Yuk, simak ulasan lengkapnya!

Fakta-Fakta Menarik dari Ikon San Francisco, The Golden Gate Bridge

Fakta Menarik Mengenai Golden Gate

Apa saja fakta menarik dari Golden Gate Bridge? Berikut beberapa fakta menarik dari ikon kota San Francisco ini: 

1. Seharusnya Berwarna Biru Bukan Merah Terang

Tahukah kamu bahwa menurut sejarah jembatan Golden Gate warna pada jembatan ini seharusnya bukan merah terang seperti yang saat ini terlihat? Faktanya, dahulu jembatan ini seharusnya diberi warna biru, lho!

Ya, Angkatan Laut A.S saat itu menginginkan jabatan ini diberi warna biru dengan aksen garis berwarna kuning agar bisa terlihat jelas oleh mata. Namun waktu baja rangka jembatan datang dalam warna cat primer berwarna merah, para arsitek memutuskan untuk menggunakan warna merah terang seperti itu saja.  

2. Panjang Jembatan Sepanjang 27 Lapangan Sepak Bola

Golden Gate Bridge menghubungkan wilayah kota San Francisco dengan kota Marin County, California. Jika menghitung panjangnya secara keseluruhan, jembatan ini punya panjang sekitar 2,7 kilometer. Seandainya dibandingkan dengan lapangan sepak bola maka jembatan ini setara dengan 27 lapangan sepak bola.

3. Jembatan Ini Sempat Merosot di Tahun 1987

Pada tahun 1987, masyarakat Amerika datang berbondong ke jembatan ini untuk merayakan hari jadi ke 50 Golden Gate Bridge. Pada saat itu tercatat sekitar 300.000 massa datang dan juga berkumpul di tempat ini. Hal ini ternyata sempat membuat jembatan ini merosot hingga dua meter. 

4. Menghabiskan Ribuan Galon Cat untuk Touch Up 

Jembatan ini ternyata harus sering dicat ulang karena sering terpapar dengan unsur-unsur yang menyebabkan bagian-bagiannya berkarat. Nah, dengan panjang yang sangat panjang, setiap tahun jembatan ini ternyata menghabiskan sekitar 5.000 hingga 10.000 galon cat hanya untuk pengecatan ulang. 

Nah, itulah beberapa fakta menarik tentang pintu masuk kota San Francisco, yakni Golden Gate. Cukup menarik, bukan? Sebelum berangkat ke sana, jangan lupa untuk menyimak tips wisata yang tersedia di RCKTrip agar liburanmu semakin menyenangkan.