Berbicara tentang wisata religi, Turki hampir selalu masuk ke dalam list. Bagaimana tidak, ketika negara yang berada di kawasan Eurasia ini memiliki sejarah yang panjang dalam hal keagamaan, khususnya Islam. Salah satu tempat yang bisa kamu kunjungi adalah Grand Mosque of Bursa

Dalam bahasa Indonesia, kamu akan mengenal tempat yang satu ini sebagai Masjid Raya Bursa. Lalu, dalam bahasa Turki, kamu akan mengenalnya dengan nama Bursa Ulu Camii. Pastinya, masjid ini memiliki hubungan erat dengan sejarah Bursa, Turki. Itu kenapa tempat ini wajib kamu kunjungi. 

Sejarah Singkat Pembangunan Grand Mosque of Bursa

Belajar Sejarah Grand Mosque of Bursa

RCK Lovers, perlu kamu ketahui jika Masjid Ulu Camii Bursa merupakan salah satu bangunan yang sangat bersejarah bagi orang Turki. Hal ini karena, rumah ibadah ini dibangun sebagai hadiah atas kemenangan Kesultanan Utsmaniyah atas Perang Nikopolis.

Orang yang memerintahkan untuk membangun masjid ini adalah Sultan Ottoman Bayezid I. Masjid mulai dibangun pada tahun 1396 dan selesai tiga tahun kemudian, yaitu pada tahun 1399. Letak rumah ibadah ini ada di pusat Kota Bursa. Itu kenapa kehadiran masjid ini sangat penting bagi masyarakat. 

Keunikan Arsitektur Grand Mosque of Bursa

Arsitektur Grand Mosque of Bursa Sangat Memukau

Pastinya, salah satu daya tarik utama dari masjid yang satu ini adalah arsitekturnya yang megah dan juga mewah. Arsitek yang merancang rumah ibadah ini adalah Ali Neccar. Hanya saja, pada tahun 1402 dan 1412, terjadi pembakaran masjid akibat Perang Ankara. Lalu, ada rekonstruksi pada 1493. 

Sayangnya, pada tahun 1855 terjadi gempa bumi yang membuat bangunan masjid kembali rusak. Itu kenapa sempat terjadi penutupan masjid sampai proses rekonstruksi selesai pada tahun 1889. Setelah proses rekonstruksi, masjid tersebut kini bisa kembali kamu kunjungi sebagai wisatawan. 

Ukuran masjid tersebut adalah 55 kali 69 meter, yang membuatnya bisa menampung jemaat hingga 5.000 orang. Arsitekturnya bergaya Turki Seljuk. Di dalamnya terdapat 20 kubah, yang merupakan wujud janji Sultan Bayezid I yang tadinya ingin membangun 20 masjid. 

Di dalam Grand Mosque of Bursa, terdapat banyak kaligrafi yang pastinya menjadi daya tarik utama tempat ini. Isi kaligrafinya berupa ayat Al-Quran, Hadist, dan lain sebagainya dengan gaya dekorasi Ottoman Baroque. Sebelum berkunjung, update informasimu di RCKTrip supaya liburan lebih menyenangkan.