RCK Lovers yang menggemari sejarah dunia, tentunya mengenal sosok Timur Lenk atau Amir Timur. Sosoknya termasyhur sebagai penakluk Turki dan Tiongkok. Akhir hidupnya lantaran terserang penyakit saat hendak menginvasi China pada 1405. Ia kemudian dimakamkan di tempat bernama Gur-e Amir.

Apa saja keunikan Gur-E Amir Mausoleum yang membuatnya populer di mata wisatawan Uzbekistan?

Arsitektur Gur-e Amir

Gur-E Amir Mausoleum

Setelah pembangunan tuntas pada tahun 1404, bangunan ini berfungsi sebagai tempat peristirahatan terakhir Timur dan dua putra serta cucunya. Ia memerintahkan pembangunan ini untuk cucu kesayangannya, Muhammad Sultan. Hanya saja, ketika meninggal dunia, ia juga dikebumikan di sana.

Batu-batu di bangunan hanyalah penanda dan ruang bawah tanah sebenarnya terkubur di ruang di bawahnya. Bangunan ini memiliki marmer polos dan dinding yang dibuat dengan indah. Banyak arsitektur berikutnya yang terinspirasi dari salah satu tempat wisata terbaik di Uzbekistan ini.

Daya Tarik Gur-e Amir Samarkand 

Gur-E Amir Mausoleum

Destinasi ini terletak di Universitetsky Boulevard Bustonsaroy St, Samarkand, Uzbekistan. Meskipun telah rusak akibat waktu dan gempa bumi, Gur-e Amir Samarkand masih tetap mewah.

Halaman geometris mengelilingi makam, yang mudah kamu kenali dari kopula biru dengan rusuk dan menara menara ubin. Setiap tempat pemakaman ditandai dengan nisan berukir hiasan, sedangkan jenazah sebenarnya terkubur di ruang bawah tanah.

Struktur yang masih ada di kompleks ini terdiri dari sebuah kapel yang dengan mahkota kubah ubin biru bergaris, dengan dinding di sekelilingnya dan sebuah lengkungan di depannya.

Dinding bagian dalamnya berlapiskan arabesque pirus yang elegan dan tulisan emas. Bangunan ini menjadi salah satu properti yang termasuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2001.

Mitos Kutukan Gur-e Amir 

Gur-e Amir

Menurut legenda setempat, terdapat sebuah prasasti yang ditemukan di dalam sarkofagus Timur ilmuwan Soviet membukanya pada tahun 1941. Prasasti tersebut berbunyi, “Siapa pun yang membuka makam saya akan melepaskan penjajah yang lebih mengerikan dari saya.”

Beberapa jam kemudian, Adolf Hitler melakukan invasi terhadap Uni Soviet.

Jam Operasional, Biaya Masuk & Cara Menuju Gur-e Amir

Gur-e Amir 

Untuk berkunjung ke sini, pastikan kamu tidak melewati jam kunjung ya.

Waktu operasional : 09.00-19.00

Biaya masuk : 381.60 Som Uzbekistan

Untuk mencapai Gur-e Amir Uzbekistan, kamu bisa memilih opsi transportasi berikut:

  1. Naik dari stasiun kereta api yang berjarak 10 menit berkendara dari pusat kota kuno Samarkand (Registan). Kamu bisa sampai ke sana dengan taksi seharga 20.000 Som, atau dengan naik bus #3 dan #75.
  2. Ada juga trem yang berangkat dari stasiun kereta ke stasiun akhir dekat Siyob Bazaar.

Sebaiknya kamu memasang aplikasi Taksi Yandex di ponsel. Aplikasi ini memungkinkan kamu memesan taksi untuk berkeliling dengan mudah dan menunjukkan tarifnya terlebih dahulu. Sehingga, kamu tidak akan terkena harga yang tidak wajar selama melakukan perjalanan.

Itulah beberapa informasi tentang Gur-e Amir . Kamu wajib mengunjunginya bila berkesempatan datang ke Uzbekistan.