Korea Selatan adalah salah satu negara maju di dunia dengan kecanggihan teknologinya. Pemerintah setempat sangat mendukung perkembangan sains sampai membangun Gwacheon National Science Museum.

Fasilitas di Gwacheon National Science Museum

Museum ini berbeda karena tidak menampilkan koleksi seni seperti lukisan, patung atau benda bersejarah. RCK Lovers akan fokus belajar tentang sains melalui sarana dan prasarana modern.

1. Fasilitas Belajar Sains

Fasilitas Belajar Sains

Science museum Seoul ini sudah ada sejak 14 November 2008 tepat di pusat kota Seoul. Bangunannya sangat luas sekitar 244.000 meter persegi sehingga memiliki ruang-ruang pembelajaran khusus.

Nama lainnya Scientorium, mempunyai konsep desain utama tentang alam semesta. Terdapat sekitar 4200 barang pameran yang dapat kamu pelajari.

Karena bertema sains maka terdapat beberapa bagian museum. Adapun diantaranya seperti Children’s Exploration, mengajak anak-anak mengeksplorasi aneka praktek sains.

Basic Science memperkenalkan ilmu-ilmu dasar kepada pengunjung. Di sini kamu akan mengetahui tentang sains dalam kehidupan sehari-hari. Ada juga ruangan Traditional Science yaitu praktek sains tradisional di zaman dahulu.

National science museum juga mempunyai kawasan outdoor. Spot menariknya yaitu Insectarium, Eco Park, Radio Telescope, Science Hall, dan Astronomical Observatory.

2. Fasilitas Area Bermain

Fasilitas Area Bermain

Sumber : mir-s3-cdn-cf.behance.net

Sambil belajar di museum nasional Korea Gwacheon, para pengunjung dapat bersenang-senang. Ternyata terdapat permainan unik dan menarik berbasis ilmu pengetahuan.

Kamu mempraktekkan berbagai macam benda-benda sains berbasis hukum Fisika maupun Kimia. Simulasi bencana alam, seperti badai typhoon dan tsunami tidak kalah menarik untuk disaksikan.

Ada penemuan para ilmuwan dunia termasuk Albert Einstein dan Isaac Newton. Misalnya mempelajari gravitasi bumi dapat kamu praktikkan sendiri melalui peralatan yang tersedia di museum.

Hal paling menarik ketika pengunjung memasuki ruangan laboratorium observasi. Kamu dapat melakukan banyak praktek-praktek Biologi sederhana. Semua bahan serta alat sudah tersedia secara lengkap namun pengunjung harus membayar tiket terlebih dahulu.

Kesimpulan

Bersenang-senang selama liburan di Korea Selatan tidak melulu soal kuliner dan foya-foya. RCK Lovers dapat menambah pengetahuan bahkan menjadi lebih pandai ketika berkunjung ke Gwacheon National Science Museum.