Berdiri sejak tahun 1905, artinya Gwangjang Market ini sudah berhasil bertahan lebih dari seratus tahun. Padahal, awalnya hanya berupa pasar dadakan (pasar tumpah) saja, yang sudah ada sejak 1800an.

Beberapa jenis produk yang tersedia di pasar ini adalah kain sutra, peralatan dapur, aneka sayur dan ikan, hingga hanbok yang merupakan pakaian tradisional Korea. Namun, wisatawan justru mengenal pasar ini sebagai tempat wisata kuliner.

Gwangjang Market Famous Food

Pasar tradisional ini tentu saja juga menyediakan berbagai sayuran, ikan, ayam, dan daging. Namun, Ada lorong tertentu yang menjual aneka kuliner khas. Makanan yang terkenal dan menjadi favorit di sana adalah:

  • Yukhoe

Gwangjang Market

Bisa jadi kuliner ini tergolong ekstrem bagi lidah Indonesia. Pasalnya, berupa sajian daging dan telur mentah. Daging cincang tanpa lemak tersebut berbumbu bawang putih, kecap asin, gula, pir korea, serta daun bawang dan taburan wijen.

Jika tertarik mencoba kuliner yang satu ini, datang saja ke gerai yang terkenal di pasar Gwangjang, yaitu Buchon Yukhoe. Restoran ini bahkan mendapat bintang Michelin, loh.

  • Jeon Si Martabak ala Korea

Gwangjang Market

Kuliner ikonik selanjutnya mirip dengan martabak. Terbuat dari adonan tepung dengan berbagai isian, yaitu daging ayam, sapi, seafood, serta sayuran. Kemudian penjual akan menggorengnya dan menghasilkan tekstur renyah di luar, tetapi dalamnya lembut.

  • Mandu

Gwangjang Market

Jajanan yang satu ini serupa dengan dumpling. Isiannya juga beragam. Ada daging sapi, pork, atau udang. Jadi, jika ke sini, RCK Lovers bisa juga pilih yang non babi, ya.

Turis Tidak Akan Merasa Bingung

Lokasi pasar tua ini adalah di 88 Chagyeonggung-ro, Jongno 4-ga, Jongno-gu, Seoul Korea Selatan. Jam operasionalnya di kisaran pukul 08.00 hingga 18.00. Pada dasarnya, pasar ini tutup hari Minggu, meskipun ada beberapa gerai yang masih buka.

Bagi masyarakat setempat, memasuki lorong-lorong pasar terbesar ini mungkin tidak terlalu membingungkan. Lantas bagaimana dengan pengunjung dari luar negeri?

Berdasarkan banyak Gwangjang Market review, wisatawan asing tidak perlu merasa bingung. Pasalnya, ada petugas tourist Information berjalan mengelilingi pasar untuk membantu pelancong yang kebingungan. Perhatian sekali, ya.

Jadi, jangan ragu lagi datang ke Gwangjang Market di Korea ini. Atau jika ingin berkunjung ke lokasi lainnya, kamu bisa mengunjungi website RCK Trip yang memiliki berbagai lokasi wisata di daerah lain.